robot_txt_blogger_reza_lubis

Robot TXT Blogger: Penjelasan dan Cara Membuat di Blog

Artikel kali ini, mengulas informasi tentang robot TXT Blogger, yang tentunya berguna bagi pengguna CMS Blogger (dulu namanya Blogspot). Hal ini merupakan bagian yang penting. Sebab, Robot TXT merupakan perjalanan pertama bagi artikel, agar dapat terindex oleh mesin pencari.

Abaikan halaman ini bila Anda tidak menginginkan itu terindex. Mari kita mulai.

Apa Itu Robot TXT Blogger

Berbicara seputar Robot TXT, tidak hanya pada Blogger saja. Melainkan ini juga berlaku pada seluruh CMS yang merupakan alat untuk menandakan apakah halaman itu di index atau bahkan tidak diindex. Pada penjelasan kali ini, kita lebih mengacu pada pembahasan tentang Robot TXT Blogger.

Robot TXT Blogger merupakan sebuah alat dalam Blogger, untuk menginformasikan kepada mesin pencari tentang infomasi indexing yang ada. Sebagai contoh, bila pengguna Blogger ingin memberitahukan kepada mesin pencari, bahwa mereka tidak ingin halamannya di Index, maka Robot TXT adalah alat yang dapat digunakan untuk menginformasikan itu. Hal ini juga berlaku untuk sebaliknya. Bila halaman ingin di Index, maka aturlah Robot TXT untuk menginformasikan indexing.

Mesin pencari, membutuhkan informasi ini ketika mereka melakukan perayapan terhadap situs yang beredar dalam lingkungan mereka. Alat yang digunakan oleh mesin pencari kerap disebut sebagai Crawler, yang ditugaskan untuk merayapi seluruh halaman yang ditemukannya.

Agar dapat ditemukan oleh Crawler, maka sang pemilik blog tentu harus memberitahukannya juga, sebagai sinyal kepada Crawler, agar dapat melakukan perayapan terhadap situs web tertentu. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk ini adalah dengan memberikan perintah Sitemap, dan PING.

Fungsi Robot TXT Blogger

Robot TXT Blogger berfungsi sebagai alat untuk memberikan sinyal kepada Crawler tentang halaman yang akan di index, atau justru tidak di Index. Jadi, pada dasarnya Robot TXT ini berlaku dalam blog itu sendiri, sebagai perintah kepada mesin telusur untuk melakukan indexing/ de-index terhadap halamannya.

Dalam hal ini, robot TXT juga berfungsi sebagai penentu untuk bagian halaman yang ingin di index, atau de-index. Dari sini, jelaslah bahwa robot txt itu berfungsi sebagai penanda bagi halaman tertentu untuk indexing/ de-index.

Cara Membuat Robot TXT Blogger

Blogger menyediakan tempat dimana Anda dapat menggunakan kode tertentu sebagai perintah. Untuk cara membuat Robot TXT Blogger ini, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini:

User-agent: Googlebot
Disallow: /nogooglebot/

User-agent: *
Allow: /

Sitemap: http://www.example.com/sitemap.xml

Tes Robot TXT

Setelah menerapkan Robot TXT di halaman Blogger, maka langkah akhir yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap perintah tersebut. Buka halaman pengecekan robot TXT Google, untuk mendapatkan jawaban atas itu. Panduan tentang Robot TXT Yang Benar dapat Anda ikuti, untuk mengetahui jawaban atas hasil cek situs web Anda.

Tinggalkan komentar