BukuWarung: Pembayaran Digital Untuk Bisnis Pulsa, Token, dan PPOB 2021

BukuWarung merupakan sebuah layanan teknologi pembayaran digital, yang tentunya berguna untuk era modern ini. Jika Anda sedang/ ingin menjalankan bisnis pulsa, token, dan PPOB lainnya, Anda berada di halaman yang tepat.

Berada di halaman ini, Anda akan mengetahui beberapa hal seperti:

  • Mengenal BukuWarung
  • Fitur menarik Aplikasi BukuWarung
  • Panduan penggunaan BukuWarung
  • Kiat sukses berbisnis dengan BukuWarung (Bab Spesial)
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Mengenal BukuWarung

Sudah tahu tentang BukuWarung? Sebuah Aplikasi yang menghadirkan layanan pembukuan, Pembayaran digital, dan tokoko. Mari kita mulai memahami tentang apa itu BukuWarung.

1. Sekilas Tentang BukuWarung

BukuWarung merupakan sebuah perusahaan yang bertekad memajukan Bisnis 60 Juta UMKM di Indonesia. Ini merupakan Visi yang fantastis dari BukuWarung.

Slogan yang paling bermakna dimiliki oleh BukuWarung, yakni: “Memajukan UMKM Indonesia dengan pembukuan keuangan usaha yang lebih baik dan lebih mudah“. Mereka juga dipopulerkan dengan Tagline #UntungPakaiBukuWarung.

Sejak 2 tahun berkarya, BukuWarung telah berhasil menciptakan beberapa hal, seperti tersedia di 750+ lokasi di Indonesia, menyediakan layanan tagih dan bayar hutang, efisiensi waktu, peningkatan terhadap pembayaran digital.

2. Aplikasi BukuWarung

Anda dapat dengan mudah menemukan Aplikasi BukuWarung melalui layanan Playstore. Dengan menuliskan “BukuWarung“, dalam kotak pencarian, maka Anda akan melihat icon mereka berada disana.

Hingga kini, BukuWarung telah di-Download sebanyak +5 Juta user.

jumlah_download_bukuwarung

Menariknya lagi, mereka telah mendapatkan Ratting dari Google Playstore dengan Skor 4.4 dari +74 Ribu ulasan.

ratting_bukuwarung

Jadi, ini benar-benar suatu hal yang baik dalam perkembangan sejak 2 tahun silam. Itu membuat Saya tidak merasa khawatir untuk melakukan Instalasi dalam SmartPhone Saya.

…dan Saya yakin, Anda juga berpikiran demikian. Tautan ini akan mengantarkan Anda untuk halaman penginstalan. Temukan mereka disana, dan lakukan Instalasi dalam SmartPhone Anda.

Fitur Menarik Aplikasi BukuWarung

Sekarang saatnya, kita mengenal lebih jauh tentang BukuWarung. Terdapat beberapa fitur menarik (termasuk yang Saya unggulkan) dalam aplikasi mereka. Mari kita lanjutkan.

1. Buku Hutang (Favorit)

Bagian ini adalah bagian Favorit Saya dalam menggunakan BukuWarung. Ini menarik. Pasalnya, Saya belum pernah menemukan ini pada Aplikasi sejenis lainnya, melainkan hanya pada BukuWarung.

Jadi, Anda tidak perlu menuliskan secara manual dengan kertas kosong. Kini, Anda dapat membuat pengeluarkan, dan memberikan keterangan dengan hutang (tidak lunas).

Menariknya, itu akan secara otomatis terdata sebagai hutang, dan tersedia menu tersendiri untuknya. Tentunya, hal ini semakin memudahkan Anda untuk melihat tentang siapa saja yang belum melunasi hutangnya.

Ditambah lagi, terdapat tombol “Kirim SMS”, yang dengan otomatis akan mengirimkan pesan kepada pelanggan Anda. Ini sangat bernilai instan, dan tentunya lebih menghemat waktu Anda bukan?

2. Kartu Nama

Salah satu fitur menarik lainnya, adalah kartu nama yang telah disediakan secara otomatis. Mereka telah menyediakan tampilan yang benar-benar menarik untuk Kartu Nama Anda, sehingga tidak dibutuhkan lagi desain manual disini.

Anda hanya perlu menyesuaikan identitas Toko Anda, seperti nama toko, alamat, nomor handphone, dan lain sebagainya.

Tidak hanya ditampilkan saja, Anda juga dapat mendownload, dan Print sebanyak yang Anda mau. Itu artinya, Anda dapat mendesain toko Anda menjadi lebih berkualitas bukan?

Saya tidak bisa membayangkan, bagaimana Anda menampilkan itu di Toko Anda, dan orang-orang dengan mudah memilikinya. Itu nilai jual yang berkualitas.

3. Nota Bon

Saya tidak pernah menemukan ini sebelumnya. Pasalnya, BukuWarung menawarkan Nota untuk transaksi yang dapat Anda kelola sendiri. Itu artinya, ini sangat baik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Menggunakan BukuWarung, memungkinkan Anda untuk menciptakan Nota Toko Anda sendiri, dengan gaya Anda sendiri. Tidak ada biaya tambahan untuk ini. Semua yang tersedia disana, Gratis untuk Anda gunakan kapanpun.

