Format Penulisan Review Buku

Jika Anda sedang berupaya mencari tahu tentang format penulisan Review Buku, atau Anda sedang memiliki tugas untuk menyelesaikannya, maka Anda berada ditempat yang benar.

Beberapa hal tentang format penyusunan review buku akan Saya tuliskan disini. Mari ikuti lebih dalam.

Sekilas Tentang Review Buku

Istilah “REVIEW” merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang berarti “meninjau“. Oleh karenanya, Review maksudnya adalah meninjau ulang untuk produk, buku, atau bahan lainnya baik dalam bentuk visual, dapat disentuh, bahkan elektronik.

Review buku maksudnya adalah meninjau ulang tentang sebuah buku, yang mengulas pembahasan yang lebih dalam. Review umumnya membahas hal-hal yang lebih spesifik dari sebuah produk atau buku yang di review.

Hasil Review dalam aktifitas akademik, biasa dibuat dalam bentuk laporan. Artinya, terdapat beberapa hal yang menjadi acuan review, untuk dituangkan dalam laporan yang ada.

Meski pada dasarnya masing-masing orang memiliki format tersendiri untuk laporannya, tapi izinkan Saya membagikan format yang umum digunakan orang untuk review buku. Mari kita teruskan.

Format Penulisan Review Buku

Sepanjang perjalanan, Saya melihat beragam bentuk format dalam laporan hasil Review Buku. Meski disana sini terlihat perbedaan, namun itu hanyalah bersifat tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Setiap orang bisa saja menentukan bagian-bagian apa saja yang harus di review. Namun, ada beberapa poin mendasar tentang bagian yang semestinya sesuatu yang pokok untuk direview sekaligus dituangkan dalam laporan hasil.

Adapun format penulisan Review Buku yang dimaksudkan itu, adalah sebagai berikut.

1. Identitas Reviewer

Pada sebuah laporan review, semestinya menuangkan tentang identitas reviewer. Maksudnya adalah identitas pelaku review (bukan buku yang direview). Dengan demikian, pembaca akan mengetahui tentang siapa yang melakukan review.

Bagian ini adalah bagian yang umum untuk digunakan saat membuat format laporan hasil review. Jadi, tuangkan identitas Anda sebagai pembuka dari laporan yang ada.

2. Kata Pengantar

Jika itu berbentuk laporan, maka sudah barang tentu ia membutuhkan kata pengantar. Layaknya makalah, kata pengantar adalah bagian pembuka untuk menceritakan secara singkat tentang aktivitas yang ada dalam laporan tersebut.

Buatlah sebuah kata pengantar yang baik, sesuai dengan tujuan dari penulisan laporan review buku tersebut.

3. Identitas Buku

Bagian ini sudah termasuk pada bagian isi sebenarnya. Jadi, disinilah mulai laporan Review itu, dimana ia dibuka dengan memberikan identitas buku.

Tidak berbeda dengan identitas reviewer, Anda dapat menuliskan identitas yang ada dari buku yang sedang Anda review.

Ini juga berguna bagi pembaca, agar mengetahui tentang buku yang sedang direview.

Formatnya umum. Anda dapat menggunakan bagian-bagian yang dirasa dibutuhkan dan penting. Dalam hal ini, beberapa yang terlihat umum seperti:

  • Nama pengarang
  • Judul buku
  • Tahun terbit
  • Penerbit
  • isi halaman
  • dan lain sebagainya

Anda dapat menambahi bilamana membutuhkan sesuatu yang dirasa perlu untuk dilampirkan. Tuangkan itu di bagian pembuka isi laporan Anda.

4. Ringkasan Isi Buku

Untuk penyempurnaan penulisan review, dirasa perlu untuk menampilkan beberapa atau ringkatan isi buku. Tentu saja, disini bukanlah menuliskan seluruh isi dari buku tersebut. Melainkan, hanya beberapa diantaranya yang dirasa perlu.

Menuliskan ringkasan isi buku dalam format penulisan review buku, tujuannya adalah sebagai validasi sederhana, bahwa buku yang direview, sejalan antara identitas buku dengan isi buku.

Terkadang, bukan sesuatu yang tidak mungkin didapati identitas buku yang serupa, namun berbeda dalam sajian isi. Oleh karenanya, hal ini dianggap perlu.

5. Ke-khasan dan Ke-Mutakhiran Buku

Ada dua istilah yang dapat diambil disini, yakni “khas” dan “Murakhir”. Khas, maksudnya adalah sesuatu pembeda dibandingkan dengan yang lainnya. Dapat juga diistilahkan sebagai ciri yang mencolok.

Tuangkan tentang apa saja yang menurut Anda menjadi ciri khas dari buku yang sedang direview. Perlu diingat, bahwa ini bukanlah terbatas pada isi kandungan buku semata. Melainkan dapat juga menggunakan tampilan, cover, desain, dan lain sebagainya.

Selanjutnya adalah istilah mutakhir. Mutakhir artinya pembaruan atau keterbaruan buku.Tuangkan dengan detail tentang bagian mana yang termasuk dalam keterbaruan buku. Maksudnya, bilamana buku itu memiliki tampilan atau desain cover yang menarik sesuai dengan keterbaruan, maka ia memiliki nilai tersendiri.

6. Kelebihan dan Kelemahan Buku

Satu hal yang dianggap penting untuk dilampirkan dalam format penulisan review buku, adalah persoalan kelebihan dan kelemahan buku yang sedang di review.

Hal ini tentunya setiap buku memilikinya. Carilah sesuatu yang merupakan kelebihan dari buku tersebut, dan demikian halnya untuk kelemahan buku.

Perlu untuk diingat, perhatikan persoalan etika akademik, dimana Justification (pembenaran) sebaiknya dihindari. Seandainya buku yang sedang di review memiliki banyak kekurangan, hindari semampu mungkin untuk menyudutkan dan memuat teks yang bermakna Justification. Anda tidak perlu mengatakan bahwa “Tampilan buku ini buruk“.

7. Rekomendasi

Pelaku review yang baik, tentunya memiliki rekomendasi. Bila Anda sudah memberikan beberapa kelebihan dan kelamahan dari sebuah buku, maka memberikan rekomendasi bukanlah sesuatu yang sulit lagi (meski tidak mudah).

Logikanya, bila Anda sudah mengukur dan menilai sebuah buku, maka sedikit atau banyak, Anda sudah memiliki referensi tentang buku yang baik.

Jadi, berikan rekomendasi dalam bentuk poin-poin tentang bagaimana pembaruan buku ini di masa mendatang, agar jauh lebih baik.

8. Kesimpulan/ Penutup

Format penulisan review buku terakhir yaitu ditutup dengan kesimpulan. Tuliskan simpulan dari hasil review yang dilakukan, dan upayakan untuk membuat paragraf yang menjawab pertanyaan dari review yang ada.

Kesimpulan

Format penulisan Review Buku memang bergantung pada kebutuhan Anda sendiri. Dalam hal ini, beberapa hal yang umum adalah Identitas reviewer, kata pengantar, identitas buku, ringkatan isi buku, ke-khasan dan kemutakhiran, kelebihan dan kelemahan, rekomendasi, dan penutup.

Meski itu bukanlah sebuah format yang baku, Anda dapat membubuhinya dengan bagian yang lain yang mungkin dibutuhkan. Jadi, ini tidak terbatas sama sekali.

Tinggalkan komentar