model-desain-pembelajaran-addie

Model Desain Pembelajaran ADDIE

Kajian seputar model desain pembelajaran, membutuhkan beberapa pemahaman. Salah satu diantaranya yaitu tentang model desain pembelajaran ADDIE.

Halaman ini, akan membelajarkan kita tentang apa itu model desain pembelajaran ADDIE. Mari ikuti lebih dalam.

Pengertian Model Desain Pembelajaran ADDIE

Model desain pembelajaran ADDIE merupakan singkatan dari Analysis, Develop, Implement, dan Evaluate. Model ini, mulai muncul pada tahun 1990-an yang dikembangkan oleh Reise dan Mollenda. Model pembelajaran ini, lebih dikenal sebagai model pembelajaran yang sifatnya generik.

Salah satu fungsi dari model ini adalah yaitu sebagai pedoman dalam mengembangkan program pelatihan yang efektif, dinamis, dan mendukung kinerja sebuah pelatihan.

Tahapan Model Desain Pembelajaran ADDIE

Secara umum, model ini terbagi menjadi 5 tahapan, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Adapun tahapan tersebut, akan lebih diperjelas dengan gambar berikut ini.

tahapan_model_desain_pembelajaran_addie

Berikut ini, penjelasan dari masing-masing tahapan tersebut.

1. Analisis

Tahapan ini adalah tahapan yang pertama, dalam desain perencanaan pembelajaran model ADDIE. Tahapan ini membutuhkan analisis terhadap kebutuhan (Needs Assessment) bagi para peserta belajar (peserta didik).

Oleh karena itu, dalam tahapan ini biasanya mencari informasi berupa analisis kebutuhan, mengidentifikasi masalah (terkait kebutuhan), hingga pada melakukan analisis tugas (Task analysis).

Pada akhirnya, dalam tahapan ini akan menghasilkan output berupa profil peserta, identifikasi kesenjangan yang ditemukan, kebutuhan, dan analisis tugas yang didasarkan pada kebutuhan.

2. Desain

Tahapan ini dikenal dengan istilah BluePrint. Maksudnya adalah desain yang telah direncanakan, dan umumnya dituangkan dalam bentuk teks sebagai panduan.

Dalam tahapan ini, yang perlu dilakukan adalah menyusun rancangan pembelajaran yang SMAR (Spesifik, measurable, applicable, dan realistic) sebagai langkah awal. Lalu kemudian untuk selanjutnya, menyusun tes.

Pada tahapan ini, juga diperlukan pertimbangan mengenai sumber belajar yang relevan, lingkungan belajar yang tepat, dan lain sebagainya.

Tinggalkan komentar