peneltian_pendidikan_islam

Penelitian Pendidikan Islam: Konsep Penting Tahun 2021

Penelitian Pendidikan Islam semestinya senantiasa dilaksanakan dan diteruskan oleh berbagai pihak, baik individu maupun kelompok. Penelitian dalam lingkup Pendidikan Islam, memandang perlu pemahaman seputar beberapa hal, agar terhindar dari kekeliruan dalam pelaksanaan penelitian dalam aspek Pendidikan Islam.

Metode Penelitian Pendidikan Islam

Pemilihan metode penelitian dalam Pendidikan Islam, tidak jauh berbeda dengan bidang lainnya. Pendidikan Islam sesuai untuk digunakan dalam bentuk penelitian seperti:

Meski demikian, pemilihan metode penelitian semestinya menyesuaikan dengan objek penelitian yang akan dilaksanakan. Tanpa penyesuaian ini, penelitian tidak akan dapat terlaksana dengan baik. Alhasil, kesimpulan dari penelitian juga akan dipertanyakan.

metode_penelitian_pendidikan_islam

Baiknya memandang terlebih dahulu tentang Aspek-Aspek Pendidikan Islam, agar dapat menentukan dengan bijak terkait objek yang akan dikaji. Mari kita pahami sekilas tentang Aspek-Aspek Pendidikan Islam itu sendiri.

Aspek-Aspek Pendidikan Islam

Ada beberapa hal yang termasuk dalam Aspek Pendidikan Islam. Aspek yang dimaksudkan itu seperti pada gambar berikut ini.

aspek_penelitian_pendidikan_islam

Adapun hal itu sebagai berikut:

1. Sejarah atau Periode

Pendidikan Islam kerap memandang aspek sejarah atau periode tertentu. Dalam hal ini, lebih berfokus pada sejarah Pendidikan Islam itu sendiri.

Banyak hal lain yang termasuk dalam sejarah atau periode Pendidikan Islam itu sendiri. Seperti misalnya:

  • Periode pertumbuhan Pendidikan Islam
  • Periode kemajuan Pendidikan Islam
  • Periode kemunduran Pendidikan Islam
  • Periode pembaruan Pendidikan Islam
  • Periode kebangkitan Pendidikan Islam

Segala hal ini, merupakan bagian dari periode Sejarah Pendidikan Islam. Hal ini dapat dikembangkan oleh orang atau kelompok orang untuk dilakukan berbagai hal disana seperti penjelasan, penelitian, atau hal lain yang mengandung nilai positif darinya.

2. Materi Ajar

Pendidikan Islam merupakan sebuah bidang studi yang berdiri sendiri. Itu artinya, ini memberikan banyak materi ajar, dilengkapi dengan silabus yang lengkap.

Pada dasarnya, Pendidikan Islam itu sendiri terbagi menjadi dua bidang materi, yakni:

  • Berkenaan dengan masalah duniawi
  • Berkenaan dengan masalah rohani/ religi.

Kedua bagian di atas, merupakan pembahasan yang umum ditemui dalam Pendidikan Islam. Tentunya, segala hal pembahasan harus disesuaikan dengan sumber rujukan Agama Islam.

Dalam hal ini, masing-masing individu maupun kelompok juga dapat mengembangkannya, seperti melakukan penelitian pada bagian tertentu, atau hal lain yang mengandung nilai berarti.

3. Kelembagaan

Pendidikan Islam memiliki kelembagaan. Dalam hal ini, ada beberapa bagian yang termasuk sebagai kelembagaan Pendidikan Islam seperti:

  • Keluarga
  • Masjid atau Musholla
  • Sekolah atau Madrasah
  • Pondok Pesantren

Maka dalam hal ini, dapat dilakukan sesuatu yang lebih bernilai di masa mendatang dengan menerapan penelitian berkelanjutan baginya, demi perbaikan di masa mendatang.

4. Sistem

Salah satu aspek pendidikan Islam adalah persoalan sistem pelaksanaannya. Sistem ini, akan berkaitan dengan berbagai hal seperti kurikulum, evaluasi, metode, dan lain sebagainya yang dimaksud dengan komponen pendidikan.

5. Filsafat

Pendidikan Islam juga menggunakan aspek filsafat. Hal ini juga termasuk dalam bagian kurikulum, strategi, evaluasi, dan lain sebagainya.

Objek Penelitian Pendidikan Islam

Terdapat beberapa objek Penelitian Pendidikan Islam, antara lain sebagai berikut:

1. Raw Input

Kemampuan yang mempengaruhi belajar dari peserta didik, mahasiswa, dan kelompok belajar lainnya. Hal ini umumnya bercerita tentang motivasi belajar, kebiasaan belajar, dan lain sebagainya.

2. Instrumental Input

Hal ini merupakan faktor dari Guru, Kurikulum yang diterapkan, atau pada sumber belajar.

3. Environmental Input

Hal ini diarahkan kepada pembahasan faktor eksternal, seperti faktor lingkungan, keadaan kelas semasa belajar, fasilitas atau prasarana lainnya yang mempengaruhi proses belajar mengajar.

4. Proses

Proses akan berbicara mengenai interaksi, yakni interaksi antara Guru dan Peserta Didiknya. Oleh sebab itu, hal ini akan menerangkan tentang metode pembelajaran yang digunakan, strategi pembelajaran yang digunakan saat mengajar, atau hal lainnya yang terkandung dalam proses pembelajaran.

5. Output

Output merupakan hasil akhir atau sesuatu wujud dari belajar itu sendiri. Oleh sebab itu, hal ini akan mengacu pada persoalan penilaian, kualitas sikap, keterampilan, dan lain sebagainya yang merupakan hasil dari belajar.

Menerapkan Penelitian Pendidikan Islam

Bagaimana menurut Anda, tentang metode yang akan digunakan untuk melakukan penelitian pendidikan Islam? Mendengar penjelasan di atas, tentu sudah sedikit tergambar tentang apa dan bagaimana Anda melakukan penelitian di lokasi penelitian.

Berkaitan dengan hal ini, semestinya Anda mengetahui tentang menemukan masalah dalam penelitian. Ini akan membantu membuat skema terbaik untuk penelitian pendidikan Islam Anda.

Terlebih lagi, kita sudah mempelajari tentang Peta Penelitian Tindakan Kelas, yang tentunya dapat digunakan sebagai rujukan dalam merancang penelitian. Kirimi kami komentar, dan tanyakan sesuatu.

Tinggalkan komentar