pengertian_haid

Pengertian Haid: Pemahaman Penting Dari 3 Tinjauan

Haid merupakan hal yang umum terjadi bagi Wanita. Namun, apa pengertian Haid itu?

Hal ini tentu saja membutuhkan penjelasan yang lebih detail. Anda akan mengetahui lebih dalam tentang pengertian Haid melalui halaman ini. Mari kita mulai.

Berbicara mengenai pengertian Haid, hal ini membutuhkan penjelasan dari berbagai tinjauan keilmuan tertentu. Diantara tinjauan yang dimaksudkan itu yakni:

  • Tinjauan Ilmu Lughawi
  • Tinjauan Ilmu Syariat
  • Tinjauan Ilmu Medis

Mari kita simak.

Pengertian Haid Tinjauan Lughlawi

Haid berasal dari “As-Sailaan” yang berarti aliran. Maknanya adalah ketika dikatakan darah Haid, sebab darah tersebut mengalir.

Pengertian Haid Tinjauan Syariat

Haid adalah darah yang keluar dari rahim wanita yang telah baligh (dewasa) selama beberapa hari tertentu. Hal ini terjadi bukan karena faktor penyakit tertentu, atau melahirkan. Warnanya kemerah-merahan gelap, bila disentuh seolah terbakar, dan aromanya tidak sedap.

Dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 222 juga menjelaskan sebagai berikut:

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Terjemah:
Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

Pengertian Haid Tinjauan Medis

Pengertian Haid dari sisi Medis bahwa Haid adalah sekresi rutin darah yang disertai lendir dan sel-sel usang yang keluar dari mucosa dan tersembunyi di dalam rahim.

Tinggalkan komentar