artikel_seo

Artikel SEO: Dilengkapi Panduan Terbaru 2021

Artikel SEO adalah sesuatu yang senantiasa dicari bagi para Blogger. Pasalnya, Artikel yang dioptimalkan itu benar-benar menjadi aset berharga bagi sebuah website/ blog.

Tapi faktanya, itu bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak sekali hal teknis yang harus diketahui, dan percayalah bahwa Anda akan mendapatkan itu semua dalam halaman ini.

Berada disini, Anda akan mengetahui tentang:

  • Dasar-dasar Artikel SEO
  • Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa
  • Berbagai macam manfaat artikel SEO
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Dasar-Dasar Artikel SEO

Sebagai permulaan, akan jauh lebih baik bila kita memahami terlebih dahulu tentang apa itu artikel SEO.

Istilah ini bukan lagi istilah yang baru saja ditemukan. Melainkan, hal ini sudah cukup sering untuk dibahas dikalangan Blogger.

Meski demikian, banyak informasi yang beredar berdasarkan pengalaman pribadi mereka, lalu kemudian mendeskripsikannya dalam tulisannya.

Dalam hal ini, Saya akan mencoba memberikan beberapa penjelasan terkait tentang hal itu.

1. Apa Itu Artikel SEO

Sederhananya, istilah artikel SEO adalah artikel (tulisan blog) yang dioptimalkan dalam sebuah mesin pencari tertentu, sesuai dengan kriteria yang ada dalam suatu mesin pencari.

Artikel bersifat cukup luas. Itu bisa berarti tulisan bebas, puisi, bercerita, dan lain sebagainya. Tetapi ini tidak sama dengan apa yang dimaksud dengan SEO (Search Engine Optimization), dimana ada nilai pengoptimalan disana.

Itu artinya, sebuah artikel yang benar-benar dioptimalkan dengan memperhatikan kaidah-kaidah penulisan artikel seperti apa yang dimengerti oleh mesin pencari.

Akan ada banyak sekali teknis dalam aktivitas pengoptimalan ini. Meski demikian, tidak ada yang tidak mungkin, karena mesin pencari umumnya memberitakan dengan jelas tentang bagaimana mesin pencari mereka bekerja.

2. Manfaat Artikel SEO

Penjelasan di atas, sepertinya sudah cukup untuk membuat anggapan tentang manfaat dari artikel SEO ini.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa artikel SEO adalah artikel yang dioptimalkan sesuai dengan kaidah bagi mesin pencari. Itu artinya, dalam hal ini mengupayakan artikel itu dapat dimengerti oleh mesin pencari.

Berdasarkan keadaan itu, maka dapatlah diambil beberapa manfaat dari artikel SEO, diantaranya:

  • Memberikan peringkat untuk artikel yang dioptimalkan
  • Artikel ditemukan dalam mesin pencari
  • Mendatangkan pengunjung
  • Menerima aktivitas dalam blog (seperti komentar)
  • dan masih banyak lagi.

Semestinya, keseluruhan manfaat ini terjadi saling berkesinambungan. Meski demikian, mereka tetap diuraikan dalam bagian yang berbeda, karen masing-masing darinya memiliki makna tersendiri.

Satu hal yang paling banyak dibicarakan adalah bawah dengan mengoptimalkan artikel, maka hal ini akan mampu menggapai peringkat terbaik dalam mesin pencari untuk kata kunci tertentu. Mari kita ikuti selanjutnya.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Hal ini semestinya membutuhkan penjelasan yang lebih terperinci, agar semuanya benar-benar tergambar. Sekilas, diantara keduanya akan terlihat sederhana, seperti tidak ditemukan perbedaan yang mencolok. Tapi secara back-end, semua akan terpampang jelas.

Saya menyengaja menuliskan pemetaan dari perbedaan artikel SEO dan artikel biasa, untuk menjelaskan lebih detail tentang perbedaan diantara keduanya. Berikut ini tentang pemetaan yang dimaksudkan itu.

