pengertian_mendidik

Pengertian Mendidik: Dasar Penting Bagi Guru 2021

Kita sering mendengar istilah mendidik, bahkan menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi dalam kegiatan belajar mengajar.

Meski demikian, perlu diuraikan pengertian mendidik yang lebih mendetail, mengikut pada pendapat para ahli terdahulu. Mendidik sangat dapat dikaitkan dengan istilah lain seperti mengajar. Mari ikuti lebih jauh.

Pengertian Mendidik Menurut Para Ahli

Mendidik adalah usaha yang lebih ditujukan kepada pengembangan budi pekerti, semangat, kecintaan, rasa kesusilaan, dan ketakwaan melalui proses menyampaikan nilai-nilai agar peserta didik mempunyai kecakapan yang lebih baik ​(Sumiati, 2020)​.

Tidak semua perubahan yang terjadi pada diri seseorang merupakan hasil belajar. Perubahan yang disebabkan karena pertumbuhan, perkembangan dan kematangan bukan merupakan akibat belajar. Seperti pertumbuhan jasmani (tinggi badan) bukan merupakan hasil dari belajar. Perubahan pada aspek psikis relatif sulit diidentifikasi, karena yang nampak hanya tingkah laku. Perwujudan tingkah laku itu meliputi perkembangan perceptual (pengamatan ruang dan situasi), perkembangan penguasaan motorik, perkembangan penguasaan pola-pola keterampilan mental fisik (kecerdasan, ketangkasan, kecermatan), maupun perkembangan pengetahuan, bahasa dan berpikir ​(Nurzairina, 2014: 44)​.

Daftar Pustaka

  1. Nurzairina. (2014). Psikologi Belajar. IAIN SU.
  2. Sumiati. (2020). Menjadi Pendidik Yang Terdidik. Jurnal Tarbawi, 2(1), 88. https://media.neliti.com/media/publications/288583-menjadi-pendidik-yang-terdidik-bb704ceb.pdf

Tinggalkan komentar