Gambar tentang cara menambahkan sitemap di blog

Cara Menambahkan Sitemap di Blog

Sitemap merupakan sesuatu yang penting bagi halaman blog. Ketika Anda menggunakannya, maka itu menjadi berupa sinyal kepada mesin telusur, untuk merayapi situs web Anda.

Jadi, disini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara menambahakn sitemap di Blog. Beberapa hal yang akan Anda ketahui disini seperti:

  • Mengapa ini penting
  • Cara menambahkan sitemap di Blog
  • Beberapa pertanyaan penting
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai.

Mengapa Ini Penting

Jadi, sekarang kita akan mengetahui tentang sejauh mana pentingnya menambahkan sitemap di Blog Anda. Pada dasarnya, Anda tidak memerlukan sitemap ketika Blog Anda masih tergolong kecil dan tidak memiliki banyak hal disana. Lihatlah terbitan dari Google tentang Peta Situs, berikut ini.

Gambar tentang Penjelasan Google persoalan peta situs
Gambar tentang Penjelasan Google persoalan peta situs

Google akan dapat menemukan situs Blog Anda, dengan berbagai cara. Seperti misalnya persoalan Link. Ini merupakan hal yang dirayapi oleh mesin telusur, ketika melakukan perayapan kepada sebuah situs web.

Ketika tautan itu diarahkan kepada Blog Anda dengan metode Do-Follow, maka perayap akan meneruskan merayapi link yang dituju (dalam hal ini blog Anda).

Maka, dari sanalah mereka menemukan dan merayapi situs Blog Anda, lalu kemudian mengindexnya, sehingga dapat ditemukan dalam mesin telusur.

Cara Menambahkan Sitemap di Blog

Jadi, sitemap diperlukan untuk situs Blog Anda, dan juga untuk mesin telusur. Hal ini dimaksudkan, agar mereka melakukan indexing dalam kurun waktu tertentu.

1. Aktifkan Sitemap di Plugin SEO

Jika Anda menggunakan CMS/ Plugin SEO, biasanya mereka telah menyediakan fitur sitemap untuk Google. Jadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah memastikan itu ada. Sebagai contoh, Saya menggunakan Plugin Rank Math SEO, untuk melakukan tindakan ini. Saya mengaktifkannya disana, dan itu berjalan secara otomatis.

Tampilan Sitemap dari Rank Math
Tampilan Sitemap dari CMS dan Plugin SEO

Atau, Anda juga dapat menggunakan Plugin SEO lainnya, dan itu menghasilkan Sitemap yang baik untuk situs web Anda. Untuk melakukan cek terhadap ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah menuliskan URL sebagai berikut: https://situsblogAnda.com/sitemap_index.xml

Jika itu memperlihatkan hasil (kurang lebih seperti gambar di atas), maka semua baik-baik saja. Langkah selanjutnya yang diperlukan adalah mengirimkannya ke Google, untuk proses lanjutan.

2. Mengirim Peta Situs ke Google

Setelah Anda menemukan peta situs Anda, maka selanjutnya adalah memberitahukan atau mengirim peta situs tersebut ke Google, agar melakukan perayapan ke Situs Blog Anda dalam waktu tertentu. Adapun tahapan yang diperlukan, yakni;

Gambar ini, menyajikan langkah demi langkah yang perlu Anda lewati dari susunan di atas.

Gamabr tentang mengirim sitemap ke Google
Gamabr tentang mengirim sitemap ke Google

Langkah di atas, terlihat cukup mudah. Meski demikian, Anda perlu memperhatikan bahwa sitemap Anda benar-benar dapat diakses dengan baik, agar keseluruhan konten dapat dirayapi oleh mesin telusur.

Beberapa Pertanyaan Terkait

Bagian ini, akan memberikan jawaban terhadap beberapa pertanyaan terkait yang penting untuk menambahkan sitemap di Blog. Mari lihat detailnya.

Apa Kegunaan Sitemap Blog?

Sitemap Blog berguna sebagai sinyal kepada mesin telusur, untuk menemukan dan melakukan indexing terhadap sebuah halaman web. Jadi, ini sangat berguna bagi situs web Anda.

Bagaimana Cara Membuat Sitemap?

Cara membuat sitemap Antara lain yakni:
1. Membuat sitemap di halaman Blog Anda, dengan mengikuti panduan yang ada.
2. Melakukan verifikasi di Google Search Console, terhadap Sitemap Anda.

Tinggalkan komentar