Gambar tentang Pengertian Metode Pembelajaran

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran merupakan bagian yang penting untuk diketahui seorang Guru. Hal ini, didasari dari pemahaman tentang pengertian metode pembelajaran itu sendiri.

Ketika seseorang telah mengetahui pengertiannya atau bagian yang paling dasar dari sebuah istilah, maka ini akan menjadi pemandu untuk pemahaman yang lainnya.

Beberapa hal yang akan diulas disini seperti:

  • Pengertian Metode Pembelajaran umum
  • Pengertian metode pembelajaran menurut para ahli
  • Beberapa pertanyaan terkait
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Pengertian Metode Pembelajaran Secara Umum

Beberapa ahli, telah banyak mengemukakan persoalan pengertian metode pembelajaran ini. Pada bagian ini, akan dijelaskan tentang pengertian metode pembelajaran ini, dalam sisi umum.

Secara umum, fkipuniska (Admin, ​Internet​, 2018) mengatakan bahwa metode pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematis dan teratur yang dilakukan oleh pendidik dalam penyampaian materi kepada muridnya. Dengan adanya cara ini maka diharapkan proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pendidik harus bisa mempelajari metode pembelajaran.

Metode adalah cara, dan pembelajaran adalah kegiatan instruksional yang dilakukan oleh guru untuk membuat siswa aktif. Jadi, dapatlah diartikan bahwa metode pembelajaran adalah seperangkat tehnik khusus yang memandu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya di kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Metode pembelajaran bukanlah sesuatu yang dilaksanakan secara bebas. Maksudnya adalah bahwa Guru tidak dapat menggunakan metode pembelajaran secara asal-asalan.

Keseluruhan Metode Pembelajaran itu semestinya terkait langsung dengan tujuan pembelajaran, atau media pembelajaran yang digunakan. Sebab, keseluruhan elemen ini merupakan bagian penting dalam praktik pembelajaran di kelas.

Selain itu, Guru juga dipandang perlu memperhatikan atau memiliki pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran.

Mempertimbangkan metode pembelajaran, tentu saja akan memperhatikan tentang media pendukung yang akan digunakan untuk keberhasilan metode yang digunakan, dan juga hal lainnya. Oleh karenanya, Metode Pembelajaran tidak dapat dilakukan dengan sembarang, dan perlu untuk memandang berbagai elemen pendukung lainnya.

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Istilah metode berasal dari bahasa Yunani “metodos”. Kata ini berasal dari dua kata: “metha” berarti melalui atau melewati, dan “hodos” yang berarti jalan atau cara. Dalam bahasa Arab metode disebut “Thariqat”, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia metode adalah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud, sehingga dilalui untuk menyajikan bahan pelajaran agar tercapai tujuan pengajaran. ​(Syharsono & Retnoningsih, 2009: 574)​

Menurut Hamzah B. Uno ​(Hamzah, 2008: 2)​ metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dari beberapa pendapat ahli di atas, maka dapatlah diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang ditempun oleh guru untuk menjalankan proses kegiatan belajar mengajar dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Menurut Slameto ​(Slameto, 2013: 65)​, metode mengajar adalah suatu jalan yang harus dilalui di dalam menagajar. Mengajar itu sendiiri menurut Ign. S. Ulih Bukit Karo karo adalah menyajikan bahan pelajaran oleh orang kepada orang lain agar orang lain dapat menerima, menguasai dan mengembangkannya. Didalam lembaga pendidikan, orang lain yang disebut sebagai siswa dan mahasiswa, yang dalam proses belajar agar dapat menerima, menguasai dan lebih-lebih mengembangkan bahan pelajaran itu, maka cara-cara mengajar serta cara belajar haruslah setepat-tepatnya dan efisien serta seefektif mungkin.

Beberapa Pertanyaan Terkait

Mengenai pengertian metode pembelajaran, ada beberapa pertanyaan terkait dengan hal itu. Berikut ini dilengkapi dengan jawaban yang ada.

Apa itu metode pembelajaran?

Metode pembelajaran adalah langkah atau cara yang ditempuh oleh guru dalam memandu pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya di kelas demi mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Apa itu metode dan media pembelajaran?

Metode pembelajaran adalah langkah yang harus dilakukan oleh seorang Guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Semesntara media pembelajaran, adalah alat yang digunakan oleh guru dalam praktik mengajar mereka di kelas. Media, adalah bagian dari pembantu yang digunakan untuk metode pembelajaran.

Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran RPP?

RPP adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang harus diselesaikan oleh Guru sebelum mereka melakukan praktik mengajar. Disana, akan menguraikan tentang segala aktivitas yang akan dijalankan, dan metode pembelajaran adalah sesuatu yang terlihat disana.

Daftar Pustaka

  1. Admin. Macam Macam Metode Pembelajaran, Pengertian, Jenis, Dan Contohnya. URL: https://fkipuniska.ac.id/macam-macam-metode-pembelajaran-pengertian-jenis-dan-contohnya/. Diakses pada 11 November 2021.
  2. Syharsono & Ana Retnoningsih. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Semarang: Widya Karya)
  3. Hamzah, B. Uno. 2008. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. (Jakarta: Bumi Aksara)
  4. Slameto. 2013. Belajar Mengajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta)

Tinggalkan komentar