google_search_console

Google Search Console: Mengenal Lebih Dalam Untuk SEO

Google Search Console adalah modal inti yang semestinya Anda gunakan, untuk praktik SEO Anda.

Jadi, disini akan membahas beberapa hal seperti:

  • Mengenal Google Search Console
  • Kapan Anda membutuhkannya
  • Fitur menarik dari Google Search Console
  • Cara menggunakannya
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari ikuti penjelasan ini.

Mengenal Google Search Console

Google Search Console adalah salah satu alat yang diciptakan oleh Google, untuk membantu para praktisi SEO dalam berkecimpung di mesin pencari mereka.

Google Search Console akan sangat berguna digunakan bagi pengembang situs web, atau sebagai praktisi SEO untuk melihat sejauh mana halaman mereka berada dalam hasil penelusuran Google.

Istilah ini merupakan istilah yang baru saja diperbaharui oleh Google, dari istilah sebelumnya, yakni Google Webmaster. Jadi, ini diperuntukkan bagi para webmaster.

Adapun disini, berisikan segala macam kebutuhan informatif tentang keberadaan sebuah halaman dalam mesin pencari mereka seperti Peringkat hasil pencarian, CTR, dan lain sebagainya.

Kapan Anda Membutuhkannya

Ketika Anda menggunakan sebuah Blog atau sedang membuat sebuah website, maka semestinya Anda membutuhkan ini. Halaman ini, akan memberikan lebih detail tentang penggunaannya itu.

Mari kita menganggap bahwa Anda saat ini sudah memiliki sebuah Blog, dan berharap orang-orang membuka situs blog Anda, dari berbagai wilayah.

Itu tidak akan bisa didapatkan, ketika Anda tidak menggunakan layanan Google Search Console. Pasalnya, Google Search Console mengizinkan Anda untuk mengirimkan Sitemap dari Blog Anda, agar mereka mengetahui tentang keberadaan Anda.

Dengan demikian, halaman Anda akan dirayapi oleh Crawler, dan melakukan indexing padanya. Jadi, ini benar-benar sangat penting untuk Anda.

Fitur Menarik Google Search Console

Layanan ini memberikan banyak sekali fitur yang dapat Anda gunakan dengan sangat mudah. Meski demikian, Anda semestinya melewati panduan ini, agar terhindar dari kesalahan makna dari beragam istilah yang ada disana, dalam penggunaannya.

Mari kita simak, fitur-fitur yang ada pada Google Search Console.

1. Peringkat

Google Search Console menawarkan tampilan atas peringkat dari setiap halaman Anda. Itu ditampilkan dalam visual yang menarik, dengan nilai statistik yang penuh dengan warna.

peringkat_di_google_search_console
Tampilan Ranking di Google Search Console

Disana, Anda dapat melihat beragam hal seperti CTR, peringkat halaman, total tayangan, asal kunjungan pengguna, dan masih banyak lagi.

2. Keyword

Ketika berbagai artikel Anda berhasil diindex oleh mesin pencari, maka mereka telah mengelompokkan artikel itu pada bagian tertentu. Ini disebut sebagai Keyword.

Menggunakan Google Search Console, maka memungkinkan Anda untuk mengetahui tentang kata kunci apa saja yang berhasil Anda raih peringkatnya.

Gambar tentang Keyword di Google Search Console
Tampilan tentang Keyword di Google Search Console

Dengan informasi ini, Anda dapat melakukan optimalisasi yang lebih dari sebelumnya. Itu karena, Anda menerima beragam informasi tentang keberadaan halaman Anda dalam hasil pencarian.

3. Peta Situs

Fitur menarik dari Google Search Console adalah persoalan peta situs. Pada dasarnya, ini tidak dibutuhkan, ketika Anda sudah mendapatkan link Do-Follow dari Blog selain Anda. Dengan begitu, Artikel Anda akan dirayapi, ketika Crawler merayapi situs yang memberikan Link kepada Anda.

Gambar tentang Peta Situs di Google Search Console
Gambar tentang Peta Situs di Google Search Console

Tapi, tanpa itu Anda juga dapat menggunakan Peta Situs. Anda dapat mengirimkan Peta Situs blog Anda ke Google, agar mengizinkan mereka untuk melakukan Crawling pada setiap halaman yang berada pada domain Anda.

Dengan begitu, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan Indexing dari Google.

4. Tautan

Fitur menarik lainnya dari Google Search Console adalah persoalan tautan. Ini diperlihatkan pada akun Anda.

Menariknya, mereka menampilkan halaman yang mendapatkan link dari Blog selain Anda, juga menampilkan halaman yang memiliki tautan internal (Internal Linking). Oleh karenanya, bila Anda bermain dalam SEO, pastikan Anda menggunakan Google Search Console.

Gambar tentang Tautan di Google Search Console
Gambar tentang Tautan di Google Search Console

Ini adalah sebagian dari beragam fitur Search Console yang ada. Untuk melihat lebih detail, sebaiknya gunakan itu, dan lakukan Verifikasi Google Search Console pada Blog Anda.

Ikuti panduan yang ada, untuk mendapatkan hasil terbaik dalam praktik SEO Anda.

Cara Menggunakan Google Search Console

Agar dapat menggunakan layanan yang satu ini, maka Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu, dengan mengikuti panduan berikut ini. Mari kita mulai.

1. Verifikasi Google Search Console

Untuk mendapatkan informasi dari situs web Anda, mestinya mereka terhubung dengan layanan ini. Maka pertama sekali yang perlu dilakukan adalah Verifikasi Google Search Console. Masuklah ke laman, dan tambahkan URL Blog Anda.

2. Menambahkan Sitemap

Sitemap adalah bagian yang dinilai penting bagi sebuah Blog. Ini merupakan sinyal bagi perayap, untuk merayapi situs web yang ditemukan mereka.

Anda dapat membuat sitemap di Google Search Console, untuk memudahkan proses indexing pada halaman Anda.

Pada dasarnya, Sitemap tidak dibutuhkan, karena mesin perayap akan merayapi dari berbagai sinyal yang ada. Beberapa hal yang dimaksudkan itu seperti Tautan, Ping, dan lain sebagainya.

Meski demikian, Saya menyarankan untuk menambahkan Sitemap secara mandiri di halaman Google Search Console Anda.

Tinggalkan komentar