Gambar tentang cara verifikasi Google Search Console

Cara Verifikasi Google Search Console Terbaru 2021

Jadi dalam halaman ini, Anda akan belajar tentang cara verifikasi Google Search Console. Sebelumnya, kita telah mempelajari secara umum tentang Google Search Console. Dari sana, kita berangkat untuk melakukan verifikasi situs di GSC.

Beberapa hal yang akan Anda ketahui disini seperti:

  • Mengapa ini penting
  • Cara verifikasi Google Search Console
  • Beberapa pertanyaan terkait
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Mengapa Ini Penting

Cara Verifikasi Google Search Console

Untuk melakukan verifikasi Google Search Console, Anda perlu melewati beberapa tahapan singkat, untuk menghubungkan situs blog Anda dengan mereka. Mari ikuti panduan ini.

1. Masuk ke Google Search Console

Tautan ini, akan mengantarkan Anda langsung pada halaman Google Search Console. Disana, silahkan pilih tombol “Mulai” atau dalam bahasa Inggris “Start Now“.

Gambar Tentang Tombol Mulai Google Search Console
Gambar Tentang Tombol Mulai Google Search Console

Setelah Anda masuk disana dan menekan tombol yang dimaksud, maka selanjutnya Anda akan diminta untuk Login dengan Akun Google. Gunakan Akun Google yang aktif untuk itu. Maka, Anda akan langsung diantar ke halaman Input URL blog Anda.

2. Masukkan URL Blog

Tampilan pada bagian ini, akan perlihatkan kepada Anda pada 2 bagian, yaitu property Domain dan Property Awalan URL. Sepanjang perjalanan, keduanya memiliki laman (property) terpisah di Google Search Console. Tapi, keduanya menghasilkan tampilan yang hampir serupa (hanya berbeda di beberapa bagian saja).

Jadi, berdasarkan keadaan ini, Saya tidak mengetahui perbedaan secara teknis diantara keduanya itu. Jadi, Saya menyarankan untuk menggunakan pada bagian Awalan URL, untuk mendapatkan fitur lengkap.

Gambar tentang awalan URL di Google Search Console
Gambar tentang awalan URL di Google Search Console

Pertanyaan Terkait

Berikut ini, beberapa pertanyaan umum terkait verifikasi di Google Search Console.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi?

Semestinya, bila keseluruhan berjalan dengan baik, maka ini tidak membutuhkan waktu begitu lama. Dalam praktik Saya, dibutuhkan 15 menit untuk menunggu konfigurasi yang ada. Setelahnya, itu menunjukkan hasil yang maksimal.

Apa manfaat yang didapatkan?

Akan ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan secara khusus. Tetapi secara umum, ini sangat bermanfaat untuk mengetahui tentang keberadaan Blog Anda dalam mesin telusur seperti Google.

Apakah Google Search Console gratis?

Sepanjang perjalanan, layanan ini sepenuhnya gratis untuk digunakan siapa saja. Jadi, mulailah membuatnya disana.

Fitur apa saja yang tersedia di Google Search Console?

Ada cukup banyak sekali fitur yang disediakan oleh Google Search Console. Seperti kinerja situs Blog Anda, memperlihatkan peringkat Anda dalam hasil pencarian mereka, menemukan kata kunci untuk Anda, memperlihatkan tautan yang masuk dan keluar dari situs web Anda, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentar