Penelitian Kualitatif

Pengertian Penelitian Kualitatif

Untuk dapat menerapkan penelitian kualitatif, maka semestinya memahami makna akan pengertian penelitian kualitatif itu sendiri. Dengan mengetahui defenisi penelitian kualitatif, maka hal ini akan mempermudah dalam praktik lanjutan darinya.

Beberapa hal yang akan dibahas disini antara lain yaitu seputar pengertian penelitian kualitatif, hingga pada perbedaannya dengan penelitian kuantitatif. Mari ikuti lebih dalam.

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Penelitian kualitatif adalah penelitian deskriptif yang dalam penyajiannya mengedepankan proses analisis berdasarkan studi lapangan yang dilakukan secara deskriptif. Adapun landasan teori, dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian dapat sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.

Perbedaan Kualitatif dengan Kuantitatif

Pada dasarnya, perbedaan antara penelitian kualitatif dengan kuantitatif sangat mencolok. Adapun yang menjadi pembeda diantara keduanya yakni:

1. Deskriptif dan Non-Deskriptif

Penelitian kualitatif cenderung bersifat deskriptif, dimana pada praktiknya, peneliti hanya menceritakan tentang apa yang ditemukan di lapangan, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan. Sedangkan penelitian kuantitatif, bersifat non-deskriptif, yakni cenderung menggunakan pertanyaan-pertanyaan berupa angket, lalu mencari jawaban atau kesimpulan atas data-data tersebut.

2. Durasi Panjang dan Singkat

Pada sisi durasi keberlangsungan penelitian, penelitian kualitatif cenderung lebih lama bila dibandingkan dengan penelitian kuantitatif. Adapun dikatakan demikian karena penelitian kualitatif membutuhkan deskripsi yang lebih panjang untuk menemukan sebuah jawaban atas permasalahan yang ditemui. Sedangkan penelitian kuantitatif, bersifat singkat. Dikatakan demikian karena peneliti hanya membutuhkan data, yang mungkin akan didapatkan dalam waktu yang singkat. Dengan data yang ada, peneliti mengimplementasikan beragam tehnik penyajian data dari penelitian kuantitatif, dan menemukan jawaban atas permasalahan penelitiannya.

Terkait:  Cara Menemukan Masalah Penelitian
Gambar Email

Jangan Ketinggalan Pos Terbaru

Daftar sekarang dan dapatkan artikel pendidikan terbaru

Tinggalkan komentar