cara_menambahkan_alquran_di_word

Cara Menambahkan Alquran di Word

Microsoft Word pada dasarnya belum memiliki Addons untuk Alquran secara default. Meski demikian, ada beberapa cara menambahkan Alquran di Word dengan mudah, sehingga Anda tidak perlu melakukan Copy Paste dari lokasi eksternal.

Untuk memulai itu, Anda harus mengikuti panduan ini. Mari kita dalami lagi.

Manfaat Alquran di Word

Sebenarnya, apasih kegunaan Alquran di Word ini? Tentu saja, tidak menutup kemungkinan bagi Anda seorang peserta didik/ mahasiswa menerima tugas dari Guru/ Dosen Anda yang mengharuskan Anda untuk menuliskan Teks Alquran disana.

Hal yang umum dilakukan adalah mengambil teks dari situs lain, lalu menempelkannya di halaman Word Anda. Tetapi, cara ini memakan waktu yang tidak sedikit.

Dalam pembahasan ini, Anda hanya membutuhkan sebuah aplikasi tambahan yang cocok disebut sebagai Add Ons untuk Microsoft Word yang Anda miliki.

Manfaatnya adalah bahwa Teks Alquran dengan susunan ayat yang terstruktur sudah tersedia dalam base data Microsoft Word Anda.

Itu artinya, Anda akan tetap berada di halaman Word, meski membutuhkan teks Alquran, dan menemukannya disana.

Cara Menambahkan Teks Alquran di Word

Disini, kita akan belajar tentang bagaimana cara menambahkan teks Alquran di Word Anda, sehingga tidak membutuhkan langkah Copy dan Paste dari luar lagi.

Adapun bahan yang dibutuhkan disini adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi Microsoft Word
  • Aplikasi Alquran (Addons)

Mari kita mulai langkah-langkahnya.

1. Silahkan Unduh File Aplikasi Alquran Word

Pertama yang harus dilakukan adalah memiliki file Aplikasi tambahan Alquran. Untuk memilikinya, Anda dapat mendownload dari berbagai tempat yang Ada.

Dalam praktik Saya, tidak membutuhkan tingkatan versi tertentu bagi Ms. Word Anda. Itu artinya, Anda dapat menggunakannya di versi yang mana saja.

Silahkan unduh Aplikasi Alquran Word disini.

2. Buka Aplikasi Alquran

Langkah kedua untuk menambahkan Alquran di Word, adalah menginstal Aplikasi Alquran (yang baru saja di download) sebelumnya.

3. Instal Aplikasi

Setelah download selesai dan Anda memiliki file dalam bentuk .rar, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah “Ekstrak File” yang ada. Dengan mengekstrak, maka Anda akan melihat file yang tersimpan dalam Folder yang Anda download sebelumnya.

Silahkan cari dengan Type File Aplication, dan Double Click untuk melakukan instal.

Anda dapat menambahkan layanan untuk mempermudah Anda menambahkan Teks Alquran

Tinggalkan komentar