cara_daftar_google_news

Cara Daftar Google News

Google News belakangan ini mulai ramai dibicarakan orang, terlebih lagi seorang Blogger. Bagaimana cara daftar Google News itu?

Dalam halaman ini, akan menjelaskan berupa panduan yang dapat Anda ikuti hingga menggapai status aktif di Google News. Mari kita simak pembahasannya.

Sekilas Tentang Google News

Google News merupakan sebuah platform yang dikembangkan oleh perusahaan Google yang dikhususkan untuk segala informasi dalam bentuk berita.

Google News mengharuskan setiap pengguna situs web dengan basis berita, menggunakan tehnik khusus untuk dapat terindex dan diverifikasi oleh Google News. Dengan begitu, konten mereka akan muncul dalam halaman Google News.

Singkatnya, banyak orang mengatakan bahwa cara ini dapat membantu indexing situs blog, menjadi lebih cepat dari biasanya. Terlepas apakah itu suatu fakta atau mitos, terlebih dahulu tidak ada salahnya untuk mendaftarkan Blog di Google News.

Ini bukanlah sesuatu yang diwajibkan. Meski demikian, ini sangat Saya rekomendasikan untuk digunakan oleh blogger. Mari kita simak caranya.

Yang Anda Butuhkan Untuk Daftar Google News

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, sebelum daftar Google News. Beberapa hal yang dimaksudkan itu, antara lain yakni;

  • Akun Google
  • Google Search Console
  • Google Analytics
  • Font File (Jenis Font)
  • Gambar/ Ikon Blog
  • Favicon Blog

Keseluruhannya itu, harus Anda persiapkan, agar tidak ditemukan kendalam dalam mendaftar di Google News. Sebaiknya, persiapkan itu, dan lewati tahap demi tahapan dalam halaman ini, agar semua berjalan dengan baik.

Cara Daftar Google News

Panduan ini, dimaksudkan bagi Anda yang memiliki sebuah blog (baik WordPress maupun yang lainnya), untuk mendaftar dalam sebuah platform Google News.

Tujuan akhir dari mengetahui cara daftar Google News ini adalah dapat berhasil dengan statis valid dalam pendaftaran yang dilakukan di Google News. Mari kita mulai.

1. Masuk Ke Publisher Center

Silahkan kunjungi tautan ini https://publishercenter.google.com/, untuk dapat masuk ke Google Publisher. Anda akan diminta untuk menggunakan Akun Google, untuk dapat menggunakan ini.

2. Tambahkan Publikasi

Cara daftar Google News yang ke dua, adalah dengan menambahkan publikasi. Maksudnya adalah identitas dari penerbit. Bagian ini, mengharuskan Anda melengkapi informasi seputar penerbitan Anda di Google News. Anda dapat menggunakan identitas dari situs Blog milik Anda.

isi_identitas_penerbit_google_news

3. Isi Setelan Publikasi

Cara daftar Google News selanjutnya, adalah dengan mengisi setelan publikasi. Pada bagian ini, Anda akan mengisi 2 bagian, yaitu bagian umum dan Visual.

Umum, adalah pengaturan tentang publikasi Anda, seperti Nama Publikasi, URL Publikasi Anda, dan masih banyak lagi.

cara_daftar_google_news_setelan_google_berita

Sedangkan Visual, mengharuskan Anda mengupload Logo untuk digunakan atau ditampilkan dalam Google News. Gunakan dengan bijak dan sesuai dengan identitas Blog Anda.

Setelah seluruhnya terisi dengan baik, tombol “SIMPAN” dapat Anda temukan pada bagian atas di sudut kanan tampilan layar Anda (Dekstop).

4. Setelan Google News (Berita)

Cara daftar Google News selanjutnya, adalah mengatur Google news Anda. Ini akan berdampak pada tampilan yang ada, dalam hasil pencarian di Google News.

Bagian ini, terdiri dari 3 kategori, yakni umum, setelan konten, dan tinjai/ publikasi. Jadi, Anda harus mengisi dan melewati ketiga tahapan itu, sebagai proses akhir dari daftar Google News.

cara_daftar_google_news_setelan_publikasi
Setelan Publikasi

Pada bagian umum, Anda diharuskan mengiri berbagai informasi seputar Google News Anda. Diantaranya seperti deskripsi dan kategori konten Anda. Disini, Anda juga diminta untuk memverifikasi Blog Anda dalam Google Search Console.

Anda juga membutuhkan kode verifikasi Google Analytics, dan mengisikannya pada form yang disediakan. Dalam praktik Saya, Saya menggunakan menautkan Google Search Console dengan Google Analytics, lalu kemudian menggunakan kode pelacakan Google Analytics Saya, untuk mengisi bagian ini.

Setelan konten, mengharuskan Anda mengisikan berupa URL dari FEED tempat artikel Anda bernaung. Saya tidak membatasi itu, dan menggunakan URL Domain Utama Saya, sebagai isiannya. Ini dimaksudkan agar seluruh artikel Saya, terindex oleh Google News.

Sedangkan Tinjau Publikasi, akan memperlihatkan kepada Anda tentang bagaimana Blog Anda ditampilkan dalam Google News. Bagian ini juga meminta Anda menyetujui persyaratan yang ada. Jangan sampai tertinggal untuk itu, agar Anda memiliki peluang untuk publikasi/ terverifikasi.

Tunggu Masa Ditinjau

Ketika semuanya telah selesai, dan pendaftaran sudah berhasil dilakukan, yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggi hingga kabar baik itu tiba.

Google News perlu beberapa saat untuk melakukan peninjauan terhadap pendaftaran Anda. Dalam informasi yang Anda, mereka membutuhkan beberapa hari, atau bahkan beberapa bulan untuk menyelesaikan proses ini. Jadi, pastikan Anda bersabar untuk menunggu itu.

Tinggalkan komentar