Panduan Penggunaan BukuWarung

Setelah Anda mengetahui beberapa fitur menarik dari BukuWarung, sekarang saatnya Kita mempelajari tentang penggunaannya.

Jadi, panduan ini akan mengantarkan kepada Anda seperangkat pemahaman tentang penggunaan Aplikasi yang satu ini. Mari kita dalami lagi.

1. Mulai Dari Pendaftaran

Tentunya, untuk berada di halaman ini, Anda telah menginstal Aplikasi BukuWarung terlebih dahulu. Setelah itu, maka Anda akan diminta untuk memulai membuat akun dan pendaftaran.

Disini, Anda akan mendaftar menggunakan Nomor HP untuk verifikasi. Jadi, disana akan memandu Anda dengan sangat mudah. Itu membutuhkan Kode OTP yang secara otomatis akan terdeteksi dalam Smartphone Anda.

2. Isi Kelengkapan Identitas Toko

Bagian awal, Anda akan diantarkan untuk melakukan pengisian identitas Toko Anda. Lewati setiap langkah disana, dan sesuaikan dengan apapun yang ingin Anda ciptakan.

Anda juga diminta untuk menentukan Kategori Usaha yang ingin dijalankan. Sebagai tahapan awal, Anda hanya diminta untuk mengisikan satu jenis kategori saja. Namun, Anda tetap dapat menambahkan lainnya dalam waktu mendatang.

pilih_kategori_pendaftaran_bukuwarung

3. Lihat Tutorial Yang Tersedia

Ketika berada dalam halaman awal, Anda akan dipertemukan dengan Notifikasi untuk membuka halaman toturial membuat Transaksi.

menu_tutorial_membuat_transaksi_bukuwarung

Anda juga dapat langsung menggunakan layanan yang ada, tanpa melihat tutorial yang ada. Itu karena mereka menawarkan navigasi yang jelas, dan tentunya memudahkan Anda.

4. Mulai Mencatat Transaksi

Setelah semuanya selesai, Anda akan diarahkan pada halaman pencatatan transaksi. Itu akan memperlihatkan tampilan sebagai berikut:

transaksi_bukuwarung

Anda dapat mencatat tentang apapun yang diinginkan, seperti pemasukan, atau bahkan pengeluaran yang ada. Dalam bagian ini, Anda juga dapat menambahkan barang yang terjual, atau bahkan barang yang dibeli.

Semuanya benar-benar dibuat dengan sederhana, dan Anda akan terhindar dari kekeliruan dalam menggunakan layanan yang satu ini. Mari kita mulai.

4.1. Mencatat Transaksi Pembelian

Sebagai awalan, anggap kita sedang membeli barang, sebagai bahan dasar dalam mengembangkan bisnis yang kita jalankan.

Mari kita masuk ke menu Pengeluaran – Tambah Barang.

menambahkan_pengeluaran_BukuWarung

Sekarang, kita menuliskan tentang barang yang akan dibeli.

nama_barang_bukuwarung

Sekarang kita sudah mengisi formulir pembelian barang baru, yang telah kita lakukan. Saya mencoba mencatat untuk pembelian “Pulsa” seharga Rp. 99.000,- dengan harga jual sebesar Rp. 102.000,-

Dengan mengisikan bagian ini, Anda akan mendapatkan informasi secara langsung tentang berapa keuntungan yang akan didapatkan dari barang ini. (Anda juga dapat menambahkan Foto sebagai keterangan tambahan).

rincian_barang_bukuwarung

Kini, Saya sudah membelinya.

4.2. Mencatat Transaksi Hasil Penjualan

Kita sudah memiliki barang untuk dijual sebelumnya. Jadi, anggap seseorang telah membeli barang kita, dengan penawaran harga yang kita tawarkan.

Ketika secara langsung mereka telah bertransaksi dengan kita, maka mari kita menuju pada BukuWarung, dan menuliskan Pemasukan Baru, untuk barang yang tersedia (terjual).

Dengan menekan tombol “Tambahkan Barang“, maka itu akan memperliahtkan daftar barang yang ada dalam Toko Anda.

Centang Barang yang telah terjual sebelumnya, lalu kemudian klik simpan dan ikuti selanjutnya.

Disini, akan secara otomatis memperlihatkan tentang harga jual, dan harga modal Anda. Lebih lengkap lagi, ini akan memperlihatkan daftar pembayaran yang ada, apakah itu tunai atau hutang.

Bab Spesial:
Kiat Sukses Bisnis Dengan BukuWarung

Jadi, bagian ini merupakan bagian yang Spesial dari halaman ini. Anda akan mendapatkan beberapa Tips yang mungkin berguna untuk menggapai sukses dalam bisnis Anda, tentunya dengan BukuWarung.

Anda tidak perlu mengisi Saldo dalam BukuWarung, karena mereka terkoneksi dengan E-Wallet untuk pembayaran Anda, dan itu memudahkan pekerjaan Anda.

