Gambar Tentang Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan: Sebuah Konsep Dasar Dilengkapi Pendapat Ahli 2021

Sudah tahu tentang apa itu pendidikan? Bercerita tentang pengertian pendidikan, tentu saja bukan lagi istilah yang baru. Melainkan, setiap orang akan dengan mudah untuk mendeskripsikan pengertian ini. Namun, apakah semua itu dapat dijadikan dasar? Terlebih lagi dalam hal Akademisi.

Disini, anda akan mengetahui konsep dasar tentang Pengertian Pendidikan, yang juga akan mengulas lebih banyak informasi di dalamnya. Mari ikuti lebih dalam.

Pentingnya Memahami Pengertian Pendidikan

Tentu saja ini merupakan sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita. Padahal pada kenyataannya, semestinya ini menjadi sesuatu yang baik untuk kita lakukan di masa mendatang.

Pendidikan merupakan sesuatu yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Karena pada dasarnya, dengan pendidikan yang baiklah, akan memberikan peluang untuk terciptanya manusia yang berkualitas di masa mendatang.

Dalam hal ini, tentu saja dibutuhkan sebuah pendidikan dengan aktivitas kegiatan belajar mengajar sesuai dengan apa yang diharapkan, tentunya dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya dan tujuan pembelajaran pada khususnya.

Oleh karenanya banyak beberapa ahli terdahulu memberikan definisi atau pengertian pendidikan. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih dalam tentang makna dari istilah pendidikan ini, maka perlu kita uraikan tentang pengertian pendidikan menurut para ahli.

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli

Seperti yang kita ketahui banyak para ahli terdahulu yang telah mencetuskan definisi atau pengertian pendidikan baik dari dalam buku yang diterbitkannya maupun dalam secara cara umum jelaskan.

Untuk menemukan jawaban mengenai pengertian pendidikan, maka kita perlu menguraikan terlebih dahulu tentang pengertian pendidikan dari beberapa ahli terdahulu agar dapat kita rampungkan menjadi sebuah definisi yang kuat. Mari kita lihat beberapa ungkapan para ahli mengenai pengertian pendidikan berikut ini.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dalam dirinya baik berkaitan dengan hal spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Pengertian pendidikan yang diuraikan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan arti bahwasanya pendidikan sebagai tempat atau wadah untuk mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri manusia.

Hal ini tentu saja memandang penting berbagai Fitrah yang hadir dalam setiap diri manusia, yaitu Fitrah pendengaran, Fitrah penglihatan, dan lain sebagainya. Manusia diberikan berbagai organ yang dapat dipergunakan dengan baik. Salah satu upaya untuk membuat itu dipergunakan dengan baik adalah melalui proses pendidikan.

Dari pengertian ini ini dapat terlihat bahwasanya pendidikan adalah tempat untuk membentuk citra baik dalam diri manusia agar berkembang seluruh potensi dirinya dan berguna bagi Agama. nusa dan bangsa.

Hal ini sejalan dengan pengertian Pendidikan dari KBBI Online, yang mengatakan bahwa:

Pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang.

KBBI Online

Dalam KBB itu, pendidikan diartikan sebagai proses. Itu artinya, hal ini tidak serta merta didapatkan dengan cara instan. Melainkan, dibutuhkan waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang diinginkan, yakni menciptakan manusia yang instan kamil.

Jenis Pendidikan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia semakin hari semakin berkembang. Tentunya senantiasa berharap agar perkembangan yang terjadi itu lebih terarah dan baik untuk masa depan bangsa. Beberapa jenis pendidikan di Indonesia juga turut hadir, untuk melengkapi kebutuhan anak bangsa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional.

Beberapa jenis pendidikan di Indonesia yang dimaksudkan itu antara lain seperti:

Ketiga jenis pendidikan ini, melengkapi berbagai tahapan belajar para anak bangsa. Mereka dapat memilih jenis mana yang mereka sukai. Namun tetap memandang aturan yang diberlakukan pemerintah yakni Wajib Belajar 12 Tahun.

Manfaat Pendidikan

Tentu saja, hadirnya pendidikan memberikan manfaat yang sangat luas bagi segenap anak bangsa. Dengan mengenyam pendidikan, akan menciptakan nilai diri yang lebih baik lagi di lingkungan masyarakat, terlebih lagi pada diri sendiri.

Ada beberapa manfaat pendidikan yang dapat dituangkan di sini (meski ini sangatlah luas), yakni sebagai berikut:

1. Mengembangkan Potensi Diri

Sebagai manusia yang terlahir di muka bumi, tentu memiliki beberapa organ yang masing-masing itu memiliki fitrahnya sendiri. Sebagai contoh, setiap manusia yang lahir dibekali dengan pikiran (akal). Ini merupakan fitrah yang diberikan Allah sejak ia lahir. Fitrah adalah potensi. Oleh karena itu, manusia yang cerdas dapat dipastikan bahwa mereka dapat mengembangkan potensi akal yang dimilikinya.

Hal ini juga berlaku untuk jenis fitrah yang lainnya, seperti “Tangan” yang jika terus dilatih dapat meningkatkan kemampuan Otot. Dengan begitu, mereka akan dapat mengikuti berbagai jenis olimpiade.

Oleh sebab itu, pendidikan memberikan cukup banyak hal yang memiliki pengaruh terhadap potensi diri. Hasil dari fitrah itu, tentu berdasarkan upaya yang dilakukannya.

2. Upaya Penataan Masa Depan

Manusia tentunya memiliki rencana dan mimpi masa depan yang lebih baik. Hal ini tentu harus dicapai rencana yang matang pula. Meski bukan sebuah jaminan, pendidikan secara implisit mempengaruhi hal ini.

Banyak orang yang berkata bahwa Pendidikan tinggi tidak menjamin kesuksesan hidup di masa depan. Pernyataan ini benar adanya. Bahkan tidak hanya sektor pendidikan, hal lain juga tidak akan memiliki kepastian akan kesuksesan di masa depan.

Masa depan adalah hasil dari rencana terukur yang telah diterapkan. Pendidikan, adalah salah satu bagian dari itu. Pendidikan membelajarkan orang dan melatih untuk berpikir kritis terhadap sesuatu. Hal ini akan membiasakan pelajar untuk berpikir, dan dengan hal itu akan membuatnya tidak berhenti untuk berusaha, terlebih lagi dalam setiap jalan yang dilewatinya menuju kesuksesan hidup di masa depan.

Tinggalkan komentar