cara_menambah_peserta_didik_diluar_dapodik_rezalubis

Cara Menambah Peserta Didik Diluar Dapodik 2021

Pebahasan ini akan menjelaskan tentang cara menambah peserta didik diluar dapodik 2021. Penggunaan metode ini tidak begitu sulit. Namun, dibutuhkan koneksi internet yang stabil untuk menggunakannya.

Beberapa hal yang akan dibahas disini seperti:

  • Dapodik sudah Cutoff
  • Cara menambah peserta didik diluar dapodik
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Dapodik Sudah Cut OFF

Beberapa waktu yang lalu sebelum artikel ini diterbitkan, saya dan tim menemukan informasi bahwa batas waktu Cut OFF dapodik tinggal satu hari lagi. Waktu yang singkat ini, membuat beberapa siswa kami tidak masuk dalam Data Pokok Pendidikan (DAPODIK).

Satu hari yang kami lewati, belum cukup untuk mengumpulkan data identitas dari peserta didik baru kami dengan berbagai alasan dan kondisi. Oleh karena itu, kami harus merelakan beberapa siswa tidak masuk dalam Dapodik pada masa periode Cut OFF dapodik kala itu.

Hal yang perlu diingat bahwa ada masa dimana Pendataan itu ditarik ke pusat. Oleh karenanya, pada masing-masing satuan pendidikan juga turut melengkapi input dapodik berdasarkan waktu yang telah ditetapkan.

Sayangnya, kami melewati ini dan harus menerima keadaan yang mungkin tidak diinginkan. Tetapi dari sini, kita semestinya belajar bahwa dokumen pelengkap pendaftaran merupakan bagian yang penting untuk disegerakan. Bila Anda mengalami kondisi yang sama, maka mari kita lihat cara menambah peserta didik diluar dapodik pada tahun 2021.

Cara Menambah Peserta Didik Diluar Dapodik

Berkelana dalam Internet, kami menemukan sebuah layanan berbasis Online, dimana disana dapat melakukan input identitas siswa baru untuk dimasukkan ke dalam pendataan lembaga. Perlu dicatat bahwa ini membutuhkan koneksi internet yang stabil, sebab bagian dari input ke Server.

Berikut ini panduan yang dapat diikuti untuk itu.

Panduan ini berisi tentang cara menambahkan peserta didik diluar dapodik pada tahun 2021. Update terbaru, akan diberitakan disini.

Waktu 20 menit

  1. Kunjungi Situs sp.datadik.kemdikbud.go.id

    Permulaan, Anda harus mengunjungi situs web https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Disana, Anda dapat login dengan Akun Operator (manajemen sekolah) yang terdaftar.

  2. Login Menggunakan Akun Operator

    Silahkan gunakan email dan password yang terdaftar untuk akun Operator satuan pendidikan yang dikelola.

  3. Pilih Menu Aplikasi

    menu_aplikasi_di_spdatadik_cara_menambah_peserta_didik_diluar_dapodik

    Pada bagian puncak dari tampilan Anda, maka akan memperlihatkan 3 menu, yakni Data Pokok, Aplikasi, dan Dokumen. Pilih menu Aplikasi untuk menambah peserta didik diluar dapodik.

  4. Pilih Sub-Menu PD Baru

    submenu pd baru cara menambah peserta didik diluar dapodik

    Gunakan menu “PD BARU” untuk menambah peserta didik diluar dapodik. Ketika Anda masuk disana, maka akan memperlihatkan sebuah halaman, tempat dimana Anda dapat input identitas peserta didik yang ingin ditambah di Dapodik.

  5. Isi Identitas Peserta Didik

    isi_identitas_cara_menambah_peserta_didik_diluar_dapodik

    Pada bagian ini, yang perlu dilakukan hanyalah input data peserta didik yang akan ditambah dalam dapodik. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang panjang, karena hanya melakukan input saja. Perlu dicatat, bahwa formulir yang tersedia hanya beberapa bagian saja. Meski demikian, tidak mengisi sebagian darinya akan gagal dalam proses penambahan siswa diluar dapodik.

Supply:

  • https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

Tools:

  • https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

Setelah melakukan input data peserta didik diluar dapodik, langkah terakhir sebagai validasi adalah melihat bagian (TAB) Antrian Peserta Didik. Maksudnya adalah bahwa setiap Anda melakukan input peserta didik, maka ini membutuhkan waktu tertentu untuk dilakukan approve dari Dinas atau Pusat. Adapun proses pengajuan data, akan terlihat jelas dalam Tab tersebut.

Beberapa Pertanyaan

Bisakah menambah siswa diluar dapodik?

Bisa. Masuk ke https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/, untuk dapat menggunakannya. Lihat panduan pada artikel ini, agar meminimalisir kesalahan.

Berapa lama waktu disetujui?

Untuk menambahkan siswa diluar dapodik, tidak ada waktu pasti tentang seberapa lama pengajuan itu disetujui. Tetapi, hal yang pasti bahwa ini membantu Anda untuk menambahkan peserta didik secara Online.

Tinggalkan komentar