Daftar Isi

df_dasar_ptk

Bagian 1

Dasar-Dasar PTK

Bagian 2

Kapan menggunakan PTK

Bagian 3

Karakteristik PTK

Bagian 4

Langkah PTK

Bagian 5

Analisis Data PTK

Bagian 6

Mendengar Anda

Bagian 1
Dasar Penelitian Tindakan Kelas

Dasar-dasar Penelitian Tindakan kelas merupakan hal penting untuk diketahui, sebelum memulai itu.

Bagian ini, Saya akan memberitahukan kepada Anda tentang pengertian, tujuan, dan kegunaan Penelitian Tindakan Kelas.

(Termasuk pendapat para Ahli)

Mari kita mulai.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) merupakan sebuah penelitian yang dilakukan dengan penekanan ACTION dalam praktiknya.

ACTION dalam hal ini maksudnya adalah adanya tindakan dari peneliti itu sendiri.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Mengutip dari Kunandar ​(Kunandar, 2008: 63)​, yang mengungkapkan bahwa terdapat beberapa hal yang menjadi tujuan penelitian tindakan Kelas, antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas yang dipahami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar, meningkatkan profesinalisme guru, dan menumbuhkan budaya akademik dikalangan guru.
  2. Peningkatan kualitas praktik pembelajaran dikelas secara terus-menerus mengingat masyarakat berkembang secara cepat.
  3. Peningkatan relevansi pendidikan, hal ini mulai dicapai melalui peningkatan proses pembelajaran.
  4. Sebagai alat training in service, yang memperlengkapi guru dengan skill dan metode baru,mempertajamkekuatan analitisnya dan mempertinggi kesadaran dirinya.
  5. Sebagai alat untuk lebih inovatif terhadap pembelajaran.
  6. Peningkatan mutu hasilpendidikan melalui perbaikan praktik pembelajaran di kelas dengan mengembangkan berbagai jenis keterampilan dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
  7. Meningkatkan sifat profesional pendidik dan tenaga kependidikan.
  8. Menubuh kembangkan budaya akademik dilingkungan akademik.
  9. Peningkatan efisiensi pengelolaan pendidikan, peningkatan dan perbaikan prosespembelajaran disamping untuk meningkatkan relevansi dan mutu hasil pendidikan juga untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumber-sumber daya yang terintegrasi di dalamnya

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Daftar Pustaka

  1. Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT. Raja Grafindo Persada.

Tinggalkan komentar