favicon_blog

Favicon Blog: Cara Mudah Untuk Membuatnya Menarik

Jadi hari ini, Saya ingin memberitahukan kepada Anda tentang cara membuat Favicon Blog. Metode ini, sangat mudah. Dengan beberapa langkah, Anda dapat menciptakan favicon yang benar-benar menarik.

Beberapa hal yang akan dibahas disini yaitu:

  • Apa itu favicon blog
  • Cara mengganti favicon blogger
  • Cara mengganti favicon wordpress
  • Favicon Generator
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Apa Itu Favicon Blog

Favicon adalah singkatan dari Favorite Icon, yang artinya ikon favorit. Dalam sebuah halaman website atau apapun itu yang bersifat merk/ branding, maka ikon adalah bagian penting darinya.

Serupa dengan blog, favicon adalah sesuatu yang menggambarkan ikon bagi sebuah halaman website.

Favicon sendiri, berlaku untuk keseluruhan situs. Itu artinya, ini tidak dapat diubah dalam halaman tertentu di blog Anda.

Bila Anda mengunjungi sebuah halaman website, itu akan terlihat pada bagian BAR dalam browser Anda.

Secara default, semua layanan yang ditemukan di Internet sudah memiliki favicon tersendiri. Sepertinya, ini merupakan Standar yang ditetapkan, agar seluruh halaman memiliki ikonnya sendiri.

Bila Anda menggunakan layanan Blogger, maka itu sudah memberi ikon untuknya secara default (meski Anda diperkenankan untuk mengubahnya sendiri). Sama halnya dengan layanan WordPress, atau CMS lainnya, yang juga secara default sudah memiliki ikon sendiri.

Cara Mengganti Favicon Blogger

Bila Anda pengguna Blogger, maka Anda dapat mengikuti panduan berikut ini, untuk mengganti Favicon Blog Anda. Mari kita mulai.

1. Masuk ke Dashboard

Silahkan login ke halaman Blogger Anda. Di halaman Dashboard, Anda dapat membuka menu Tata Letak, untuk menampilkan bagian editing tema.

2. Edit Bagian Header

Masih di halaman yang sama, arahkan kursor pada bagian edit header. Disini, merupakan menu dimana Anda dapat mengganti Favicon Anda. Tekan menu edit.

3. Upload Favicon

Setelah menekan tombol Edit, maka Akan muncul kotak dialog, dimana Anda dapat melakukan Upload gambar untuk dijadikan Favicon Blog Anda.

Sampai pada tahapan ini, cara mengganti favicon blogger sudah selesai. Anda dapat melihat bagian Header dari Browser Anda, itu akan memperlihatkan Gambar yang baru saja dibuat. Sebagai panduan lanjutan, pelajari tentang membuat Favicon, untuk mengetahui panduan pembuatan favicon yang Anda inginkan. Akan ada banyak sekali tehnik khusus disana.

Cara Mengganti Favicon Blog WordPress

Untuk favicon blog WordPress, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dilewati sebelumnya, tentang mengganti favicon Blogger. Namun, ada beberapa titik tahapan yang harus dilewati pada WordPress. Mari kita mulai.

1. Masuk di Customizer

Tentunya, Anda harus Login terlebih dahulu di halaman WordPress blog Anda. Setelah berhasil dan berada di dashboard, arahkan kursor untuk membuka bagian menu “Tampilan”, lalu pilih “Sesuaikan”. Disana, akan membuka halaman baru dimana tempat Anda untuk edit visual tema Anda.

2. Menu Identitas Situs

Berada di “Sesuaikan”, pilih menu Identitas Situs. Disana, merupakan tempat dimana Anda dapat mengganti favicon Blog Anda, dengan sangat mudah. Cara kerjanya sama dengan Blogger, dimana yang dibutuhkan disini adalah Upload Gambar yang ingin dijadikan sebagai favicon.

3. Simpan dan Lihat

Setelah Upload Gambar selesai, maka langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah Simpan, dan lihat hasilnya.

Bila Anda pengguna WordPress.org yang di hosting sendiri, atau Anda menggunakan Plugin Cache dalam situs Anda, biasanya ini membutuhkan waktu untuk menampilkan perubahan (meski tidak membutuhkan waktu yang lama). Jadi, tetap pantau dan muat ulang halaman Anda, sampai menemukan hasil yang diinginkan.

Berbagai Layanan Membuat Favicon Online

Bagian ini, merupakan bagian spesial yang akan Saya bagikan disini. Beberapa hal yang akan Anda ketahui, membantu Anda untuk membuat favicon, dan menggantinya di halaman Blog Anda. Menariknya, ini hanya menggunakan layanan Generator Online, yang tentunya membantu menghemat waktu Anda. Beberapa layanan Online yang dimaksudkan itu antara lain seperti:

Masing-masing laman tersebut, memberikan layanan yang tergolong baik, untuk membantu Anda dalam menciptakan favicon blog Anda.

Yang dibutuhkan hanyalah, persiapkan gambar yang ingin dijadikan favicon, lalu kemudian melakukan Upload gambar pada lokasi yang disediakan, dan selanjutnya biarkan Tools itu melaksanakan pekerjaannya untuk menghasilkan favicon Anda. Langkah akhir dari ini, Anda akan mendapatkan favicon yang dapat diupload ke media Blog Anda.

Tinggalkan komentar