IstilahArtikel SEOArtikel Biasa
KeywordYaTidak
Permalink/ SlugYaTidak Optimal
KecepatanYaTidak
GambarYaTidak Optimal
DeskripsiYaTidak optimal
Title/ JudulYaTidak Optimal
Link BuildingYaTidak
Tabel 1. Pemetaan artikel SEO dan artikel biasa

Beberapa penerapan di atas, memang secara tidak langsung diterapkan dalam artikel biasa. Tetapi, itu adalah hal yang umum terjadi bagi sebagian besar template/ tema blog Anda.

Umumnya, Tema Blog mengambil beberapa kata dalam artikel, yang akan dijadikan sebagai Meta Deskripsi. Maka dari itu, secara tidak sengaja itu akan menggambarkan meta deskripsi. Jadi, pada dasarnya ini ada, tetapi tidak optimal (untuk artikel biasa).

Berbeda ketika kita berbicara tentang Artikel SEO, yang pada dasarnya bagian ini dioptimalkan, dengan menuliskan beberapa istilah yang mampu membantun CTA (memiliki daya tarik), dengan memperhatikan pratinjau tampilan yang terlihat dalam hasil pencarian. Hal ini berlaku untuk bagian lainnya, dimana disana dituliskan “Tidak Optimal“.

Jadi, sebagian praktik SEO memang diterapkan dalam beberapa tema blog secara tidak langsung. Meski demikian, bagian ini merupakan bagian yang tak luput dari pengoptimalan sebagai nilai tambah untuk praktik SEO.

Sekilas memang terlihat tidak ada bedanya, bahkan dibeberapa kasus, Saya menemukan artikel yang justru mengabaikan praktik SEO, namun tetap berada pada peringkat tertinggi dalam sebuah hasil pencarian.

Namun Saya menyimpulkan, hal itu terjadi karena artikel tersebut memiliki data persaingan kata kunci yang minim. Walau pada dasarnya mesin pencari mengambil informasi dari artikel yang dirayapinya, mengoptimalkan konten adalah solusi terbaik untuk dapat merebut peringkat terbaik dalam mesin pencari dengan kategori tertentu.

Cara Membuat Artikel SEO

Bagian ini merupakan inti dari persoalan yang ada, dimana Anda akan diberitahukan tentang bagaimana cara membuat artikel SEO itu. Jadi, mari kita mulai panduannya sekarang.

1. Tentukan Keyword

Pertama untuk cara membuat artikel SEO, adalah dengan menentukan Keyword. Pasalnya, Keyword adalah modal terbesar dalam membangun sebuah konten. Tanpanya, konten tidak akan memiliki tujuan, dan tentunya pembaca juga tidak akan mendapatkan apa-apa darinya.

Pahami tentang mesin pencari, bahwa orang yang berkunjung kesana, tentu orang yang ingin menyelesaikan masalah mereka. Lalu, Anda adalah orang yang akan memberikan solusi untuk permasalahan mereka, dan membantu mereka menyelesaikannya.

Keyword adalah kata kunci yang dapat memandu Anda dalam menuliskan sebuah konten di blog anda. Susunan paragraf yang dibangun dengan kata kunci, akan memiliki dampak baik bagi pembaca, dan ini juga akan membuat pembahasan lebih mudah, karena kata kunci yang ada itu benar-benar dijelaskan secara terperinci.

2. Temukan LSI Keyword

LSI Keyword merupakan singkatan dari Latent Semantic Keywords. Maksudnya adalah, istilah atau frasa yang mirip dengan kata kunci Anda. Untuk menemukannya sangatlah mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menuliskan kata kunci dalam kolom pencarian Google, dan menemukan beragam LSI pada bagian bawah dari hasil pencarian Anda.

