Pendidikan Non Formal

Pendidikan Non Formal: Pengertian, Kurikulum, dan Contoh Terbaru 2021

Sudah sering mendengara istilah pendidikan Non Formal? Ini sering dikaitkan dengan pendidikan lainnya seperti pendidikan formal, atau pendidikan informal. Ketiga jenis pendidikan ini sering sekali diucapkan, meski sebagian orang masih belum mengetahui makna dari masing-masing jenis pendidikan ini. Mari kita ulas lebih dalam.

Pengertian Pendidikan Non Formal

Wikipedia menjelaskan bahwa Pendidikan Non Formal adalah pendidikan di luar pendidikan formal, yang dilangsungkan secara berjenjang dan bertahap. Lebih lanjut dikatakan bahwa hasil dari pendidikan Non Formal ini dapat disejajarkan dengan pendidikan Formal. Namun, perlu penyetaraan dari pemerintah terlebih dahulu dari lembaga yang menjalankan pendidikan Non Formal ini.

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal juga menjelaskan bahwa:

Pendidikan Non Formal adalah program pembelajaran yang terselenggara secara terancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada diri peserta didik.

BANPAUDPNF1

Terancang yang disebutkan di atas, memberi makna bahwa pendidikan Non Formal yang diselenggarakan itu mengacu pada standar nasional dengan memenuhi kriteria 8 standar pendidikan nasional.

Beberapa Pertanyaan Tentang Pendidikan Non-Formal

Berikut ini adalah pertanyaan umum tentang Pendidikan Non-Formal.

Apa contoh pendidikan Non-Formal?

Ada banyak sekali yang dapat dijalkan contoh pendidikan non-formal. Diantaranya seperti: (1) Madrasah Diniyah (MDTA); (2) Kelompok Belajar (KB); (3) Pondok Tahfidz (sebagian); dan lain sebagainya.

Referensi

1. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/08.%20Konsep%20Dasar%20PNF%20(PKBM%20dan%20LKP)_1557310762.pdf

Tinggalkan komentar