sosial_media_di_masa_pandemi

Kiat Pintar Bersosial Media di Masa Pandemi

Saya memulai dari informasi tentang 1.028 jumlah informasi HOAX beredar di berbagai platform sosial media terkait informasi COVID-19 (Kominfo). Dasar ini, membuat kesimpulan bahwa penting untuk mengetahui kiat pintar bersosial media di masa pandemi.

Berada di halaman ini, Anda akan mengetahui beberapa hal seperti:

  • Dampak positif dari sosial media
  • Manfaatkan sosial media di masa pandemi
  • Peran influencer dalam perkembangan sosial media
  • Mendapatkan hits and reach di sosial media
  • Peran Indozone dalam memberikan informasi
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Dampak Positif Sosial Media

Sosial media semestinya memberikan pengaruh positif bagi setiap penggunanya. Itu karena hadirnya sosial media, akan membantu orang-orang untuk saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Bagian ini, Anda menjelaskan tentang dampak positif Sosial Media. Mari kita telusuri lebih dalam.

1. Membantu Komunikasi

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali sosial media yang lahir sekarang ini. Dengan berbagai macam platform yang harid itu, memberikan ruang dan kemudahan untuk saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Hal ini tentu saja merupakan bagian yang positif dari penggunaannya.

Terkhusus pada masa pandemi, tentunya keadaan ini mengharuskan masing-masing orang untuk lebih banyak menghabiskan waktu mereka di rumah, daripada di luar ruangan. Di satu sisi, keadaan ini juga membuat kita terhalang untuk saling bertemu sapa dengan sanak keluarga yang berada di kampung halaman.

Dengan hadirnya komunikasi, hal ini dinilai cukup membantu untuk meringankan keadaan itu. Dimana, pengguna dapat saling terhubung meski tanpa tatap muka secara langsung.

Menariknya, ada banyak sekali pilihan yang dapat digunakan sebagai penghubung melalui sosial media, seperti Video Call, panggilan suara, berkirim pesan, dan masih banyak lagi.

Ini juga sangat membantu bagi para praktisi pendidikan. Seperti apa yang Saya lewati beberapa waktu yang lalu, melangsungkan kegiatan Video Call/ Conrefence dengan para mahasiswa dalam jam perkuliahan.

perkuliahan_online

Hadirnya sosial media, semestinya dapat membantu kita ketika masa pandemi ini. Dengan begitu, kita masih tetap dapat melangsungkan aktivitas melalui online, tanpa harus keluar rumah sebagai bentuk kecintaan terhadap keselamatan diri.

2. Mempermudah Pencarian Informasi

Hal lain dari manfaat sosial media adalah mempermudah dalam pencarian informasi. Tidak diragukan lagi, Sosial media adalah platform berbagi dengan perkembangan yang sangat cepat. Maksudnya adalah, apa yang Anda bagikan dalam sosial media, itu akan dalam waktu yang tidak jauh berbeda, juga ditemukan oleh pengguna lain.

Jadi, perkembangan yang sangat pesat ini, tentu akan sangat mempermudah orang-orang untuk pencarian informasi yang Ada.

3. Lokasi Mengembangkan Bisnis

Sosial media adalah tempat untuk mengembangkan bisnis yang tergolong baik. Mengapa? Pasalnya, ada sekitar 150 Juta pengguna sosial media di Indonesia atau sebesar 56% dari total populasi Indonesia (Tahun 2019, sumber: databoks.katadata.co.id)

pengguna_sosial_media_aktif_indonesia

Jadi, lebih dari setengah dari seluruh jumlah populasi di Indonesia aktif menggunakan sosial media. Bukankah ini tempat yang strategis untuk mengembangkan bisnis?

Memanfaatkan Sosial Media di Masa Pandemi

Bagaimana strategi memanfaatkan sosial media di masa pandemi? Hal ini tentu menjadi pokok pikiran yang menarik untuk dikaji. Pasalnya, sosial media dapat dijadikan sebagai opsi dalam mendapatkan informasi seputar COVID-19, atau bahkan informasi yang lebih luas lainnya.

