Cara Mendaftar NUPTK Guru: Dilengkapi Panduan Terbaru 2021

NUPTK adalah nomor unik yang tentunya sangat dibutuhkan bagi setiap Guru. Disini, Anda akan mengetahui tentang cara mendaftar NUPTK Guru, dan hanya melalui Online. Oleh karenanya, disini akan dibahas beberapa hal seperti:

  • Seputar NUPTK Guru
  • Persyaratan Pengajuan NUPTK Guru
  • Cara mendaftar NUPTK guru
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Seputar Tentang NUPTK Guru

NUPTK adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, yang digunakan sebagai identitas masing-masing guru dan tenaga kependidikan.

NUPTK berbentuk nomor-nomor unik yang tentunya berbeda bagi setiap guru. Oleh karena itu, identitas ini pasti tidak ada yang sama, antara yang satu dengan yang lainnya.

Untuk mendapatkan ini, semestinya guru telah mengabdi selama 4 tahun lamanya. Hal ini merupakan prasyarat yang harus dipenuhi oleh guru. Jadi, bila Anda belum mencapai itu, maka laksanakanlah tugas Anda sebagai guru, hingga waktu itu tiba.

Setiap guru berhak mendapatkan ini, dengan beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Sekarang, mari kita bahas tentang syarat pengajuan NUPTK Guru

Syarat Pengajuan NUPTK Guru

Tidak sembarangan, tentu saja dalam hal pengajuan pembuatan NUPTK Guru, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun persyaratan yang dimaksudkan itu antara lain sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah Sekolah Dasar (SD)
  • Ijazah SMP/ MTs
  • Ijazah SMA/ MA
  • Ijazah Strata 1 (S1)
  • SK GTT Pertama (bila ada)
  • SK GTY
  • SK PBM 3 Tahun terakhir.

Persyaratan di atas, merupakan hal yang mutlak untuk dipenuhi bagi setiap calon penerima NUPTK. Adapun berbagai persyaratan itu, akan diupload ke laman verval PTK.

Cara Mendaftar NUPTK Guru

Panduan ini, merupakan panduan yang diperuntukkan bagi Operator sekolah, dimana merekalah yang memiliki akses untuk mendaftarkan NUPTK guru. Untuk selengkapnya, mari ikuti panduan ini.

1. Masuk ke Verval PTK

Verval PTK adalah sebuah situs dimana diperuntukkan sebagai Verifikasi dan Validasi akun guru. Disinilah NUPTK itu dapat didaftarkan, melalui salah satu menu disana. Tautan ini, akan mengantarkan Anda pada halaman Login Verval PTK.

2. Pilih Menu Pengajuan NUPTK

Dalam halaman dasbhboard Admin, silahkan pilih menu “Pengajuan NUPTK”. Dari sana, akan tampil seperti gambar berikut ini.

3. Upload Berkas

Untuk dapat mengajukan NUPTK, dibutuhkan beberapa persyaratan. Saat ini, Anda dapat melakukan Upload Berkas yang dibutuhkan untuk pengajuan NUPTK.

Saat upload berkas telah selesai, maka selanjutnya adalah mengirimnya. Pada masa ini, Anda membutuhkan waktu hingga beberapa hari, sampai semua dapat diperiksa.

Biasanya, bagian verifikasi itu dari Kedinasan setempat. Tentunya, pengajuan NUPTK menghasilkan data perorangan. Oleh karenanya, dibutuhkan waktu untuk validasi satu per satu diantara banyaknya calon penerima NUPTK. Jadi, harap bersabar untuk itu.

4. Melihat Hasil Review

Setelah berkas dikirimkan, dan menunggu hingga proses validasi selesai, maka akan terlihat hasil dari review di Dinas Pendidikan setempat.

Untuk dapat melihat status Anda, apakah itu diterima atau bahkan butuh perbaikan, Anda dapat mengarah pada menu Verval PTK – Status Pengajuan NUPTK. Disana, akan memperlihatkan identitas pengajuan NUPTK hingga pada hasil yang didapatkan.

Gambar di atas, menunjukkan bahwa terdapat Guru yang valid dan diberikan NUPTK, sedangkan yang lainnya gagal.

Tidak diterbitkannya NUPTK, bukan berarti tanpa alasan. Dalam halaman itu, Anda juga akan mendapatkan informasi tentang berkas mana yang perlu diperbaharui, sehingga Anda dapat mengirimkannya ulang.

Kesimpulan

NUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan hal penting bagi seorang yang berprofesi sebagai Guru. Oleh karenanya, mendapatkannya adalah salah satu hal yang perlu dilakukan.

Panduan singkat tentang cara mendaftar NUPTK guru ini, bukanlah sesuatu yang sulit. Meski demikian, yang dapat mengajukan adalah Operator lembaga, melalui layanan Verval PTK yang ada dari Kemdikbud.

Kesalahan dalam penginputan, tidak akan beresiko berarti. Pengguna dapat melakukan Upload ulang berkas, untuk memperbaiki kesalahan yang ada.

Tinggalkan komentar