Nomor Registrasi Kepala Sekolah Reza Lubis

Nomor Registrasi Kepala Sekolah: Bagaimana Mendapatkannya?

Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) merupakan bagian penting untuk seorang Kepala Sekolah. Nomor ini merupakan pendataan yang dilakukan secara Nasional, yang dikhususkan bagi Kepala Sekolah. Tidak semua bisa mendapatkannya dalam waktu yang singkat. Disini, saya akan memberitahukan bagaimana itu bisa saya dapatkan. Mari ikuti lebih dalam.

Apa Itu Nomor Registrasi Kepala Sekolah

Nomor Registrasi Kepala Sekolah adalah nomor unik yang diberikan kepada seorang Kepala Sekolah, setelah ia mengikuti kegiatan pengembangan seperti Diklat Kepala Sekolah.

Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) merupakan pengganti dari Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Ini dikutip berdasarkan referensi dari lampung.kemdikbud.go.id. Seorang Kepala Sekolah yang telah memiliki NRKS merupakan identitas Kepala Sekolah yang telah diakui dalam skala Nasional.

Dalam bagian lainnya, NRKS juga memastikan bahwa orang yang memilikinya dinilai memiliki kompetensi untuk memangku jabatan sebagai seorang Kepala Sekolah. Oleh karena itu, NRKS adalah bagian penting yang diperlukan bagi Kepala Sekolah untuk kelanjutan karirnya menempati posisi tersebut.

Cara Mencari Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS)

Pertanyaan selanjutnya adalah tentang bagaimana cara mencari NRKS Kepala Sekolah. Ada baiknya, setiap Kepala Sekolah mencari NRKS mereka. Ikuti tahapan berikut ini untuk menemukan Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS).

1. Kunjungi Situs STTPP

Silahkan masuk ke situs STTPP dengan tautan berikut ini: http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp/. Untuk tampilannya, akan terlihat seperti berikut ini:

Tampilan Situs STTPP Kemdikbud

2. Masuk ke Kolom Pencarian

Silahkan klik menu pencarian. Atau, dapat melakukan “SCROOL” ke bawah, untuk melihat kolom pencarian, dimana Anda dapat mencari Nomor Registrasi Kepala Sekolah.

Fitur Pencarian STTPP Kemdikbud

3. Input Pencarian

Dalam kolom pencarian, Anda dapat menuliskan nomor Registrasi yang didapatkan. Selain itu, Kepala Sekolah juga dapat mengisikannya dengan nama lengkap.

pencarian_nomor_registrasi_kepala_sekolah_sttpp

4. Temukan Hasil Pencarian

Setelah menuliskan pencarian, dan menemukan data, akan terlihat pada tampilan berikut ini:

Hasil PencarianNomor Registrasi Kepala Sekolah NRKS STTPP

Disini, akan diperlihatkan identitas Kepala Sekolah. Pada kolom “DETAIL” (), juga akan memperlihatkan detail informasi tentang Kepala Sekolah, yang akan memperlihatkan seperti NRKS, NUPTK, Nama, termasuk tentang data diklat yang telah diikuti.

Detail Tampilan Pencarian STTPP NRKS

Ini akan memperlihatkan identitas lebih detail, seperti NUPTK, NRKS, Jenis Diklat, Waktu Diklat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, informasi ini dinilai cukup penting bagi Kepala Sekolah.

Cara Mendapatkan Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS)

Sekarang saatnya, kita mengetahui tentang bagaimana cara mendapatkan Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) yang dimaksudkan pada pembahasan ini. Mari ikuti penjelasan dari pengalaman yang saya lewati.

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah, yang diadakan oleh LP3KS, sejak bulan Juni 2021 hingga akhir Juli 2021. Sebulan penuh kegiatan ini dilaksanakan, dan saya mengikuti dalam Moda Daring.

Berbagai aktivitas dilewati setiap harinya. Hal itu tidak terlepas dari Tugas Diklat. Pada akhirnya akan diadakan evaluasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan, dan hasilnya terlihat pada akhir kegiatan.

Alhamdulillah, tertanggal 13 Agustus 2021, saya menerima hasil dengan predikat “Sangat Memuaskan“, dan berhak mendapatkan Sertifikat Diklat. Dalam lembaran Sertifikat itu, saya menemukan identitas berupa “Nomor Registrasi“.

Semulanya, saya tidak memahami akan bagian ini. Namun setelah saya melakukan Check di NRKS, ternyata nomor registrasi yang tertera dalam sertifikat itu, merupakan Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) yang dimaksud.

Oleh karena itu, berdasarkan keadaan dan pengalaman yang saya lewati, maka cara mendapatkan Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) adalah dengan cara mengikuti kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah.

Beberapa Pertanyaan

Berikut ini beberapa pertanyaan terkait tentang pembahasan ini.

Apa itu nomor registrasi kepala sekolah?

Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) adalah nomor unik yang diberikan kepada Kepala Sekolah setelah ia mengikuti kegiatan pengembangan seperti Diklat Penguatan Kepala Sekolah.

Apa kegunaan nomor registrasi kepala sekolah?

Kegunaan NRKS adalah sebagai bukti resmi bagi seseorang untuk menjabat sebagai Kepala Sekolah, sekaligus menjadi catatan resmi keberadaan mereka dalam pendidikan Nasional.

Tinggalkan komentar