google_classroom_untuk_guru

Google Classroom Untuk Guru: Panduan Penting Tahun 2021

Jika Anda seorang guru, atau Calon Guru, maka panduan ini berarti. Disini akan mengulas banyak hal untuk penggunaan Google Classroom Untuk Guru.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Anda sebagai seorang guru semestinya memahami tentang penggunaan Google Classoom untuk kebutuhan mengajar Anda. Terlebih lagi, saat ini pembelajaran masih melalui Dalam Jaringan (DARING) yang mengharuskan Anda melangsungkan pembelajaran Tanpa Tatap Muka langsung.

Mari kita mulai.

Membuat Google Classroom Untuk Guru

Bagian ini, merupakan bagian awal yang akan kita bahas. Disini, Anda akan dipandu untuk membuat Kelas dalam Google Classroom, tempat dimana Anda akan melangsungkan kegiatan belajar mengajar nantinya.

1. Buat Akun Google

Jika Anda sebelumnya telah memiliki akun Google, maka ini tidak dibutuhkan lagi. Tetapi, Saya sarankan untuk membuat yang baru, agar mudah dikontrol berbagai aktivitas yang ada selama mengajar.

Terkadang, menggunakan akun pribadi, berdampak buruk bagi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Itu karena berbagai file yang ada akan terpengaruh atau justru Anda kebingungan dengan letak Filenya. Anda dapat mengikuti panduan membuat akun Google.

2. Masuk ke Google Classroom

Silahkan Anda masuk ke Google Classroom. Untuk menunya, Anda dapat melihat pada menu bagin pojok kanan atas (dekstop/ HP) dengan icon Persegi. Temukan Menu dengan Icon Google Classroom, dan masuk disana.

menu_google_classroom

3. Mulailah Menambahkan Kelas

Setelah berada dalam Aplikasi Google Classroom, maka Anda dapat menambahkan kelas sesuai dengan kebutuhan Anda. Gunakan Tombol Tambah (pojok kanan atas) untuk mulai menambahkan kelas.

menu_menambah_kelas_google_classroom_untuk_guru

Silahkan isikan identitas kelas yang Anda butuhkan. Anda dapat menggunakan form yang disediakan dengan sesuka hati (sesuaikan dengan materi ajar Anda). Sebaiknya, perhatikan dalam menentukan Nama Kelas. Ini pada akhirnya, akan menyimpan seluruh isi file kelas Anda, dalam lokasi Folder yang telah diatur, sesuai dengan Formulir yang Anda terapkan.

Fitur Menarik di Google Classroom

Google Classroom benar-benar dihadirkan untuk membantu para Pendidik/ Guru untuk terus melaksanakan pembelajaran meski dengan tanpa tatap muka langsung. Anda semestinya mengetahui tentang berbagai fitur menarik dari Google Classroom ini. Mari kita lanjutkan.

1. Ruang Yang Lega

Menggunakan Google Classroom, memberikan Anda kenyamanan. Pasalnya, ketika Anda memiliki akun Google, maka itu Anda mendapatkan 15GB penyimpanan gratis dari Google untuk dimanfaatkan. Ini akan dapat dilihat dalam aplikasi Google Drive.

materi_pelajaran_di_google_classroom

Dengan begitu, Anda dapat menyimpan beragam ruang kelas/ mata pelajaran yang Anda gunakan. Hal ini tentunya disesuaikan dengan seberapa besar ukuran ruang File Anda.

Dalam beberapa kasus, Versi PRO memiliki jumlah ruang yang tidak terbatas. Meski demikian, dengan menggunakan layanan gratis, 15GB adalah ruang yang terolong lega bagi Anda dalam menyimpan berbagai file pembelajaran yang dibutuhkan.

2. Tidak Terbatas dalam Jumlah Kelas

Saya belum menelusuri terlalu jauh tentang ini. Namun faktanya, Saya memiliki 4 buah kelas dalam perkuliahan, dan tidak ada masalah untuk itu.

Keadaan ini membuat saya beranggapan bahwa sepertinya tidak ada batasan untuk jumlah kelas. Namun kembali lagi, bahwa itu semua disesuaikan dengan jumlah ruang SPACE yang disediakan dalam Google Drive.

3. Penyimpanan File Yang Rapi

Google Classroom dibuat dan dikoneksikan dengan Google Drive. Mereka benar-benar bekerja baik dalam hal ini.

Jika Anda menggunakan Google Classroom dan memanfaatkan berbagai formulir misalnya, maka itu akan tersimpan dalam File Google Drive, dan Anda dapat mengaksesnya kapan saja.

Menariknya, Google Drive secara otomatis membuatkan folder khusus dari Root dimana Formulir itu kita buat. Menarik bukan?

4. Upload File Dengan Bebas

Google Classroom dapat menggunakan File yang Anda butuhkan dalam aplikasi mereka. Misalnya, dalam kajian materi, Anda membutuhkan File Powerpoint yang akan dibagikan kepada peserta didik/ mahasiswa Anda. Oleh karenanya, Google Classroom mengizinkan untuk membagikan itu.

Tidak hanya powerpoint, dalam jenis lain juga didukung seperti .pdf, .doc, dan lain sebagainya. Mereka dapat ditambahkan dalam setiap pertemuan yang Anda buat.

5. Jadwalkan Materi

Anda tidak harus selalu berada dalam halaman Google Classroom. Ini menjadi salah satu fitur yang menarik dari Google Classroom, dimana Guru dapat mengupload materi yang akan diajarkannya, jauh sebelum materi itu dimulai dengan memanfaatkan fitur “Jadwal“.

Dalam kasus Saya, beberapa waktu yang lalu saya mencoba membuat Absen Online yang akan diterbitkan pada waktu mendatang dalam perkuliahan yang ada. Dan semua bekerja dengan baik.

jadwalkan_materi_google_classroom

Menariknya, Saya hanya membutuhkan beberapa langkah. Terlebih lagi, navigasi yang ditawarkan benar-benar “ANTI BINGUNG” dan tentunya Anda juga dapat dengan mudah menggunakan ini.

Jika Anda masih kebingungan untuk menggunakan ini, cobalah masuk ke dalam kelas, dan melangkah pada jalur “menambahkan tugas siswa“. Anda dapat memilih untuk menerbitkannya sekaran, atau menjadwalkannya, atau hanya menyimpan sebagai Draf semata.

Kesimpulan

Bila Anda sedang mencari tahu tentang salah satu media pembelajaran Online untuk pembelajaran Daring, maka ini dapat dijadikan solusi. Menggunakan Google Classroom dalam pelajaran Daring Anda, tergolong cocok. Terlebih lagi, layanan ini menerapkan model kesederhanaan, yang dapat membantu Anda untuk bernavigasi dengan bebas disana, tanpa mendapati kekeliruan.

Google Classroom dirancang sedemikian rupa, agar memudahkan penggunanya. Dengan ini, Anda dapat menambahkan kelas dengan sesuka hati, dan berbagai tugas yang ada, tersimpan dalam folder di Google Drive untuk Akun Anda.

Bagaimana pembelajaran Online Anda? Apakah itu juga menggunakan layanan yang sama seperti Saya? Beritahu itu dalam kolom komentar.

Tinggalkan komentar