asal_usul_google_dan_fakta_menarik

Asal Usul Google dan Fakta Menarik Darinya

Google adalah istilah yang sudah sangat sering didengar, bahkan cukup akrab dalam kehidupan sehari-hari kita. Meski demikian, tidak banyak dari kita yang mengetahui lebih dalam tentang asal usul Google itu sendiri.

Pada pembahasan ini, kita akan mengulas hal menarik tentang Google beserta fakta-fakta unik yang terjadi padanya. Mari ikuti lebih dalam.

Asal Usul Google

Google didirikan oleh Larry Page Sergey Brin yang mulai dikerjakan pada tahun 1996. Misinya sederhana, yaitu mengumpulkan informasi dunia dan dapat diakses serta bermanfaat bagi semua orang.

Google secara umum diresmikan pada 1998, yang berlokasi utama di California, Amerika Serikat.

Nama Google dari “Kecelakaan”

Beberapa informasi yang didapatkan, memberi penjelasan bahwa istilah Google merupakan istilah yang digunakan dari kecelakaan. Melansir dari kompas.com ​(Kompas.com and Hidayat, 2013)​, yang menjelaskan bahwa istilah Google berawal dari Kecelakaan. Mari ikuti lagi.

Larry Page dan Sergey Brin memulai proyek mereka pada tahun 1996 yang diberi nama BackRub, yang dioperasikan melalui server kampus mereka, yakni Pascasarjana Stanford University.

Setahun berselang yakni 1997, istilah BackRub berganti nama menjadi Googol. Istilah ini merupakan istilah yang digunakan dalam ilmu matematika untuk angka 1 yang diikuti 100 angka nol. Ini sejalan dengan misi mereka, yakni menyimpan segudang informasi yang tak terbatas.

Melihat pandangan masa depan yang baik atas ciptaan mereka (teknologi) membuat banyak investor berminat untuk berinvestasi disana. Hal unik terjadi, ketika para investor (tidak disebutkan) itu mengalami kesalahan dalam peng-ejaan istilah Googol, dengan istilah lain yakni Google. Lebih lanjut lagi, kesalahan ini sudah terlanjur menuliskannya dalam Cek. Keadaan ini membuat Larry Page dan Brin menggunakan istilah “Google” untuk mesin pencari mereka.

Jadi, istilah itu didapatkan berdasarkan kecelakaan kecil, yang terjadi pada fitur CEK dari para investor, dan membuat Page dan Brin “Mentok” untuk menggunakan istilah Google.

Fakta Menarik Google

Sejak Google diluncurkan, ada beberapa hal yang unik dan menarik untuk diperlihatkan. Beberapa hal menarik itu, akan diuraikan disini. Mari kita mulai.

1. Tampilan “Clean

Selama menggunakan layanan Google, saya tidak melihat hal yang sulit diraih disana. Baik untuk melakukan pencarian, atau mengetahui tentang beberapa informasi penting darinya.

Beberapa informasi mengabarkan bahwa pencipta Google belum menguasai “HTML” pada masa itu. Oleh karenanya, ini dijadikan alasan terciptanya tampilan halaman yang sangat sederhana.

tampilan_google

Penggunaannya tentu cukup sederhana. Hanya menuliskan tentang apa yang ingin diketahui dalam kotak pencarian yang disediakan, lalu kemudian menekan tombol “Enter“. Maka Google akan bekerja untuk menampilkan hasil yang sesuai.

Kondisi ini terus dipertahankan oleh mereka, dan mungkin dijadikan sebagai ciri Google tersendiri.

2. Indexing Raksasa Google

Salah satu fakta lain dari Google adalah persoalan Indexing, dengan ukuran yang tergolong RAKSASA.

Ukuran Index dari Google sendiri mencapai angka 100.000.000 Gigabyte. Ini sama saja dengan 100.000 Hard disk dengan ukuran 1 Terabyte untuk menyimpan berbagai informasi (indexing) itu. Hal ini juga yang membuat Anda begitu mudah menemukan berbagai informasi disana.

Terlebih lagi bila kita melihat salah satu produk Google yang fenomenal, yakni Google Maps yang telah memotret jalan sepanjang 5.000.000 mil atau 8.046.000.000 km. Bisa dibayangkan, bagaimana bentuk Console dari Google itu sendiri?

3. Mesin Pencari Populer

Dengan berbagai keunggulan dari Google, ini membuat mereka menjadi begitu populer dikalangan masyarakat luas dunia. Baru-baru ini, saya mencoba mencari informasi tentang seberapa besar pengguna Google di dunia bila dibandingkan dengan mesin pencari lainnya. Hasilnya mengejutkan.

ranking_mesin_pencari_2020

Sebanyak 92% pengguna internet menggunakan Google sebagai mesin pencari mereka. Hal ini berbanding terbalik dengan mesin pencari lainnya seperti Bing, Yahoo, Baidu, Yandex, dan lain sebagainya.

Keadaan ini membuat anggapan bahwa mereka merupakan perusahaan pencarian yang populer di dunia.

4. Digugat Sebagai Monopoli Pasar Mesin Pencarian

Sebenarnya informasi ini dinilai sangat menarik. Melansir dari laman databooks ​(Lidwina, 2020)​, yang menginformasikan bahwa Google digugat oleh Departemen Kehakiman (DOJ) Amerika Serikat pada Oktober 2020. Google dituduh telah memonopoli pasar mesin pencarian dan iklan yang muncul bersama hasil pencarian sehingga mematikan persaingan.

google_digugat

Meski demikian, belum ada informasi lebih lanjut mengenai ini. Fakta ini membuat anggapan bahwa Google merupakan pesin pencari terbesar saat ini.

Daftar Pustaka

  1. Kompas.com, and Wicaksono Surya Hidayat. 2013. “Asal Usul Nama Google Dan Fakta Unik Lainnya.” Kompas.Com. June 7, 2013. https://tekno.kompas.com/read/2013/06/07/2001406/Asalusul.Nama.Google.dan.Fakta.Unik.Lainnya.
  2. Lidwina, Andrea . 2020. “Persaingan Mesin Pencari Di Internet.” Databoks. December 17, 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/17/persaingan-mesin-pencari-di-internet.

Tinggalkan komentar