pengertian_shalat

Shalat: Pengertian, Rukun, dan Cara Pelaksanaan

Sudah tahu tentang ibadah Shalat? Shalat adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam. Oleh karenanya, hal ini dinilai penting untuk diketahui bagi setiap insan manusia, terlebih lagi bagi para peserta didik. Mari simak penjelasan lebih detail pada bagian berikut ini.

Pengertian Shalat

Shalat adalah pendakian orang-orang beriman serta doa orang-orang shaleh. Shalat memungkinkan akal terhubung secara langsung dengan sang Pencipta, menghindarkan seluruh kepentingan personal dengan material. Hal itu menyelamatkan diri dengan menghancurkan depresi serta menghapus kegelisahan. ​(Sharif Al Qarashi, 239: 2003)​

Basyarahil ​(Basyarahil, 9: 1996)​ juga mengungkapkan bahwa Shalat adalah suatu ibadah yang meliputi ucapan dan peragaan tubuh yang khusus, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam (taslim).

Dari beberapa penjelasan di atas, maka dapatlah diambil kesimpulan bahwa Shalat adalah sebuah aktivitas Ibadah yang dilakukan dengan perpaduan ucapan dan pergerakan khusus, dimulai dari Takbir hingga Salam.

Daftar Pustaka

  1. Basyarahil, Abdul Aziz Salim. 1996. Shalat Hikmah, Falsafah Dan Urgensinya. 1st ed. Jakarta: Gema Insani Press.
  2. Sharif Al Qarashi, Baqir. 2003. Seni Mendidik Islami: Kiat-Kiat Menciptakan Generasi Unggul. 1st ed. Jakarta: Pustaka Zahra.

Tinggalkan komentar