Bangkitkan UMKM Indonesia: Kenali PIP dan Fasilitas Pembiayaan UMi

Pandemi memang membuat segalanya berubah dari kebiasaan sebelumnya. Hal ini juga tentunya berpengaruh bagi pelaku bisnis kecil dan menengah, yang membuat bisnis mereka mengalami penurunan omset.

Alasan paling umum adalah persoalan kekurangan biaya. Bila UMKM ini tidak berjalan dengan baik, maka ekonomi bangsa juga akan memiliki masalah. Terlebih lagi pada aspek yang lebih spesifik pada pebisnis itu sendiri, yang pada dasarnya mengharapkan keuntungan agar dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Persoalan kekurangan biaya, adalah hal yang wajar untuk menjadi alasan sebuah usaha itu berhenti, atau bahkan tutup selamanya. Sebuah hasil survei menyimpulkan bahwa “kekurangan biaya” menjadi alasan utama UMKM tutup di masa covid-19.

Sementara, alasan lain mengarah pada penurunan permintaan, regulasi pemerintah, kesulitan akses keuangan, dan kesulitan bahan baku.

Hampir sebagian masalah yang dialami itu bermuara pada persoalan keuangan (ekonomi). Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui tentang Program PIP yang hadir untuk membantu para pelaku UMKM. Mari kita teruskan.

Bangkitkan UMKM Indonesia

Semangat harus terus membara. UMKM Indonesia harus tetap bertahan, bahkan berkembang lebih baik lagi.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Covid-19 kini masih berada di sekeliling kita. Namun, kini kita telah berada dalam era New Normal, dimana aktivitas dan kebiasaan baru mulai dijalankan.

Dengan kebiasaan baru ini, maka UMKM Indonesia harus tetap semangat dan terus memperjuangkan bisnis yang dijalankan, dengan menyesuaikan kondisi yang ada.

Mari kita berkaca, dari apa yang terjadi di masa pandemi, melalui sebuah survei (telah disebutkan sebelumnya) yang mengatakan bahwa Kekurangan Biaya adalah alasan utama UMKM tutup.

Menyikapi keadaan ini, PIP melahirkan program baru untuk membantu para pelaku bisnis dalam pembiayaan. Jadi, tentunya ini menjadi jalan keluar yang benar-benar berguna bagi para pelaku UMKM untuk terus berjuang dalam melakoni bisnis yang dijalankan.

Terkait:  Kelas Online Terbaik 2022: Kajian Untuk Harisenin.com [UPDATE]

Mengenal Pusat Investasi Pemerintah (PIP)

Sekarang saatnya, kita berkenalan dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang hadir dan diluncurkan sejak 2021 silam.

1. Visi dan Misi

PIP memiliki visi yakni menjadi koordinator pembiayaan ultra mikro yang profesional dan kredibel. Sedang yang menjadi misinya, antara lain yakni:

  • Pengelolaan dana bergulir usaha mikro yang pruden, efisien, dan efektif.
  • Menyalurkan pembiayaan yang mudah dan cepat
  • Mengembangkan sistem informasi pembiayaan ultra mikro yang handal, profesional, dan modern.
  • Melakukan kerjasama pembiayaan dengan pemerintah daerah, dan/ atau pihak lainnya.
  • Melakukan edukasi kepada penyalur dan penerima pembiayaan ultra mikro.

2. Fasilitas dan Program

Gambar Email

Jangan Ketinggalan Pos Terbaru

Daftar sekarang dan dapatkan artikel pendidikan terbaru

Tinggalkan komentar