Kegunaan Penelitian Kualitatif: Ketahui Bagian Penting Dari Penelitian Ini

Setelah mengetahui tentang penelitian kualitatif, maka sekarang kita akan mengulas lebih dalam tentang kegunaan penelitian kualitatif itu sendiri.

Untuk dapat menguraikan kegunaannya, maka semestinya kita mengetahui terlebih dahulu tentang tujuan penelitian kualitatif itu sendiri. Mari kita simak lebih dalam.

Tujuan Digunakan Penelitian Kualitatif

Untuk dapat menguraikan tentang kegunaan kualitatif, maka semestinya kita mengambil pandangan dari tujuan kualitatif itu sendiri. Adapun tujuan penelitian kualitatif yang dimaksudkan itu yakni:

  • Menjelaskan fenomena
  • Verifikasi teori

Berdasarkan dua tujuan utama dari penelitian kualitatif itu, maka tergambarlah bahwa kualitatif itu digunakan untuk menjelaskan fenomena yang ada. Maka tidak jarang, jenis penelitian ini disebut juga sebagai penelitian deskriptif.

Ketika Anda melihat lebih jauh tentang hasil penelitian yang menggunakan jenis penelitian kualitatif, maka disana mereka menggambarkan lebih banyak uraian atau deskriptif tentang apa yang terjadi di suatu lokasi penelitian.

Kegunaan Penelitian Kualitatif

Berkaca dari tujuan penelitian kualitatif, maka dapatlah dibuatkan dua kegunaan penelitian kualitatif itu sendiri, yakni:

1. Untuk Mendeskripsikan Fenomena

Pada dasarnya, setiap penelitian yang dilaksanakan berdasarkan masalah (kesenjangan) yang ada. Oleh karenanya, masalah-masalah tersebut diuraikan dalam bentuk deskriptif.

Penelitian kualitatif mengambil peran ini. Dalam perjalanannya, penelitian kualitatif akan menguraikan banyak hal yang ditemui dalam lokasi penelitian, yang tentunya berkaitan langsung dengan objek penelitiannya.

Penelitian kualitatif disebut juga sebagai penelitian deskriptif. Jadi, dalam penjabaran hasil penelitiannya, akan bercerita tentang apa yang terjadi dilapangan (lokasi penelitiannya).

Contoh: Fenomena kompetensi kepribadian Guru di sekolah A. Maka, peneliti menjabarkan lebih luas tentang apa yang terjadi pada Guru di sekolah A, yang terkait langsung dengan kompetensi kepribadian guru.

Dalam hal ini, peneliti merincikan tentang semua hasil pengambilan data yang ada, dengan melalui tahapan penelitian kualitatif, yakni:

  • Observasi
  • Wawancara
  • Studi dokumen
Terkait:  Cara Menentukan Niche Blog

Ketiga langkah tersebut, tentunya merupakan langkah yang harus dilewati oleh peneliti, dan dalam bentuk laporannya, menjabarkan semua yang ada.

2. Untuk Verifikasi Teori

Tidak asing lagi, bahwa penelitian semestinya membutuhkan pembaruan untuk memverifikasi teori yang sebelumnya ada. Maksudnya adalah bahwa teori-teori yang ada itu, apakah terlaksana langsung di suatu lokasi penelitian tertentu.

Ketika Saya mengetahui tentang sebuah teori bahwa “Guru harus berpenampilan rapi”, maka itu akan diverifikasi dengan melihat langsung di lokasi penelitian, dan menguraikan jawaban untuknya.

Jadi dalam kaitan penelitian kualitatif, maka Saya membutuhkan informasi dari berbagai sumber yang valid seperti teman sejawat guru, kepala sekolah, bahkan peserta didik, atau lainnya yang relevan.

Jadi, salah satu kegunaan penelitian kualitatif yakni untuk melakukan verifikasi teori.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas, maka dapatlah diambil kesimpulan bahwa kegunaan penelitian kualitatif terbagi menjadi dua, yakni:

  • Menjelaskan fenomena
  • Memverifikasi Teori

Kedua bagian ini, mengadopsi dari tujuan penelitian kualitatif itu sendiri, yang pada dasarnya tujuan dan kegunaan adalah bagian yang sejalur dan dapat dimaknai sebagai sesuatu yang utuh.

Penelitian kualitatif berguna untuk menjabarkan fenomena yang ada, dan melakukan verifikasi teori terhadapnya. Dengan mengetahui tentang kegunaan penelitian kualitatif ini, maka tentunya akan membantu untuk mengarahkan penelitian yang dilakukan agar dapat dimaknai oleh pembaca.

Gambar Email

Jangan Ketinggalan Pos Terbaru

Daftar sekarang dan dapatkan artikel pendidikan terbaru

Tinggalkan komentar