Gambar di atas, menunjukkan tampilan tentang Latent Semantic Keywords. Sekelompok orang juga menyebutnya sebagai Google Suggest. Semua sama saja. Pada dasarnya, ini akan bercerita tentang kata kunci terkait untuk fokus kata kunci Anda.

Jika Anda menemukan itu, maka tentu dapat membantu Anda dalam memecah pembahasan artikel menjadi lebih mendalam.

3. Tentukan Paragraf Pembuka

Ini adalah Power (kekuatan) Anda, dimana ini dapat menentukan apakan orang-orang akan membaca konten Anda lebih lanjut, atau justru mengabaikannya.

Penggunaan istilah dan susunan pengantar yang jelas, membuat bagian ini menjadi begitu berarti. Pasalnya, sebagai pembuka tentunya memberikan pandangan yang positif, agar orang-orang tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang isi lengkap dari artikel Anda.

Saya terbiasa dengan praktik AIDA dalam penjabaran konten artikel, yang tentunya ini menjadi lebih mudah untuk dituangkan dalam paragraf pengantar. Bila Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang AIDA, Anda dapat mengunjungi artikel tentang Konsep AIDA dalam Pemasaran.

4. Bangun AIDA Konsep

Seperti yang telah Saya jelaskan sebelumnya, bahwa Saya terbiasa membangun halaman dengan penekanan konsep AIDA. Pada bagian ini, AIDA itu diterapkan untuk halaman artikel. Itu artinya, penyusunan bagian-bagian, penjabaran artikel, memandang penting kontep AIDA.

Sederhananya, ini berbentuk Attention, Interest, Desire, Action. Optimalkan keseluruhannya itu dalam penyajian halaman Anda. Ini benar-benar membantu dalam penyampaian materi artikel kepada pengguna.

5. Optimalkan Gambar

Mengoptimalkan Gambar adalah perilaku SEO yang benar-benar membutuhkan perhatian lebih. Pasalnya, penjelasan kata-kata saja tidak cukup. Penggunaan gambar, adalah solusi untuk mendukung penjabaran setiap sajian artikel yang ada. Gambar juga disajikan, sebagai bentuk pelengkap dokumentasi.

Tetapi, menggunakan gambar dengan sembarang justru merusak artikel SEO Anda. Pasalnya, waktu muat halaman termasuk pada faktor SEO. Semakin banyak gambar (terlebih lagi dengan ukuran file yang besar), maka tentu membuat halaman Anda semakin berat, dan itu sangat berpengaruh.

Oleh karena itu, mengoptimalkan gambar adalah solusi untuk ini. Anda dapat melakukan kompres gambar, atau mengikuti panduan Gambar SEO yang ada. Itu membantu untuk meringankan halaman Anda.

6. Keyword Density

Keyword Density maksudnya adalah kepadatan kata kunci, dimana dalam kajian ini akan mempertimbangkan tentang seberapa banyak kata kunci itu dituliskan dalam sebuah halaman.

Hal ini mengacu pada hitungan jumlah kata keseluruhan. Diluar sana, akan banyak sekali Tools SEO untuk mengukur ini secara mendetail. Dengan demikian, melalui Tools yang ada dinilai dapat mengontrol Keyword Density Anda. Dibeberapa kasus, untuk jumlah artikel Saya sebanyak 1200+ kata, membutuhkan 21 kali teks kata kunci disana. Ini berlaku akumulasi, dan tidak disarankan untuk menggunakan lebih banyak karena resiko “penjejalan kata kunci“.

7. Link Building

Link Building dalam bahasa Indonesia berarti membangun tautan. Tahukah Anda bahwa internet adalah tempat tautan bernaung?

Itu benar.

Google menyatakan bahwa tidak perlu menggunakan sitemap untuk situs dalam kadar kecil/ rendah. Tahukah Anda apa maksudnya itu?

