Membuat Blog Pribadi Reza Lubis

2 Pilihan Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di 2021

Bila Anda berencana untuk membuat blog pribadi, maka Anda berada di tempat yang benar. Beragam informasi akan diuraikan secara jelas disini, seputar Blog pribadi yang tentunya gratis untuk dibuat.

Membuat blog pribadi, bukanlah sesuatu yang sulit. Beberapa hal yang akan diuraikan disini seperti berbagai manfaat blog pribadi, cara membuat blog pribadi yang gratis, dan masih banyak lagi. Mari kita mulai.

Berbagai Manfaat Membuat Blog Pribadi

Sekarang saatnya, saya ingin memberitahukan kepada Anda tentang beberapa manfaat yang ada, saat membuat blog untuk pribadi Anda sendiri.

Seperti yang kita ketahui, teknologi semakin berkembang disetiap harinya. Oleh karenanya, perkembangan itu semestinya tidak diabaikan. Beberapa hal yang dinilai berpengaruh, semestinya diikuti.

Blog adalah salah satu bagian yang mungkin tidak terpisahkan dalam lingkungan digital/ modern. Oleh karenanya, hidup di zaman ini semestinya kita mengetahui seputar ini. Mari kita bahas tentang berbagai manfaat membuat blog pribadi.

1. Branding Personal

Manfaat yang pertama, adalah tentang Branding Personal. Istilah ini bukanlah istilah yang baru. Melainkan sudah cukup banyak ulasan tentang ini. Secara umum, memang tidak semua orang menganggap ini penting. Tetapi pada dasarnya, setiap orang perlu untuk menjaga kehormatan diri mereka, yang pada dasarnya merupakan Branding Personal.

Memperkenalkan diri terhadap orang lain, atau justru memamerkan sesuatu (keahlian) tertentu kepada khalayak ramai adalah sebuah prilaku Branding, dimana maksud dan tujuannya adalah pengenalan tentang diri sendiri.

Branding personal adalah bagian yang dinilai penting sebagai upaya menciptakan popularitas Anda dalam aspek digital. Oleh karenanya, membuat blog atau memiliki blog dapat menjadi salah satu cara untuk ini. Buatlah sebuah blog dengan citra diri Anda sendiri, agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas di dunia melalui koneksi internet mereka.

2. Media Penyampaian Opini, Materi, Atau Keseharian

Banyak Blog pribadi yang terlihat dalam hasil pencarian, berbentuk sebuah kisah yang mereka alami sendiri. Inilah manfaat lain dari membuat blog pribadi. Setiap orang tentunya memiliki pengalaman yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, tidak semua dari mereka menuliskannya, sehingga memberi manfaat terhadap orang lain.

Seperti dari sebuah pikiran (opini) misalnya. Terlihat banyak sekali halaman artikel yang ditemukan di Google, meski mereka menuliskan sebatas opini semata tentang topik tertentu. Dengan itu, tentu saja terdapat nilai disana, positif maupun negatif, bergantung pada jenis terbitannya.

Atau mungkin bila Anda seorang guru, dan sedang menjalankan tugas sebagai pengampu materi pelajaran. Melalui Blog, dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam penyampaian materi, terlebih lagi saat ini sedang dalam keadaan Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING).

Hanya melalui koneksi internet, peserta didik dapat mengakses mata pelajaran tertentu yang tertinggal, atau yang kurang paham dikarenakan gaya belajar yang mungkin berbeda. Melalui media Blog, peserta didik dapat mengakses kembali materi pelajaran yang telah tertinggal itu, melalui Blog gurunya.

2 Pilihan Cara Membuat Blog Pribadi

Bagian inti dalam bahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara membuat Blog pribadi dan itu Gratis. Dalam hal ini, terdapat 2 cara yang dapat Anda lakukan, yakni dengan gratis, maupun berbayar. Terlepas dari hal itu, dikembalikan kepada Anda, tentang bagaimana kesiapan Anda dalam mengelola Blog di masa mendatang.

Hal yang paling sering terjadi adalah penyempitan makna, atau memiliki dasar informasi yang belum tentu valid tentang membuat Blog. Kebanyakan orang menganggap bahwa membuat Blog pribadi adalah sesuatu yang sulit dan memakan waktu (padahal tidak demikian). Semuanya bergantung pada bagaimana Anda menyesuaikan keuangan yang ada, atau justru menentukan untuk menggunakan Blog versi gratis.

1. Membuat Blog Pribadi di Blogspot

Ini adalah membuat blog pribadi gratis yang dapat Anda ikuti. Seperti istilah pada umumnya, Blogspot merupakan web 2.0 yang merupakan platform blogging yang dapat digunakan banyak orang.

Dalam istilah ini, diartikan sebagai sebuah website yang dibangun dan dibentuk dari penyedia layanan, dan penggunanya dapat membuat blog dengan ekstenti subdomain dari penyedia. Itu menjadi alasan mengapa setiap pengguna Blogspot memiliki URL blog seperti ini: namablog.blogspot.com

Adapun langkah-langkah membuat blog pribadi sebagai berikut ini:

Waktu 30 menit

Masuk ke Blogspot

Sekarang, Anda harus masuk ke Blogger.com (sebagai pengganti blogspot.com). Bukalah halaman disana, yang akan menampilkan halaman depan seperti gambar di atas (bentuk terakhir pada tahun 2021).

Masuk Menggunakan Akun Gmail

Pilih bagian pojok kanan (dengan teks “MASUK”), untuk memulai membuat blog pribadi di Blogspot. Proses masuk membutuhkan sebuah akun Gmail. Bila Anda belum memilikinya, maka membuat akun Gmail adalah solusi satu-satunya untuk ini.

Mulai Membuat Blog

Setelah berhasil masuk di Blogger, Anda akan mendapatkan tampilan layar yang dapat memandu Anda dengan mudah untuk menciptakan sebuah Blog. Ikuti itu dan hasilkan sebuah Blog yang menarik. Bila Anda membutuhkan panduan tambahan tentang ini, kunjungilah artikel membuat blog di Blogger yang telah saya terbitkan juga.

Tools:

  • Blogspot/ Blogger

2. Membuat Blog Pribadi di WordPress (.ORG)

Membuat blog pribadi juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan CMS yang terkemuka, yakni WordPress. Banyak perusahaan ternama yang menggunakan CMS WordPress sebagai platform media Blog mereka.

Perlu di catat:
WordPress memiliki 2 (dua) opsi, dimana Anda dapat menggunakan layanan gratis (seperti blogspot), dan tersedia juga layanan berbayar (Hosting/ Hosted). Saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan layanan berbayar. Untuk panduan yang gratis, Anda dapat mengunjungi halaman tentang membuat blog gratis di WordPress.

Fokus pada bahasan ini adalah membuat blog Pribadi di WordPress.org, dimana maksudnya adalah membuat Blog dengan versi berbayar (sewa hosting).

Tinggalkan komentar