Cara Membuat Blog: Panduan Praktis 2022

Jika Anda ingin tahu tentang cara membuat Blog, maka Anda berada di tempat yang benar. Artikel ini, akan memberikan penjelasan kepada Anda mengenai cara membuat Blog.

Dalam halaman ini, Anda akan mengetahui banyak hal, yang tentunya berguna. Pada akhirnya, Anda akan dapat membuat Blog dengan mengikuti panduan yang telah disediakan. Mari kita dalami.

Tentukan CMS Blog

Jadi, langkah pertama dalam panduan cara membuat blog dalam bahasan ini adalah dengan menentukan CMS Blog. CMS merupakan alat atau media yang digunakan dalam pembangun situs web/ blog Anda.

Jadi, tentukan CMS adalah panduan permulaan untuk ini, sebelum terjun jauh dalam membuat sebuah Blog. Pengalaman yang dilewati, bahwa CMS benar-benar memiliki pengaruh penting dalam penggunaan blog Anda.

Bila Anda belum terbiasa dengan istilah “CMS” ini, maka ada banyaknya mencari tahu atau mempelajari terlebih dahulu tentang CMS itu sendiri. Dalam artikel lainnya, Saya telah mengulas banyak hal disana dalam pemahaman umum.

Secara spesifik, dalam panduan ini kita menggunakan CMS WordPress Self-Host, yang akan benar-benar menjadi situs web yang berguna bagi Anda.

Tentukan Hosting Pilihan

Cara membuat blog selanjutnya yaitu menentukan Hosting. Hosting adalah tempat dimana file blog Anda terseimpan dan agar membuatnya dapat diakses secara online. Ini merupakan bagian yang terpenting sebagai permulaan dalam membuat blog melalui WordPress.

Hosting memiliki peranan penting dalam situs web yang sedang Anda bangun. Dengan hosting, maka ini akan berpengaruh banyak hal terhadap kelangsungan situs blog Anda. Website yang diakses dengan waktu muat yang cepat, akan berpengaruh bagi pengunjung Anda dan itu juga berkaitan erat dengan hosting.

Ketika Anda sudah berhasil menentukan tempat dimana Anda menyewa hosting, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelian Hosting itu sendiri. Lihat panduan membeli hosting, sebagai bahan rujukan bagi Anda dan jangan khawatir, ini tidak membutuhkan biaya yang ekstra mahal seperti apa yang kebanyakan dipikirkan orang.

Tentukan Nama Domain

Orang-orang atau pebisnis menyebutnya sebagai nama brand. Itu karena pada tatanan online, nama domain akan dipamerkan. Maka, tentukan nama brand Anda sekarang. Untuk yang sedang Anda lihat, domain Saya berisikan identitas pribadi, yang juga merupakan brand yang sedang Saya kembangkan dalam lingkup Online.

Agar kesalahan Saya beberapa tahun yang lalu tidak terulang, sebaiknya kaji lebih dalam tentang Domain SEO. Karena disana Saya telah menerbitkan beragam informasi untuk membuat Domain Anda menjadi sesuatu yang bernilai bagi pengunjung, dan khususnya bagi mesin pencari.

Ini merupakan bagian yang penting, sebab tanpa Domain, maka halaman Anda tidak akan dapat diakses. Jadi, pikirkan dengan matang, dan gunakan domain yang Anda inginkan untuk dikembangkan menjadi sebuah blog.

Sebagai bahan tambahan, sebaiknya simak penjelasan tentang cara membeli domain pada halaman yang lain yang diterbitkan.

Instal WordPress di CPanel

Sekarang, kita sudah memiliki dua bagian yang utama, yaitu Domain dan Hosting. Sekarang saatnya kita menginstal WordPress untuk dijadikan situs web/ Blog Anda.

Mengapa Saya memilih WordPress? Secara sederhana, ini CMS yang sangat membantu para praktisi content writer, dimana mereka tidak membutuhkan pemahaman lebih dalam tentang pengkodean.

Jadi, Anda tidak butuh ahli sebagai pengolah kode, karena WordPress CMS yang ramah pengguna umum. Anda hanya membutuhkan pengisian identitas yang dibutuhkan saat melakukan instal WordPress di CPanel. Ini semestinya pekerjaan yang tidak sulit, tetapi membutuhkan fokus yang tinggi. Berhati-hatilah dalam pengisian data, karena ini berpengaruh penting bagi kelangsungan situs blog Anda.

Lakukan Instal WordPress di CPanel hosting Anda. Ikuti panduan yang ada, untuk melakukan instalasi. Sebagai tambahan, bila Anda merasa kebingungan akan suatu hal, jangan ragu untuk menanyakan kepada Customer Services Provider Hosting Anda, karena umumnya mereka akan membantu persoalan Anda.

Kesimpulan

Cara membuat Blog memang bukanlah sesuatu yang sulit untuk diterapkan. Tanpa panduan khusus, Anda semestinya dapat membuatnya. Namun, sedikit sekali pembahasan yang mengulas secara detail dari topik yang ada, sehingga ini membuat banyak orang melakukan kesalahan yang sama.

Anda hanya membutuhkan Hosting dan domain, untuk dapat membuat sebuah situs Blog yang menarik sesuai dengan keinginan Anda. Bila ada beberapa langkah yang perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Tinggalkan komentar