Google senantiasa merayapi website yang ditemukan mereka. Ketika artikel Anda sudah terindex (salah satunya), dan itu memberi link kepada artikel yang lain, maka artikel yang kedua itu juga akan dirayapi. Pada masanya, itu juga akan terindex.

Begitu pentingnya membangun link building dalam sebuah halaman. Saya lebih mengedepankan Internal Linking, ketimbang menghabiskan waktu untuk mengoptimalkan Eksternal Link. Meski itu penting, tetapi membangun pondasi dasar berupa internal linking adalah modal terbesar dalam sukses link building.

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, mungkin dapat berkunjung ke setiap halaman Saya, dimana disana juga akan menemukan beberapa link yang terkait dengan konten.

8. Tentukan Judul

Saya menyengaja untuk menaruh bagian Judul hingga posisi hampir akhir dalam optimasi Artikel SEO. Itu karena judul, adalah sesuatu yang semestinya diciptakan di akhir pembahasan.

Jika artikel Anda sudah dibangun berdasarkan keyword, maka akan jauh lebih mudah untuk menentukan judul. Semestinya, judul berisikan kata kunci, dengan dibubuhi beberapa kata lain sebagai pendukung penjelasan. Pelajari tentang Title Tag SEO, dimana disana akan menceritakan tentang pengoptimalan Judul Artikel Anda.

9. Cari Perhatian di Deskripsi

Jika Anda melihat lebih detail, deskripsi dalam sebuah artikel itu ditampilkan saat mereka ditemukan. Ruang untuk tampilan meta deskripsi dalam hasil penelusuran tidak lebih dari 160 karakter. Bila itu berlebih, maka akan terjadi pemotongan kalimat dengan akhiran “tanda titik” (….).

Bila Anda tidak mengoptimalkan ini, maka secara otomatis mereka akan menampilkan paragraf pertama dalam artikel Anda.

Kerugiannya terletak pada apakah Anda menaruh kata kunci pada 10% halaman pada bagian atas? Disinilah peranan pengoptimalan meta deskripsi. Pelajari lebih jauh tentang Meta Description SEO pada halaman lainnya, untuk menerapkan optimalisasi dalam menciptakan artikel SEO Anda.

10. Optimalkan Permalink

Permalink adalah bagian penting dalam menerapkan Artikel SEO. Pasalnya, permalink adalah sesuatu yang diwajibkan dalam setiap halaman website. Dalam default, ini akan mencerminkan judul Anda.

Ketika Anda menerapkan judul yang lebih panjang, maka permalink juga akan berbentuk sesuatu yang panjang. Pengoptimalan permalink merupakan hal yang terlihat sederhana, namun dibeberapa layanan SEO, ini menjadi perhatian penting. Pelajari tentang permalink setting, untuk mendapatkan informasi detail tentang ini.

Kesimpulan

Menciptakan artikel SEO, tentu saja dipengaruhi berbagai hal. Halaman ini, menjelaskan tentang bagaimana penerapan SEO On Page, untuk sebuah halaman artikel Anda. Ini semestinya juga memiliki keterkaitan dengan SEO Off Page, dimana itu membantu secara signifikan untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam hasil penelusuran.

Mungkin sedikit dipengaruhi oleh kecepatan, lebih besar penekanan pada backlink, atau bahkan dipengaruhi dengan Struktur Konten, termasuk juga diberi pengaruh oleh Rich Snippet, termasuk juga pada penggunaan Schema.

Keseluruhan praktik itu bagian dari pengoptimalan, dan sebuah artikel akan menjadi sesuatu yang berarti, bila mereka berhasil menerbitkan konten dengan Schema yang sesuai untuknya.

Bagaimana dengan penerapan Anda? Apakah sudah berjalan dengan baik? Beritahu Saya, tentang apa yang perlu ditambahkan disini, melalui kolom komentar.

Sumber Eksternal

  1. https://blog.alexa.com/how-to-find-lsi-keywords/

Tinggalkan komentar