Permalink SEO: Setting Dilengkapi Contoh Untuk WordPress

Permalink adalah salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui. Kini, kita akan membahas lebih dalam tentang Permalink SEO yang dimaksudkan itu.

Pada halaman ini, Anda akan mengetahui beberapa hal seperti:

  • Mengenal Permalink
  • Menerapkan Permalink SEO di WordPress
  • Contoh praktik baik dan buruk
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini hingga tuntas.

Mengenal Permalink

Pertama-tama, tentu kita harus mengetahui dulu tentang apa yang dimaksud dari permalink itu. Meski Saya yakin bahwa Anda sudah mengetahuinya, biarkan Saya memberikan penjelasan ringan ini terlebih dahulu.

Permalink adalah singkatan dari Permanent Link, dimana setiap halaman di internet memilikinya. Ini bisa jadi seperti Anda melihat sesuatu di hasil pencarian, atau Anda sedang menggunakannya sekarang. Ini adalah tautan permanen. Maka dari itu, ia diberi nama permalink (Permanent Link).

Permalink adalah bentuk URL lengkap yang ada di internet setiap kali Anda mencari sesuatu. Ini bisa termasuk nama domain Anda (rezalubis.id), lalu diikuti dengan yang disebut sebagai slug untuk setiap halaman artikel yang ada.

Banyak format yang digunakan oleh orang-orang. Tapi yang paling umum ditemui adalah berupa tanggal, bisa juga berupa path (folder tempat dimana artikel itu berada, atau bisa juga sebagai tag tambahan lainnya.

Bila Anda sudah mengetahui tentang yang disebut sebagai permalink, mari kita melangkah lebih jauh tentang tahap-tahap SEO untuknya.

Setting Permalink di WordPress

Bila Anda pengguna WordPress, maka untuk menemukan pengaturan permalink, dapat mengikuti panduan berikut ini.

  • Masuk ke Dashboard WordPress Anda
  • Pilih menu Setting/ Pengaturan
  • Pilih sub-menu Permalink
  • Atur itu disana.

Ketika tahapan itu sudah Anda lewati, maka sekarang Anda sudah menemukan tempat dimana Anda dapat menerapkan permalink SEO untuk setiap halaman Anda.

Anda akan melihat layar sesuai dengan tangkapan layar berikut ini.

Terkait:  Asal Usul Google dan Fakta Menarik Darinya

Tentukan bagaimana format Permalink yang Anda inginkan. Apakah itu menggunakan kategori, atau atau langsung pada “Post Name” yang membuat slug langsung muncul setelah nama domain Anda.

Saya sangat merekomendasikan jenis Post Name, bila Anda mengembangkan blog Niche. Sedangkan Saya menggunakan kategori, karena mengulas banyak hal dalam blog Saya. Pertimbangkan itu.

Menerapkan Permalink SEO WordPress

Ketika Anda baru saja menggunakan WordPress, maka bagian ini adalah langkah awal yang tepat untuk memulai. Pasalnya, ini adalah tautan permanent, dimana itu berarti indexing juga permanent.

Secara default, WordPress akan memberikan tautan permalink yang tidak ramah SEO seperti:

https://rezalubis.id/?p=101

Permalink itu berisikan nama domain dilanjutkan dengan keterangan ID artikel. Ini bukanlah sesuatu yang diharapkan untuk praktik SEO.

Bila Anda mengalami itu sekarang, maka teruskan bacaan ini hingga usai dan ganti permalink Anda. Tetapi, ketahui dampak-dampak yang akan terjadi bila Anda merubahnya. Pelajari lebih lanjut lagi disini.

1. Gunakan Kata Kunci

Permalink adalah salah satu element yang akan ditemukan ketika mencari sesuatu di halaman internet. Ketika orang-orang berkunjung disana dan menemukan hasil atas pencariannya, maka pada setiap artikel disana mengandung Permalink.

Pasalnya, mari coba kita sesuaikan antara kata kunci yang sedang Anda cari, serta hasil yang ditemukan mesin pencari.

Kebanyakan hasil yang dimunculkan adalah memiliki keterkaitan kata kunci dengan permalink. Ini membuat asumsi bahwa Google mengerti akan Permalink itu sendiri. Jadi, pertimbangkan untuk memperhatikan hal ini.

Jika Anda melihat ke arah permalink dari halaman ini, maka itu berisi kata kunci disana, dan ingatlah tentang kata kunci yang Anda cari ketika menemukan artikel kami. Ini adalah sesuatu yang Saya bidik.

2. Jumlah Karakter Singkat

Para praktisi SEO yang lebih dulu melakukan beragam analisis tentang ini, mengatakan bahwa ukuran permalink SEO yakni tidak lebih dari sesuatu yang singkat dan deskriptif.

