Gambar tentang pelatihan SISTER dan LITAPDIMAS

Mengikuti Pelatihan SISTER dan LITAPDIMAS di UISU Pematangsiantar

Bersyukur kepada Allah, karena pada hari ini, Saya mengikuti pelatihan SISTER dan LITAPDIMAS yang dilaksanakan oleh STAI UISU Pematangsiantar.

Jadi, halaman ini akan menceritakan tentang apa kegiatan itu, dan beragam manfaat yang Saya dapatkan. Mari ikuti lebih lanjut.

Tentang Pelatihan SISTER dan LITAPDIMAS

Tidak berbeda jauh dengan pelatihan pada umumnya, dalam kegiatan yang akan Saya terangkan ini merupakan kegiatan sosialisasi atau pelatihan tentang SISTER (Sistem Informasi dan Sumber Daya Terintegrasi) dan LITAPDIMAS (Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat).

Gambar tentang Sosialisasi SISTER dan LITAPDIMAS UISU Pematangsiantar
Gambar tentang Sosialisasi SISTER dan LITAPDIMAS UISU Pematangsiantar

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan dari kedua istilah ini.

1. Apa Itu SISTER

SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi, yang mana SISTER ini adalah program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang biasa kita kenal dengan Kemenristekdikti yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Aplikasi SISTER ini, nantinya akan digunakan menjadi sumber sistem yang berisi portofolio para tenaga pendidik di Indonesia (Website Biro SDM Marcubuana, ​Internet​, 2019).

Jadi, SISTER akan menghadapkan pengguna untuk beragam identitas untuk dikirimkan dalam pendataan. Dosen dapat menggunakan ini, sebagai tempat dimana profil mereka terlihat.

2. Apa Itu LITAPDIMAS

LITAPDIMAS adalah sebuah platform berupa pelayanan terhadap penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat. LITAPDIMAS sendiri merupakan program dalam naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Para peneliti, menggunakan LITAPDIMAS untuk mendapatkan beragam manfaat terhadap penelitian yang dilakukannya, seperti bantuan terhadap penelitian yang dilaksanakan. Hal ini diterangkan dalam terbitan laman di kemenag.go.id, yakni:

Civitas Akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang ingin mengajukan bantuan bisa mendaftar melalui aplikasi yang diakses melalui https://litapdimas.kemenag.go.id.(Moh Khoeron, ​Internet​, 2021).

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pemahaman seputar SISTER dan LITAPDIMAS merupakan sebuah hal yang penting bagi Dosen.

Beragam Manfaat Yang Didapatkan

Selama mengikuti kegiatan ini, Saya mendapatkan banyak hal baru. Beberapa diantaranya, akan diuraikan dalam bagian berikut ini.

1. Pemahaman Seputar SISTER dan LITAPDIMAS

Disini, Kami dibekali dengan beragam pengetahuan dengan menghadirkan seorang pemateri yang menjelaskan seputar SISTER dan LITAPDIMAS.

Gambar tentang Pelatihan SISTER LITAPDIMAS UISU Pematangsiantar
Gambar tentang Pelatihan SISTER LITAPDIMAS UISU Pematangsiantar

Keberadaannya memberikan pengetahuan baru dan tentunya itu merupakan sesuatu yang penting bagi Kami, dalam melaksanakan tugas keprofesian sebagai Dosen.

2. Pembuatan Akun Dosen di SISTER dan LITAPDIMAS

Pada sela-sela sajian materi yang ada, kami juga diminta membuat sebuah akun yang berisikan identitas diri masing-masing. Jadi, kami tidak perlu membuatnya secara mandiri, karena disini kami dipandu oleh pemateri itu.

Gambar tentang mengikuti Pelatihan SISTER dan LITAPDIMAS UISU Pematangsiantar
Gambar tentang mengikuti Pelatihan SISTER dan LITAPDIMAS UISU Pematangsiantar

Memiliki Akun SISTER dan LITAPDIMAS adalah sesuatu yang perlu bagi seorang Dosen. Itu karena Akun ini, akan terus digunakan untuk melengkapi beragam kebutuhan aktivitas yang dilaksanakan dalam menjalankan tugas keprofesian.

Daftar Bacaan

  1. Website Biro SDM Marcubuana. Panduan SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi). URL: https://sdm.mercubuana.ac.id/panduan-sister/. Diakses pada 17 November 2021.
  2. Moh Khoeron. Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Litapdimas 2022. URL: https://kemenag.go.id/read/kemenag-buka-pendaftaran-bantuan-litapdimas-2022-bgeyo. Diakses pada 17 November 2021.

Tinggalkan komentar