kompres_gambar

Kompres Gambar Untuk Web: Penting Untuk Blog 2021

Ukuran file gambar, umumnya lebih besar (terlebih lagi itu gambar dengan banyak variasi). Jadi, kompres gambar adalah salah satu upaya untuk mengurangi ukuran file tersebut.

Tapi faktanya, kompres gambar membuat gambar itu sendiri menjadi lebih berkurang kualitasnya. Itu karena ukurangnya yang lebih mengecil, dengan mengurangi kualitas gambar.

Disini, Saya akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana melakukan kompres gambar, namun tetap menjaga kualitas gambar itu sendiri.

Beberapa hal yang akan Anda pelajari disini seperti:

Jadi, mari kita mulai.

Dasar-Dasar Kompres Gambar

Panduan ini, memberikan penjelasan tentang kompres gambar, yang maksudnya adalah mengurangi ukuran File gambar yang ada. Jika Anda membutuhkannya, mulailah dari sini untuk penjelasan singkat tentang kompres gambar yang dimaksud.

Kompres adalah pengurangan ukuran yang tentunya secara langsung akan mengurangi kualitas dari sisi visual gambar yang dimaksud. Banyak atau sedikit dari pengurangan itu, bergantung pada sejauh mana kompresi itu dilakukan, dan juga berkaitan dengan kebutuhannya sendiri.

Melakukan kompres gambar, tentu mengurangi visualitas gambar tersebut. Gambar yang buram, justru membutuhkan file data yang lebih ringan. Sebaliknya, gambar dengan kualitas yang lebih tinggi, membutuhkan ukuran file yang lebih besar. Segalanya bergantung dengan kebutuhan, dan kelayakan dari gambar yang dimaksudkan itu.

Dalam panduan ini, akan menjelaskan tentang kompresi gambar dengan berbagai layanan (Tools) yang ada. Disamping itu, Saya juga menyediakan panduan spesifik untuk kompres gambar dengan Photoshop secara manual, yang juga akan diberikan pengantar pada bagian berikutnya. Telusuri lebih jauh disini.

Kapan Membutuhkan Kompres Gambar

Ketika kita berbicara tentang publikasi gambar, maka disana Anda semestinya mengetahui tentang kompres gambar.

Pasalnya, gambar adalah media yang membutuhkan lebih banyak ukuran file (biasanya dalam bentuk Mega Byte, atau bahkan Giga Byte).

Gambar yang ditambahkan di Blog, tentu saja juga menambahkan ukuran gambar didalam blog itu sendiri. Alhasil, ukuran dari halaman blog yang berisi gambar juga umumnya lebih besar.

perbandingan_menerapkan_kompres_gambar
Perbandingan Kompres Gambar

Jadi, jika Anda memiliki gambar dengan ukuran yang lebih besar (bisa satuan, atau bahkan menampilkan gambar yang lebih banyak), tentu saja Anda membutuhkan kompres gambar disini.

Dengan menggunakan kompres Gambar, maka gambar yang akan ditampilkan akan berkurang ukuran filenya, sehingga dengan demikian dapat mengurangi ukuran file Blog yang ditampilkan itu.

Dengan kata lain, Anda sedang menjaga optimalisasi halaman Anda, agar menjaga kecepatan waktu muat dengan tetap menampilkan gambar yang ada.

Berbagai Layanan Kompres Gambar Online

Hal yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah dimana Kita akan melakukan kompres gambar yang ada.

Di luar sana, akan ada banyak sekali layanan yang ditawarkan untuk melakukan kompres gambar. Meski demikian, beberapa diantaranya menjadi rekomendasi dari Saya, atau yang sering Saya gunakan dalam setiap melakukan kompresi.

Beberapa layanan yang dimaksudkan itu seperti:

  • Tiny PNG
  • Image Compressor
  • ImageResizer

Ketiga bagian dari kompresi gambar di atas, merupakan layanan yang kerap sekali Saya gunakan. Terkadang, Saya menggunakan Tiny PNG, namun belakangan menggunakan layanan yang lainnya.

Tetapi, belakangan ini saya lebih sering menggunakan layanan OFFLINE dari Photoshop. Itu membuat saya menjadi lebih mudah, dan tidak membutuhkan koneksi internet disana.

Anda dapat mempelajari tentang Kompres Gambar Dengan Photoshop. Disana, Saya akan mengulas lebih banyak informasi tentang panduan spesifik.

Cara Kompres Gambar

Sebagai panduan spesifik, berikut ini akan Saya jelaskan tentang bagaimana Cara Kompres Gambar. Pada panduan ini, Saya akan menggunakan layanan seperti Tiny PNG, dan ini tidak berbeda jauh dengan layanan lainnya. Mari kita mulai.

1. Buka Situs

Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs terkait. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, mari kita buka situs Tiny PNG. Silahkan buka URL berikut: https://tinypng.com/

2. Upload Gambar

Disini, Anda dapat menenukan metode yang Anda sukai. Dapat digunakan dengan upload dari media Anda, atau bahkan melakukan Drag and Drop yang jauh lebih mudah.

kompres_gambar_tiny_png
kompres_gambar_tiny_png

Upload itu pada bagian yang ada, dan ikuti panduan selanjutnya.

Setelah Anda melakukan upload, maka layanan ini akan bekerja secara otomatis untuk mengurangi ukuran gambar (kompres). Dengan begitu, Anda akan melihat berapa banyak jumlah data yang dikompres dari gambar Anda.

Anda juga dapat melihat tentang berapa persen pengurangan yang dilakukan dari data asli Anda. Ini menjadi acuan Anda, untuk menentukan langkah selanjutnya.

3. Download Gambar

Setelah kompresi selesai dilakukan, maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mendownload Gambar yang ada.

Bagian ini menjadi sangat mudah, ketika Anda hanya memiliki satu buah gambar dalam aktivitas kompres Anda. Yang perlu dilakukan hanyalah menekan tombol Download pada barisan gambar yang ingin diunduh.

Berbeda ketika Anda melakukan upload lebih banyak gambar (kelompok gambar). Itu akan memperlihatkan masing-masing gambar. Anda dapat download satu per satu, atau bahkan download sekaligus.

download_all_kompres_gambar_tiny_png
Download All Kompres Gambar Tiny PNG

Tentunya, desain yang sederhana membuat Anda tidak akan kebingungan menggunakan layanan ini.

Kesimpulan

Melakukan Kompres Gambar adalah hal yang perlu Anda ketahui, bila Anda ingin menampilkan gambar di halaman Blog. Bila melakukan pekerjaan ini di awal menerbitkan Blog Anda, maka itu sebuah keuntungan.

Meski demikian, bila Anda sebelumnya telah menggunakan gambar tanpa kompresi, Anda juga dapat menggunakannya secara manual, dengan mengganti gambar yang lebih ringan.

Tetapi, Anda juga memiliki opsi instan untuk menggunakan Plugin Optimasi Gambar di WordPress. Dengan kata lain, Plugin ini akan bekerja secara mandiri, tanpa perlu bantuan lebih besar dari Anda. Pelajari panduan Saya disana.

Bagaimana dengan yang Anda lakukan? Apakah Anda merasa halaman Anda berat dikarenakan gambar? Beritahu Saya dalam kolom komentar.

Tinggalkan komentar