Pendidikan Islam

Kiamat Sugra: Pengertian, Tanda-Tanda, dan Dalil

Setiap umat muslim, semestinya meyakini tentang hadirnya hari kiamat, diantaranya yakni kiamat Sugra. Lantas, apa yang dimaksud dengan kiamat sugra itu?

Disini, akan diulas lebih dalam tentang itu. Beberapa hal yang perlu diketahui disini seperti:

  • Pengertian kiamat sugra
  • Tanda-tanda Kiamat Sugra
  • Dalil tentang Kiamat Sugra
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai penjelasan ini.

Pengertian Kiamat Sugra

Kiamat sugra, disebut juga sebagai kiamat kecil. Artinya, berakhirnya hidup seseorang atau kelompok tertentu. Adapun contoh dari kiamat sugra, seperti kematian seseorang, kecelakaan, musibah, banjir, tsunami, gempa bumi, tanah longsor, dan lain sebagainya.

Ini kebalikan dari kiamat kubra, yang dapat diartikan sebagai kiamat besar. Kiamat Sugra, sifatnya lebih kecil, dan terjadi pada orang atau kelompok tertentu. Allah telah menjelaskan dalam Alquran Surah Al-Hajj: 7 yang berbunyi:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Terjemah: Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.

Ayat di atas menerangkan bahwa hari kiamat itu pasti akan datang. Tidak ada yang dapat lari daripadanya. Setiap manusia, akan melewati masa ini dan tidak ada yang tahu kapan itu akan terjadi. Dalam hal ini, umat Islam sudah sepantasnya untuk meyakini hal ini, yang merupakan bagian dari Rukun Iman.

Tanda-Tanda Kiamat Sugra

Ada beberapa kejadian yang tergolong sebagai tanda-tanda kiamat Sugra. Pada umumnya, manusia menganggap bahwa ini adalah hal yang biasa. Padahal, istilah kiamat yang disandingkan padanya, semestinya menjadi catatan tersendiri bagi Insan manusia, bahwasanya hal ini akan dirasakan oleh setiap orang yang bernyawa.

Adapun tanda-tanda kiamat Sugra yang dimaksudkan itu adalah sebagai berikut.

  • Kematian seseorang
  • Gempa Bumi
  • Hujan Badai
  • Longsor
  • Banjir
  • dan lain sebagainya

Masih banyak lagi kejadian yang tergolong sebagai kiamat Sugra. Ciri-ciri dari ini, adalah meninggalnya seseorang atau sekelompok orang dalam kejadian tertentu. Bila itu ditemukan, maka ia tergolong sebagai kiamat Sugra.

Dalil Tentang Kiamat Sugra

Ada banyak sekali Dalil yang menceritakan tentang Kiamat Sugra. Adapun salah satunya terletak pada surah Al-A’raf ayat 51-52 (Quran Kemenag, ​Internet​, 2021) yang berbunyi sebagai berikut:

الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَهْوًا وَّلَعِبًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۚ فَالْيَوْمَ نَنْسٰىهُمْ كَمَا نَسُوْا لِقَاۤءَ يَوْمِهِمْ هٰذَاۙ وَمَا كَانُوْا بِاٰيٰتِنَا يَجْحَدُوْنَ – ٥١ وَلَقَدْ جِئْنٰهُمْ بِكِتٰبٍ فَصَّلْنٰهُ عَلٰى عِلْمٍ هُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ – ٥٢

Terjemahan: (51) (yaitu) orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Maka pada hari ini (Kiamat), Kami melupakan mereka sebagaimana mereka dahulu melupakan pertemuan hari ini, dan karena mereka mengingkari ayat-ayat Kami.
(52) Sungguh, Kami telah mendatangkan Kitab (Al-Qur’an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman .

Daftar Pustaka

  1. Quran Kemenag. Surah Al-A’Raf: 51-52. URL: https://quran.kemenag.go.id/sura/7/51. Diakses pada 21 November 2021.

Tinggalkan komentar