Reza Lubis

Mari kita dalami lagi.

1. Bisni Pulsa

Bisnis yang satu ini, bisa dijadikan sebagai rekomendasi bagi teman-teman yang ingin mendapatkan keuntungan, namun dengan modal yang terjangkau. Bisnis pulsa, memang belakangan ini sudah ramai digunakan banyak orang.

Tapi, ketika Anda menjalankan bisnis yang satu ini, maka Anda lebih berkualitas, dengan menggunakan BukuWarung.

Mengapa?

Karena disini, Saya akan menjelaskan tentang bagaimana Anda meraup keuntungan dengan pembukuan yang terdata dengan baik, melalui aplikasi BukuWarung. Mari kita simak.

a. Pahami Cara Kerja (E-Wallet)

Jadi, yang pertama untuk Anda ketahui adalah cara kerja. Saya akan memberitahukan kepada Anda, betapa mudahnya menggunakan layanan BukuWarung, untuk menjalankan bisnis Pulsa. Lihat alur berikut ini.

b. Jual Pulsa Tanpa Isi Saldo

Disini adalah bagian yang menarik menurut Saya. Anda tidak perlu mengisi Saldo dari BukuWarung. Mereka dapat terkoneksi dengan baik dengan aplikasi lain, untuk metode pembayaran Anda.

Jadi, itu benar-benar mempermudah Anda, untuk melakukan pembayaran pulsa dimanapun dan kapanpun. Yang perlu Anda lakukan hanyalah:

  • Masuk ke BukuWarung
  • Pilih menu pulsa
  • Tentukan nomor tujuan
  • Tentukan Operator (biasanya terdeteksi langsung oleh BukuWarung)
  • Pilih metode pembayaran (saran: E-Wallet)
  • Terima pendataan yang lengkap dari BukuWarung

Setelah pembelian Anda berhasil, Tidak ada yang perlu Anda lakukan disini. Itu semua, menjadi pekerjaan BukuWarung. Tetaplah berada di tempat Anda, karen BukuWarung tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan tugas ini.

Lihatlah video singkat ini, untuk memandu Anda menjalankan Bisnis Pulsa dengan BukuWarung.

BukuWarung menjalankan tugas mereka dengan sangat baik. Setelah pesanan Anda berhasil, maka mereka akan mengisi Pulsa dari nomor yang Anda kirimkan sebelumnya.

Ini pekerjaan yang mudah.

2. Bisnis Token Listrik

Kini, Anda dapat menjalankan bisnis Token Listrik, dengan sangat baik. Itu karena dengan menggunakan layanan BukuWarung, membuat semua data transaksi yang Anda lakukan, benar-benar terdata dengan baik. Mari kita ikuti, panduan menjalankan bisnis Token Listrik berikut ini.

a. Pahami Cara Kerjanya

Jadi, yang pertama untuk diketahui dalam menjalankan bisnis Token Listrik ini, adalah tentang cara kerjanya. Sebenarnya, bagian ini tidak berbeda dengan menjalankan bisnis Pulsa yang sebelumnya dijelaskan. Meski demikian, mari lengkapi untuk pemahaman lebih mendalam.

b. Mulai Menjual Pulsa

Seperti biasa, Anda tidak perlu mengisi Saldo dalam akun BukuWarung Anda. Ini bekerja dengan sendirinya, dengan mengambil pembiayaan dari akun E-Wallet Anda.

Untuk memulai melakukan penjualan, panduan berikut ini dapat membantu Anda.

  • Buka BukuWarung
  • Pilih menu Token Listrik
  • Masukkan ID PLN
  • Pilih metode pembayaran
  • Terima pendataan terbaik dari BukuWarung.

Langkah di atas, sangat sederhana. Selanjutnya, Anda hanya menunggu notifikasi dari BukuWarung sebagai tanda berhasilnya transaksi Anda.

Menariknya, Anda dapat menenukan nomor HP mana yang akan menerima Kode Token yang dipesan. Anda dapat menambahkan Nomor HP pelanggan Anda, atau menambahkan nomor Anda sendiri, untuk menerima Kode Token itu. Menarik bukan?

Bagaimana Dengan Bisnis Anda

Jadi, setelah memahami tentang seluruh halaman ini, bagaimana dengan bisnis yang Anda jalankan sekarang? Apakah semua pembukuan itu terdata dengan baik, sehingga Anda mengetahui penghasilan dalam bisnis Anda?

Jika tidak, BukuWarung bisa menjadi solusi terbaik untuk itu. Pastikan Anda memilikinya dengan cara mendownload melalui Google Play Store, dan temukan beragam fitur yang ada. Beritahu Saya tentang apa yang ingin Anda ketahui, melalui kolom komentar.

7 pemikiran pada “BukuWarung: Pembayaran Digital Untuk Bisnis Pulsa, Token, dan PPOB 2021”

  1. Dulu pernah sih, makai ini. Tapi belakangan ini enggak. Mungkin Saya tertarik pak, menggunakan ini kembali. BTW, terimakasih informasinya. Updatenya kayaknya seru.

    Balas

Tinggalkan komentar