Prosiding USM Malaysia

Prosiding USM Malaysia: Presentase Karya Ilmiah di 2017

Sudah tahu tentang USM Malaysia? Lembaga Pendidikan Tinggi dengan berbagai jurusan yang menarik. Beberapa tahun yang lalu, Saya dan teman kuliah berkunjung kesana untuk Prosiding USM. Melihat dari Internet, sepertinya baik-baik saja. Tetapi ketika berada di sana, rasanya seperti mimpi. Mari ikuti ceritanya disini.

Mengenal USM Malaysia

Ini adalah kampus luar negeri, yang pertama sekali Saya kunjungi. Menariknya, selain mereka mampu berbahasa Indonesia dengan baik, disana juga banyak ditemui orang-orang yang berasal dari Indonesia. Beberapa pengajar, juga dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik. Mari kita kenal lebih jauh tentang USM Malaysia.

1. Tentang USM

USM merupakan singkatan dari Universitas Sains Malaysia. Kampus ini termasuk dalam 3 (tiga) kampus yang bertaraf sains di Malaysia. Kampus ini berdiri sejak tahun 1969. Menariknya, kampus ini merupakan kampus ke 2 yang didirikan di Malaysia. Kampus ini berlokasi di Pulau Penang, Malaysia.

USM Malaysia
Universitas Sains Malaysia (USM)

2. Program Studi

Disini, Anda akan melihat banyak sekali program studi yang ditawarkan. Tentunya, ini disesuaikan dengan kemampuan para mahasiswa/ calon mahasiswa yang mendaftar. Beberapa program studi yang ditawarkan itu antara lain seperti:

  1. Tehnik kimia
  2. Tehnik sipil
  3. Tehnik mesin
  4. Tehnik penerbangan
  5. dan masih banyak lagi

Berkunjung ke USM Untuk Prosiding

Sebelumnya, apa Anda sudah tahu tentang apa itu Prosiding? Sebagai pembuka, mungkin saya akan memulai penjelasan dari sini. Prosiding dapat diartikan sebagai paper-paper akademis yang diseminarkan dalam sebuah acara seminar akademis. Jadi, ini merupakan kumpulan dari banyak paper-paper akademis, lalu kemudian diseminarkan dalam satu waktu yang sama, yang tentunya bersifat seminar akademis.

Jadi, saya berkunjung ke USM Malaysia, untuk melakukan Prosiding disana, dimana saya tidak sendiri, melainkan bersama dengan teman lainnya. Beberapa diantara kami, diberi kesempatan untuk memaparkan (Presentasi) hasil paper milik mereka, di hadapan audiens.

1. Wisata dan Belajar

Berkunjung ke Malaysia, membuat kami memiliki kesempatan untuk berkeliling ke berbagai tempat penting disini. Tidak semua terjalani, tetapi beberapa tempat membuat kami tahu lebih banyak tentangnya. Termasuk diantaranya seperti kunjungan ke Masjid Negara Malaysia, ke Istana Negara, dan masih banyak lagi.

Istana Negara Malaysia Reza Lubis
Reza Lubis di Istana Negara Malaysia

Kami juga berkesempatan berkunjungi di beberapa tempat lain seperti Masjid Negara Malaysia.

Masjid_Negara_Malaysia
Masjid Negara Malaysia

Saya mendapatkan banyak hal baru dari sana. Tentang bagaimana bentuk bangunan, tata perkotaan disana, dan masih banyak lagi. Cukup itu sebagai pengantar, mari kita melanjut pada bagian kegiatan kami selama Prosiding.

2. Kegiatan Prosiding

Alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk menyampaikan paparan Paper dari sebuah penelitian yang sebelumnya dilakukan. Menariknya, kami bergabung dengan peserta lainnya di USM, termasuk para mahasiswa dan pengurus disana.

Presentasi_USM_Malaysia
Presentasi USM Malaysia

Alhamdulillah, senang rasanya bisa berbagi kepada peserta dari USM. Menariknya, mereka juga memahami akan bahasa Indonesia.

Makan Bersama Magister PAI di USM Malaysia
Makan Bersama

Terlebih lagi, beberapa diantara mereka (saya tanyakan langsung), berasal dari Indonesia. Ada juga yang berasa dari keturunan Indonesia (orangtuanya Indonesia). Jadi, komunikasi kami menjadi jauh lebih menarik.

Tinggalkan komentar