Kompetensi Guru Reza Lubis

Kompetensi Guru: 4 Standar Penting Yang Harus Dimiliki

Setiap guru, semestinya memahami akan kompetensi guru yang telah diciptakan, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mereka. Guru, merupakan sosok inti dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, kompetensi mereka juga turut diperhatikan, agar dapat mencapai tujuan pendidikan Nasional secara umum.

Disini, akan diulas informasi mengenai kompetensi guru, yang membahas lebih dalam dimulai dari konsep dasar. Mari kita bahas lebih dalam.

Pengertian Kompetensi Guru

Banyak ahli yang telah mengungkapkan tentang pengertian kompetensi guru ini. Secara umum, memaknai istilah yang ada padanya, bukanlah sesuatu yang sulit.

Dalam kbbi online, kompetensi guru adalah kewenangan atau kekuasaan untuk memutuskan sesuatu. Dalam arti lain, bahwa kompetensi adalah kemampuan seseorang, dalam menerapkan sesuatu berdasarkan takaran (ukuran) tertentu.

Hal ini juga diperkuat dengan makna yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, yang mengatakan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, atau kemampuan yang harus dimiliki atau dikuasai seorang guru atau dosen dalam menjalankan tugas keprofesionalannya.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru semestinya memiliki kualifikasi akademi, kompetensi, sertifikat pendidik, dan lain sebagainya. Disana juga dijelaskan bahwa kompetensi guru adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Dari penjelasan ini, sangat terlihat jelas bahwa kompetensi guru adalah seperangkat kemampuan atau pengetahuan yang semestinya dimiliki oleh seorang guru, dalam menjalankan tugasnya.

4 Kompetensi Guru

Ada setidaknya 4 (empat) kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, diantaranya yaitu:

  • Kompetensi Pedagogik
  • Kompetensi Kepribadian
  • Kompetensi Sosial
  • Kompetensi Profesional

Adapun lebih jelasnya, akan diuraikan pada bagian berikut ini.

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan dalam mengolah atau menguasai kegiatan belajar mengajar, serta menguasai teori-teori dan prinsip-prinsip belajar mengajar. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi unik yang hanya terlihat pada diri seorang guru. Ini juga sekaligus menjadi pembeda antara profesi guru dengan profesi jenis lainnya.

2. Kompetensi Kepribadian

Kepribadian adalah sikap hakiki dari seseorang yang terlihat dari perilakunya sebagai pembeda antara dirinya dengan orang lain. Hal ini merupakan bagian yang penting untuk diterapkan dan diikuti oleh setiap guru. Kompetensi kepribadian, akan menguraikan lebih detail tentang bagaimana selayaknya seorang guru dalam bertingkah laku baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

3. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial adalah seperangkat kemampuan oleh seorang guru atau dosen dalam berlaku sosial terkait kemasyarakatan dilingkungan sekolah, maupun dilingkungan tempat tinggalnya.

Kompetensi sosial, akan mendidik dan membelajarkan guru tentang bagaimana kadar bagi seorang guru untuk bertingkat laku sosial kemasyarakatan.

4. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional adalah seperangkat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam menjalankan tugas keprofesiannya. Hal ini umumnya lebih diarahkan pada praktik di lapangan. Salah satu bagian yang paling umum adalah tentang tugas-tugas yang bersifat administrasi seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, atau yang lainnya.

Profesional lebih mengarah pada keprofesian tertentu (dalam hal ini profesi guru). Oleh karenanya, pengoptimalan profesional dalam bidangnya (guru) menjadi catatan penting disini. Guru yang mengerti dan menjalankan tugasnya sebagai seorang guru dengan baik, maka pada akhirnya dapat dikatakan sebagai guru yang profesional, atau kompetensi profesionalnya telah dicapai.

Fungsi Kompetensi Guru

Terlepas dari penjelasan yang cukup panjang di atas, apa saja yang menjadi fungsi kompetensi guru ini, sehingga ia begitu kuat untuk dimengerti oleh seorang guru?

Secara umum, fungsi kompetensi guru ini adalah sebagai upaya menciptakan atau meningkatkan mutu pendidikan dalam skala Nasional. Dilahirkannya berbagai rincian tentang kompetensi guru, semestinya dapat dijadikan sebagai pedoman atau acuan bagi seorang guru dalam menjalankan tugasnya.

Meski demikian, keadaan ini tidak menutup kemungkinan untuk terciptanya kompetensi tambahan bagi daerah tertentu, atau jenis lembaga tertentu. Tetapi pada kebanyakan tempat, kompetensi ini merupakan standar, yang diartikan sebagai syarat mutlak sebagai dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Dalam kajian lanjutan, segala macam pemahaman terkait kompetensi guru ini, akan dilakukan evaluasi padanya, yang biasanya diberi istilah dengan “Uji Kompetensi Guru”. Hasil evaluasi ini nantinya akan menggambarkan kemampuan guru dalam menerapkan kompetensi yang diberikan kepadanya (profesinya).

Secara khusus, fungsi kompetensi guru adalah untuk mencapai tujuan pembelajaran di kelas. Penguasaan kompetensi guru, terlebih lagi kompetensi pedagogik menjadi bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Tanpa pemahaman akan berbagai kompetensi ini, seorang guru dinilai tidak akan dapat menjalankan tugasnya secara profesional, dan secara tidak langsung pula akan menghambat tercapainya tujuan pembelajaran.

Berbagai kompetensi yang ada, tidak hanya terbatas pada persoalan kemampuan pemahaman konsep belaka. Melainkan hal ini juga mengulas lebih detail, bahkan pada pribadi seorang guru. Itu karena guru tidak hanya seorang pengajar, melainkan juga pendidik. Dari sinilah nantinya akan terlihat jelas tentang perbedaan guru sebagai pendidik dan pengajar.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Berikut ini saya rangkum dari beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kompetensi guru.

Apa saja 4 jenis kompetensi guru

Setidaknya, ada 4 jenis kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Apa yang dimaksud dengan kompetensi guru

Kompetensi guru adalah seperangkat pengetahuan atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menjalankan tugas keprofesionalannya.

Tinggalkan komentar