syarif-ar-rasyid

Syarif Ar Rasyid: Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Medan

Sudah kenal dengan Syarif Ar-Rasyid? Sebuah lembaga pendidikan Islam di sekitaran Kota Medan di bawah naungan yayasan pendidikan islam syarif arrasyid. Disini, Saya ingin memberitahukan beberapa hal yang penting tentang itu. Beberapa hal yang akan Anda ketahui disini seperti:

  • Tentang Sekolah Syarif Ar Rasyid
  • Beragam program Syarif Ar Rasyid
  • Fasilitas sekolah Syarif Ar Rasyid
  • Lokasi Sekolah Syarif Ar-Rasyid
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Tentang Sekolah Syarif Ar Rasyid

Sekolah Syarif Ar Rasyid merupakan lembaga yang mengedepankan program-program ke Islaman. Sekolah ini, mengembangkan program dengan melibatkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang relefan di bidangnya.

Lembaga yang satu ini, berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Syarif Ar-Rasyid, yang sudah sejak 1992 menjalankan program pendidikan, salah satunya yakni program pendidikan Akademi Kebidanan dan Keperawatan. Jadi, mereka bukan lagi pemain baru dalam lingkup akademis.

Sejak 2015 silam, muncullah inisiatif untuk mendirikan pendidikan Islam dengan program belajar Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (sd it syarif arrasyid islamic).

Dalam program tersebut, Syarif Ar Rasyid mengedepankan program ke Islaman, yang terlihat pada Islam Terpadu dengan maksud dan tujuan memadukan segala aktivitas belajar dengan nilai-nilai ke Islaman yang ada.

Sejak 2016 silam, lembaga ini mulai beroperasi, dan 2017 adalah tahun dimana lembaga ini mendapatkan izin operasional secara resmi dari Dinas Pendidikan setempat.

Program Syarif Ar Rasyid

Syarif Ar Rasyid memiliki beberapa program unggulan sebagai bentuk peduli mereka terhadap nilai ke-Islaman. Beberapa program unggulan yang ada pada sekolah ini adalah sebagai berikut:

  • Program Tahfidz
  • Program Baca Tulis Alquran
  • Program Asmaul Husna
  • Program Hadis Arbain
  • Program Saintifik
  • dan masih banyak lagi

Segala bentuk program tersebut, disesuaikan dengan tingkatan yang dijalankan. Sebagai contoh, untuk pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak, program tahfidz terlihat dari hafalan Juz 30 (surah pendek). Dalam setahun, mereka menargetkan untuk dapat menghafal sebanyak 25 surah pada setiap peserta didik yang ada.

Hal ini juga berlaku untuk program-program lainnya, seperti Saintifik. Saintifik maksudnya yakni mengadopsi dari langkah-langkah layaknya seorang peneliti, seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengolah informasi/ asosiasi, dan mengkomunikasikan.

Upaya yang dilakukan dapat beragam, seperti membuat program alam, dimana berisi kegiatan kunjungan ke tempat-tempat tertentu yang memiliki keterkaitan langsung dengan materi pelajaran. Dengan begitu, secara sederhana akan menerapkan pendekatan saintifik, dimana peserta didik langsung berhadapan dengan apa yang mereka pelajari.

Fasilitas Syarif Ar Rasyid

Salah satu sudut yang menjadi perhatian adalah persoalan fasilitas. Pada dasarnya, fasilitas memang bukan sesuatu yang mutlak menjadikan pembelajaran itu berhasil. Meski demikian, fasilitas bagian dari penunjang untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang ada.

Sekolah Syarif Ar Rasyid memiliki beberapa fasilitas, yang dibangun dengan mempertimbangkan kenyamanan belajar bagi para peserta didik. Adapun fasilitas yang akan ditemukan disana adalah sebagai berikut.

1. Pendingin Udara

Sekolah ini berupaya untuk menciptakan nuansa ruang yang sejuk, dengan menghadirkan pendingin udara (AC) di setiap sudut ruangan, terutama dalam ruang kelas peserta didik.

Setiap kelas, diberikan pendingin udara, dengan harapan para peserta didik dapat belajar dengan nyaman tanpa gangguan.

2. Locker/ Lemari Siswa

Hal yang menarik, adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mandiri bagi setiap peserta didik. Syarif Ar Rasyid memperhatikan ini, dengan menyediakan locker bagi setiap peserta didik, di dalam kelas mereka.

Hal ini bertujuan bahwa, locker adalah tempat dimana peserta didik itu menyimpan barang/ perlengkapan sekolah mereka seperti buku, tas, mukenah (bagi wanita), sejadah shalat, dan lain sebagainya.

Dengan keadaan ini, para peserta didik itu akan menggunakan locker setiap kali mereka masuk pada pembelajaran tertentu. Harapan besar dari tindakan kecil ini, adalah timbulnya rasa mandiri bagi setiap peserta didik.

3. Arena Bermain IndoorOutdoor

Tersedianya arena bermain untuk anak TK dengan model Indoor dan Outdoor, akan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk bermain di lokasi yang nyaman. Mereka akan tetap dapat bermain, meski hujan turun dengan memanfaatkan arena bermain Indoor.

4. Ruang Baca

Dalam lembaga ini, juga ditemukan ruang baca yang tentunya dapat digunakan oleh tiap-tiap peserta didik. Dalam praktiknya, guru membantu atau mendampingi peserta didik dalam membaca di ruang baca ini.

Lokasi Syarif Ar Rasyid

Adapun mengenai lokasi Syarif Ar Rasyid ini, dapat ditemukan di Jalan Menteng 7, Nomor 186, Kelurahan Medan Tenggara, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan.

Berlokasi di sekitaran pemukiman warga, membuat lembaga yang satu ini lebih mudah ditemukan. Akses menuju kesana, juga terbantu dengan banyaknya sarana transportasi yang dapat digunakan.

Kesimpulan

Syarif Ar-Rasyid merupakan sebuah lembaga yang menjalankan program pendidikan TK dan SD dengan berlandaskan nilai-nilai ke-Islaman. Lembaga ini memiliki program unggulan Tahfidz, Asmaul Husna, Saintifik, dan lain sebagainya.

Lokasi yang berada dalam perkotaan, membuat lembaga ini terbantu dengan banyaknya jenis transportasi darat yang dapat digunakan untuk mengunjunginya.

Tinggalkan komentar