Untuk melihat perbandingan antara orang-orang yang mendapatkan informasi dan tidak, lihatlah gambar berikut ini.

pengguna_sosial_media_di_masa_pandemi

Bersumber dari databook.katadata.co.id, memberikan informasi bahwa Sosial Media juga merupakan rujukan bagi sebagian orang, dan angka yang ada juga tergolong banyak. Itu artinya, ini menjadi bagian yang benar-benar bagus untuk mencari informasi, meski Anda harus melihat lebih detail tentang informasi yang beredar itu.

sumber_orang_mendapatkan_informasi

Dari berbagai sumber informasi yang ada, Sosial Media tergolong banyak penggunanya. Seperti misalnya WhatsApp, yang berada di angka 40.2% orang-orang mengambil informasi darinya.

Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan sosial media dengan mudah, untuk menemukan informasi yang berarti. Terlebih lagi, para lembaga resmi juga membagikan informasi penting lainnya melalui sosial media mereka. Jadi, ini tentunya mempermudah Anda dalam menerima informasi lebih detail.

Peran Influencer dalam Perkembangan Sosial Media

Satu hal yang perlu Anda tahu, bahwa Influencer memegang peranan yang tidak kalah penting dalam perkembangan sosial media. Tidak hanya berhenti disitu, popularitas juga menjadi salah satu alasan untuk ini.

Seperti yang kita ketahui, berbagai layanan sosial media, tentunya memiliki lingkarannya sendiri. Hal ini umumnya mengacu pada cercle pertemanan dari salah satu Akun.

Dikatakan memiliki pengaruh penting sebab Influencer merupakan perorangan yang memiliki lingkaran pertemanan dengan cakupan yang luas. Oleh sebab itu, keberadaannya dapat memberi pengaruh bagi sekelompok orang, tentang informasi tertentu.

Keadaan ini sebenarnya menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Influencer, untuk senantiasa memberikan informasi yang benar dan jauh dari kata HOAX. Oleh karenanya, bila Anda seorang Influencer, maka berikanlah informasi yang berarti bagi masyarakat luas, demi perkembangan sosial media.

Mendapatkan Hits and Reach di Sosial Media

Hit And Reach maksudnya adalah kunjungan dan aksi yang terjadi dalam sebuah halaman/ terbitan melalui laman sosial media. Terkadang, kita sedikit kesulitan untuk mendapatkan reaksi dari berbagai orang-orang terhadap apa yang kita tuliskan. Pada bagian ini, Saya akan memberitahukan kepada Anda tentang bagaimana mendapatkan itu. Mari ikuti.

1. Postingan Yang Dibutuhkan

Banyak orang menerbitkan sesuatu, namun itu tidak dibutuhkan bagi banyak orang. Hal ini akan memiliki daya pengabaian yang tinggi. Ketika Anda menerbitkan sesuatu, maka disana Anda memiliki peluang untuk mendapatkan Hits and Reach.

Tetapi pada dasarnya, hal-hal kecil dan sederhana membuat orang-orang mengabaikan itu. Jadi, berupayalah untuk menerbitkan postingan yang membantu dan dibutuhkan oleh banyak orang. Bila ini dilakukan secara konsisten dan menjadi ciri tersendiri untuk Anda, maka bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk menemukan aksi dari berbagai orang di luar sana.

2. Informasi Instan

Terkadang, memiliki beberapa paragraf dalam sosial media justru berpotensi diabaikan. Saya berkaca, dari diri sendiri.

Terkadang, menghabiskan waktu untuk membaca lebih banyak dalam sebuah postingan membuat Saya merasa lebih cepat bosan. Itu karena berada dalam halaman sosial media (terkecuali dalam halaman website).

Jadi, salah satu cara yang mungkin dapat dilakukan untuk mendapatkan Hits and Reach adalah dengan memberikan kalimat yang instan. Maksudnya adalah tidak bertele-tele, dan menulis sesuatu yang bernilai bagi pembaca.

3. Menjalin Hubungan Baik di Sosial

Hubungan baik juga menjadi kunci dalam mendapatkan Hits and Reach di sosial media. Contohnya, ketika Anda dikenal sebagai orang yang perhatian terhadap terbitan teman Anda di sosial media, ini juga akan membuat kemungkinan untuk terjadi pada postingan Anda.