Terkait:  Tugas Akhir Diklat Penguatan Kepala Sekolah: Baca Untuk Pemahaman

Dalam setiap menuliskan artikel, Saya berupaya untuk membuat semuanya menjadi lebih sederhana, dan sedikit lebih luas cakupannya.

Jumlah karakter yang singkat, membuat hal ini jauh lebih mungkin untuk terfokus pada pembahasan yang ada.

Halaman ini, bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang permalink SEO. Oleh karenanya, Saya menuliskannya di bagian permalink, dan mengabaikan untuk setiap kata di judul Saya.

Hal lain yang mungkin terjadi, bahwa ketika Anda menggunakan permalink yang singkat, maka itu sebenarnya memberi isyarat bahwa Anda menggunakan kata kunci yang luas cakupannya. Artinya, persaingan juga akan sedikit lebih sulit. Tapi disisi lain, Anda lebih mungkin untuk sering muncul, meski berada di peringkat pertengahan dari hasil pencarian.

Bagi Saya, itu bukanlah sesuatu masalah besar, dan justru lebih baik bila tidak sama sekali. Dengan ini, Saya mendapatkan beberapa Organic Keyword yang tentunya bernilai. Dari sanalah, pembaruan dioptimalkan lagi, setelah Saya mengetahui tentang kata kunci organik yang dihasilkan dari sebuah halaman ini. Pertimbangkan itu.

3. Hindari Karakter Simbol

Saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan karakter Simbol dalam permalink Anda. Ini seperti tanda seru (!), tanda tanya (?), tanda lebih besar/ lebih kecil (< / >), dan lain sebagainya.

Karakter-karakter itu tidak dibutuhkan dan bahkan dapat merusak SEO Anda. Jadi, abaikan itu dan buatlah permalink lebih deskriptif.

Dalam setiap terbitan yang Saya lakukan, Saya cenderung tidak pernah (mengabaikan) penggunaan karakter Simbol dalam setiap halaman yang ada.

Meski di beberapa CMS sudah secara otomatis membuatnya menjadi tanda hubung (-), namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada CMS yang lainnya. Jadi, tetap Saja Anda harus memperhatikan bagian ini, untuk menambah poin dalam SEO Anda.

Terkait:  Konsep Zakat: Semua Yang Perlu Diketahui Tentangnya

4. Abaikan Istilah Tidak Perlu

Semestinya, ini kembali kepada Anda. Apakah berencana untuk mengabaikan istilah yang tidak perlu, atau justru menggunakan mereka. Sepanjang perjalanan, Saya cenderung mengabaikan istilah yang tidak perlu.

Secara default, ketika Anda menggunakan WordPress, maka SLUG akan secara otomatis terisi dari judul artikel yang Anda buat.

WordPress sendiri menyarankan untuk menggunakan Judul di Permalink Anda. Memang begitu adanya. Konyol bila Anda membuat permalink yang jauh berbeda dengan judul Anda.

Tapi, untuk membuat sebuah judul postingan, tidak menutup kemungkinan untuk menuliskan beragam istilah disana sebagai pendukung, terlebih lagi untuk kata-kata kuat untuk judul post Anda.

Bila itu bukan termasuk dalam kata kunci, maka Saya menyarankan untuk tidak menggunakannya. Ini dimaksudkan agar kata kunci Anda lebih deskriptif dan mengandung banyak nilai. Sehingga dengan ini, tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan Organic Keyword untuk halaman Anda.

Contoh Permalink Baik-Buruk

Sekarang saatnya Anda melihat tentang praktik baik dan buruk dari pengoptimalan SEO untuk permalink WordPress. Mari ikuti.

BenarBuruk
https://rezalubis.id/category/post-namehttps://rezalubis.id/?p=101
https://rezalubis.id/10/10/2017/post-name
https://rezalubis.id/post-name
Tabel Praktik Penggunaan Baik-Buruk Permalink SEO

Pada kolom benar, Anda dapat memilih apakah menggunakan Kategori di URL Anda, Tanggal dan tahun, atau menggunakan post name saja. Ini merupakan bagian yang perlu dicermati.

Sedang pada bagian praktik Buruk, Anda dapat melihat bahwa disana hanya menyisakan teks yang tidak terbaca dengan jelas. Oleh karenanya, ini tidak akan memberikan deskripsi apapun terhadap halaman Anda. Jadi, satu kerugian disini untuk SEO.

Kesimpulan

Bagaimana dengan Permalink Anda? Apakah itu membutuhkan pembaruan, atau Anda memiliki pendapat yang dapat direkomendasikan disini?

Beritahu saja tentang apapun yang terbaik menurut Anda, untuk persoalan Permalink SEO. Tuliskan di dalam kolom komentar.

Gambar Email

Jangan Ketinggalan Pos Terbaru

Daftar sekarang dan dapatkan artikel pendidikan terbaru

Tinggalkan komentar