ayat_alquran_tentang_metode_pembelajaran_reza_lubis

Ayat Alquran Tentang Metode Pembelajaran

Penggunaan Metode pembelajaran, tentu saja berdasar pada ayat Alquran tentang Metode Pembelajaran itu sendiri. Hal ini menjadi begitu penting, sebab Alquran merupakan sumber rujukan Islam yang pertama. Oleh karenanya, apapun hal yang akan dilakukan, terlebih dahulu merujuk pada sumber Alquran.

Beberapa hal tentang ayat-ayat Alquran yang bermakna terhadap metode pembelajaran, akan dijelaskan disini. Mari ikuti lebih dalam.

Ayat Alquran Sebagai Dalil Penggunaan Metode Pembelajaran

Setiap tindakan yang dilakukan oleh umat manusia, tentu memandang pentingnya dalil-dalil yang merupakan prasyarat dalam sebuah tindakan tertentu.

Mengabaikan hal ini, tentu saja merupakan sebuah kerugian besar bagi umat manusia. Sebaliknya, memandang ayat Alquran merupakan kewajiban bagi setiap insan dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Hal itu juga berfungsi untuk dunia pendidikan, terutama bagi seorang guru dalam aplikasi kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakannya di kelas. Metode pembelajaran adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Penggunaan metode pembelajaran, tentu saja memandang penting tentang pemilihan metode pembelajaran yang sesuai untuk peserta didik dan pembelajarannya. Hal ini juga tentunya memandang dalil-dalil sebagai dasar dalam menerapkan metode pembelajaran.

Sebagai cendekiawan, hal ini tentu dipandang perlu bagi Anda. Sebab, dalam beberapa kondisi, Anda semestinya membutuhkan referensi yang benar-benar sesuai dengan ajaran Islam, yakni dari sumber rujukan Islam itu sendiri.

Pengembangan metode pembelajaran di masa mendatang, akan terbantu dengan beberapa ayat Alquran tentang metode pembelajaran itu sendiri. Pengembangan yang didasari dengan referensi yang valid, maka lebih memungkinkan untuk terciptanya metode pembelajaran yang benar-benar efektif di masa mendatang.

Beberapa Ayat Alquran Tentang Metode Pembelajaran

Terdapat beberapa ayat Alquran yang merupakan dalil perintah penggunaan Metode Pembelajaran, yang secara eksplisit dapat dijadikan dasar dalam penggunaan metode pembelajaran di kelas. Beberapa ayat atau dalil itu, akan dijelaskan dalam bagian berikut ini.

1. Surah An-Nahl Ayat 125

Salah satu ayat Alquran tentang metode Pembelajaran terdapat dalam surat An-Nahl Ayat 125, yang berbunyi sebagai berikut:

اُدْعُ اِلٰى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِيْ هِيَ اَحْسَنُۗ اِنَّ رَبَّكَ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ وَهُوَ اَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ – ١٢٥

Artinya:
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.​(Quran Kemenag, 2021b)​

2. Surah Al-Maidah Ayat 31

Ayat Alquran tentang metode pembelajaran selanjutnya yang berkaitan dengan Metode Pembelajaran terdapat dalam Surah Al-Maidah Ayat 31, yang berbunyi:

فَبَعَثَ اللّٰهُ غُرَابًا يَّبْحَثُ فِى الْاَرْضِ لِيُرِيَهٗ كَيْفَ يُوَارِيْ سَوْءَةَ اَخِيْهِ ۗ قَالَ يٰوَيْلَتٰٓى اَعَجَزْتُ اَنْ اَكُوْنَ مِثْلَ هٰذَا الْغُرَابِ فَاُوَارِيَ سَوْءَةَ اَخِيْۚ فَاَصْبَحَ مِنَ النّٰدِمِيْنَ ۛ

Artinya:
Kemudian Allah mengutus seekor burung gagak menggali tanah untuk diperlihatkan kepadanya (Qabil). Bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Qabil berkata, “Oh, celaka aku! Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, sehingga aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Maka jadilah dia termasuk orang yang menyesal.​(Quran Kemenag, 2021a)​

Melihat kebiasaan manusia yang semestinya disadari, bahwa manusia itu bersifat meniru. Ayat di atas menjelaskan tentang meniru, yang pada hakikatnya merupakan perilaku dalam diri manusia itu sendiri.

Dalam praktik pembelajaran, Guru adalah media bagi para peserta didiknya, untuk menjalankan sifat meniru ini. Adapun setiap siswa, hal yang sangat umum bila mereka meniru guru mereka. Oleh karenanya, kompetensi guru perlu ditingkatkan, agar perkembangan peserta didik benar-benar terjaga dengan baik.

3. Surat Yusuf Ayat 2-3

Surah lainnya yang menerangkan ayat Alquran tentang metode pembelajaran terdapat dalam Surah Yusuf Ayat 2-3. Surah ini secara eksplisit menjelaskan tentang Metode Ceramah, yang merupakan salah satu sub-indikator dari metode pembelajaran. Ayat yang dimaksud berbunyi:

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ – ٢
نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ وَاِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الْغٰفِلِيْنَ – ٣

Artinya:
(2) Sesungguhnya Kami menurunkannya sebagai Qur’an berbahasa Arab, agar kamu mengerti.
(3) Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui.​(Quran Kemenag, 2021c)​

Kesimpulan

Metode pembelajaran merupakan bagian yang dinilai pokok dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu didasari melalui sumber rujukan Islam, yakni Alquran. Alquran tentunya sebagai pedoman hidup manusia, terutama dalam aspek belajar mengajar.

Metode pembelajaran, merupakan cara yang ditempuh di dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Beberapa ayat yang tergolong memiliki makna implisit dengan metode pembelajaran yakni dalam surah An-Nahl ayat 125, AL-Maidah Ayat 31, dan Yusuf 2-3.

Referensi

  1. Quran Kemenag 2021a. Surah Al-Maidah. Quran Kemenag. Tersedia di https://quran.kemenag.go.id/sura/5/31 [Accessed 5 September 2021].
  2. Quran Kemenag 2021b. Surah An-Nahl. Quran Kemenag. Tersedia di https://quran.kemenag.go.id/sura/16/125 [Accessed 5 September 2021].
  3. Quran Kemenag 2021c. Surah Yusuf. Quran Kemenag. Tersedia di https://quran.kemenag.go.id/sura/12/2 [Accessed 5 September 2021].

Tinggalkan komentar