Google Scholar: Panduan Lengkap [Update]

Google Scholar

Salah satu mecin pencari yang diperuntukkan khusus dalam hal edukasi, Google menghadirkan “Google Scholar”. Ini berguna untuk Anda yang ingin mencari referensi, atau seorang Dosen yang ingin membuat profil disana.

Disini, Saya akan memberitahukan kepada Anda tentang fungsinya, hingga pada membuat akun dan menampilkan artikel Jurnal Anda disana. Mari kita dalami.

Tentang Google Scholar

Google Scholar adalah salah satu layanan yang diciptakan oleh Google yang dikhususkan untuk indexing karya ilmiah.

Disana, akan memperlihatkan berbagai jenis jurnal dari berbagai penerbit.

Menariknya, ini diciptakan dalam sajian mesin pencari, dimana tentunya dengan itu membuat pengungjung menjadi lebih mudah untuk menemukan sesuatu (namun tetap pada hasil karya ilmiah).

Tampilan Google Scholar
Tampilan Google Scholar

Jadi, bila Anda berkunjung dan mencari sesuatu disana, maka mereka akan menampilkan hasil pencarian yang seluruhnya itu menghasilkan Jurnal.

Fitur Keren Google Scholar

Ada banyak sekali fitur keren dan berguna yang dihasilkan dari Google Scholar.

Ketika Anda berkunjung dan mencari sesuatu disana, maka Anda akan melihat banyak informasi berarti. Mari kita terlusuri.

1. Sumber Artikel

Ketika Anda mencari sesuatu, maka mereka akan menampilkan hasil seperti apa yang Anda cari.

Menariknya, disana tersedia link sumber, dimana itu memperlihatkan dari mana asal halaman yang Anda temukan itu.

Lihatlah pada bagian kanan, dari hasil pencarian Anda.

Link Sumber Artikel Google Scholar
Link Sumber Artikel Google Scholar

Ketika halaman itu dihasilkan, maka Anda dapat secara langsung melihat sumber artikel yang ada.

Itu artinya, ketika Anda mengunjungi itu, maka Anda dapat mengarah langsung ke halaman sumber dan menemukan referensi yang benar-benar valid.

2. Citations (Pengutipan)

Google Scholar menawarkan fitur keren lainnya, yaitu Citations (Pengutipan). Pengunjung dapat dengan mudah menemukan teks referensi, bilamana ingin mengutip dari sumber yang ada.

Terkait:  Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum

Dalam kasus ini, mari kita ambil contoh. Masukkan kata kunci di pencarian “Konsep Evaluasi Dalam Islam“. Maka akan melahirkan indexing disana.

Konsep evaluasi dalam islam google scholar

Artikel Jurnal Saya ada disana, dengan peringkat ke 2 (dua) dari 108.000 jumlah artikel yang diindex untuk kata kunci itu.

Pada tampilan yang ada, terlihat jelas (meski dalam ukuran teks yang lebih kecil) beberapa menu yang dapat digunakan, seperti Simpan, Kutip, Dirujuk, Artikel terkait, dan versi.

Sekarang, mari klik pada bagian Kutip.

Pengutipan di Google Scholar

Itu menampilkan pengutipan dengan Gaya yang paling banyak digunakan, seperti MLA Style, APA Style, ISO 690. Jadi, ini benar-benar dapat membantu dengan sangat instan, untuk bentuk rujukan dengan memilih Gaya yang diinginkan.

Sama halnya dengan menu bagian lainnya, seperti versi. Bagian ini memungkinkan pembaca untuk melihat lebih jauh hasil indexing untuk artikel yang serupa.

Misalnya, artikel Saya, telah terbit dalam jurnal yang satu. Namun jurnal itu, membuka ruang (Open Access) untuk berbagai indexing lainnya seperti Garuda, Core.ac.uk, dan lain sebagainya. Sementara disisi lain, Saya juga telah melakukan “Claim” untuk artikel tersebut pada laman profesional lainnya, seperti Researchgate. Jadi, Scholar memberikan semua hasil indexing mereka, dari berbagai layanan akademik yang ada. Itu sangat menarik.

Cara Mendaftar Google Scholar

Tinggalkan komentar