laptop_murah

3 Tugas dan Tanggung Jawab Pendidik Dalam Pembelajaran

Berbicara mengenai tugas dan tanggung jawab pendidik, merupakan hal yang dinilai relatif. Itu dikatakan karena ia berkenaan langsung dengan kelembagaannya. Meski demikian, untuk membangun sebuah konsep pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab guru ini, dibutuhkan pemahaman mendasar tentangnya.

Disini, akan dijelaskan lebih detail tentang apa saja yang menjadi tugas dan tangung jawab pendidik atau guru dalam lingkungan pekerjaannya sebagai pendidik. Mari kita mulai.

Memahami Tugas dan Tanggung Jawab Pendidik

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa bagian ini merupakan bahasan yang kompleks. Disatu sisi, bisa saja memiliki kesamaan dengan pendidik ditempat yang lain. Sementara disisi lain, tidak menutup kemungkinan untuk berbeda, bahkan pada perbedaan yang mencolok pula.

Tugas dan tanggung jawab seorang guru bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalankan, meski bukan sesuatu yang sulit untuk diungkapkan. Oleh karenanya, pemahaman akan hal mendasar dari ini dinilai penting sebagai modal awal dalam menggapai keikhlasan menjalani profesi sebagai seorang guru.

Gambar Tugas dan Tanggung Jawab Pendidik

Tugas dan tanggung jawab itu dibuat dalam rangka menciptakan guru yang berkompeten dalam bidangnya. Sehingga dengan ini, akan membuka peluang untuk terciptanya pendidikan yang berkualitas dalam skala nasional.

Tugas dan Tanggung Jawab Pendidik

Bercerita persoalan tugas dan tanggun jawab pendidik merupakan komponen yang secara umum digolongkan dalam satu bagian. Dimana tugas, merupakan tanggung jawab bagi seorang pendidik.

Sebagai contoh, seorang guru tentunya bertugas memberikan pelajaran terhadap peserta didiknya, maka ia bertanggung jawab terhadap perencanaan, pelaksanaan, hingga pada evaluasi dari pembelajaran tersebut. Terlihat berbeda, namun ini saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Salah satu hal yang umum adalah apa yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 11, Pasal 39, mengatakan bahwa:

Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

UU No. 20 Tahun 2003

Adapun yang menjadi tugas dan tanggung jawab pendidik antara lain sebagai berikut:

1. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Istilah RPP bagi kalangan guru bukan lagi istilah yang baru. Tentunya tenaga pendidik ini sudah cukup sering mendengar istilah ini, termasuk pada pemahaman dasar tentangnya. Terlebih lagi bagi seorang guru PAUD, yang disana dinamakan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian), tentu saja cukup sering bersentuhan dengan ini.

Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan syarat mutlak bagi seorang guru yang hendak mengajar di kelasnya. Oleh karena itu, ini menjadi tugas seorang pendidik, yang dalam hal serupa juga bertanggung jawab terhadapnya.

2. Melakukan Evaluasi Pembelajaran

Tentunya setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru ditugaskan untuk melakukan evaluasi terhadap proses belajar mengajar yang dilaksanakannya. Hal ini tentunya untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan kegiatan belajar yang dilaksanakan guru.

3. Menjalankan Remedial Bagi Peserta Didik

Tidak jarang, tatkala hasil belajar dinilai kurang memuaskan, guru ditugaskan dan berkewajiban untuk melaksanakan Remedial bagi para peserta didik mereka yang belum mencapai ambang batas nilai ketuntasan dalam bidang studi tertentu.

Sebagai seorang guru, tentunya harus mempersiapkan terlebih dahulu tentang bentuk remedial yang akan dilaksanakannya pasca penilaian.

Kesimpulan

Guru dalam menjalankan aktivitasnya tentunya memiliki tugas dan tanggun jawab tertentu. Hal ini dimaksudkan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara khusus, dan tujuan pendidikan nasional secara umum.

Beberapa tugas dan tanggung jawab pendidik adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran.

Tinggalkan komentar