Pasalnya, orang-orang akan menilai Anda adalah orang yang berarti dan memberi pengaruh. Dengan demikian, mereka juga tidak akan sungkan untuk menanggapi setiap kiriman Anda. Meski hanya bersifat “Like”, ini justru lebih berarti daripada tidak sama sekali.

Peran Indozone dalam Memberikan Informasi

Sudah kenal dengan Indozone? Salah satu platform tempat berbagai informasi bernaung. Disana, Anda akan mendapatkan beragam informasi menarik. Itu seperti Game, Edukasi, Makanan, Teknologi, dan masih banyak lagi.

1. Mengenal Indozone

Indozone merupakan sebuah layanan informasi online (media digital) dengan beragam sajian informasi seperti Game, Teknologi, Edukasi, Otomotif, Olah Raga, dan masih banyak lagi. Mereka populer dengan Hastag #KAMUHARUSTAU.

Indozone sendiri, berlokasi di Jl. Tebet Timur Raya No .48B, Tebet, Jakarta Selatan, Indonesia 12820. Sebuah hal yang cukup penting saat ini, dimana orang-orang dapat melihat keberadaan langsung untuk sebuah media tertentu.

Indozone sendiri telah berdiri sejak tahun 2019 silam, yang dirancang khusus untuk generasi milenial dan Gen Z. Mereka optimis, akan terus memberikan beragam informasi yang bermanfaat, khususnya kepada generasi milenial.

2. Fitur Menarik Indozone

Oke.. Bagian ini, akan mengulas tentang berbagai fitur menarik dari Indozone. Mari kita mulai.

Sekarang, Anda dapat berkunjung ke Indozone, untuk melihat lebih detail tentang mereka. Tampilan yang didesain menarik, tentunya membuat mata tidak cepat lelah. Selain itu, Indozone menawarkan navigasi yang jelas. Dengan kata lain, Anda tidak akan menemukan keleliruan saat berkunjung disana. Menarik bukan?

Saya menyukai keseluruhan fitur yang ditemukan. Tetapi, Saya mengunggulkan beberapa fitur menarik dari mereka.

Pertama, Fakta dan Mitos. Dengan mengunjungi bagian ini, Anda akan mendapatkan beragam informasi tentang Fakta dan Mitos. Bagi Saya, ini cukup menarik. Pasalnya, Saya baru menemukan ini dari Indozone.

indozone_fakta_mitos

Jadi, Saya bisa menjelajah lebih jauh disana, untuk mengetahui tentang sebuah informasi, apakah itu Fakta, atau justru Mitos.

Kedua, Videografik. Bagian ini menjadi unggulan untuk Saya. Videografik, menawarkan tampilan dengan informasi yang sederhana, namun merangkum semua penjelasan tentang informasi itu.

Jadi, Saya menyukainya. Ditambah lagi, berbagai Videografik yang ada di Indozone, menawarkan waktu yang tidak begitu lama. Oleh karenanya, Saya dapat menjelajahi informasi lainnya, dalam waktu yang tergolong singkat.

3. Profil

Menggunakan Indozone, Anda dapat bergabung menjadi member secara gratis disana. Dengan mendaftar melalui alamat Email, Anda sudah dapat membuat akun. Lihatlah bagaimana Saya melewatinya.

indozone_profil

Itu menampilkan profil Saya di indozone.id.

Kesimpulan

Indozone menawarkan beragam informasi menarik yang semestinya Anda ketahui. Pasalnya, disana ditemukan beberapa fitur yang menjadi favorit Saya, yaitu Fakta atau Mitos, dan Videografik. Ini menarik, karena Saya menjadi lebih mudah dalam menemukan informasi disana.

Meski dalam keadaan pandemi, Anda tetap akan mendapatkan informasi berarti dari Indozone.id, dengan beragam informasi menarik. Manfaatkan Smartphone Anda, untuk menerima informasi itu. Daftarkan diri Anda sebagai member, untuk menemukan informasi spesial.

Bagaimana dengan Anda? Tanyakan sesuatu yang ingin Anda ketahui, melalui kolom komentar.

Tinggalkan komentar