Apa Itu SEO: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Sudah pernah mendengar istilah SEO? Tentu saja, ini bukan lagi istilah yang baru dikalangan internet marketing, terlebih lagi dalam persoalan atau dunia blogging.

Banyak orang yang selalu menggunakan istilah SEO, sebagai upaya untuk mendapatkan income/ penghasilan dari media mereka seperti Blog, Youtube, dan lain sebagainya.

Disini, kita akan mengulas lebih banyak tentang SEO. Jadi, mari ikuti penjelasan ini hingga usai.

Pengertian SEO

Tahapan awal yang perlu kita ketahui adalah tentang apa itu SEO. Berbicara tentang pengertian SEO itu sendiri, adalah modal dasar bagi setiap pelaku internet atau blogging untuk melangkah lebih jauh lagi dalam praktik SEO itu sendiri.

SEO adalah Search Engine Optimization yang merupakan upaya pengoptimalan mesin pencari agar dapat terindex dan mendapat peringkat terbaik di hasil penelusuran tertentu.

SEO adalah praktik yang kompleks, dan tentunya membutuhkan pemahaman yang tidak sedikit. Belum lagi bercerita persoalan waktu, yang tentunya membutuhkan lebih banyak waktu untuk menggali informasi tentang ini.

Manfaat SEO

Pada penjelasan tentang pengertian SEO, dinilai sudah cukup memperjelas tentang apa manfaat dari SEO itu sendiri.

Meski demikian, disini saya akan mencoba untuk memberikan beberapa poin penting yang tergolong manfaat SEO.

1. Ramah Mesin Pencari

Ini hanyalah istilah semata. Ramah mesin pencari maksudnya adalah lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Sebaiknya, baca tentang cara kerja mesin pencari untuk mendalami informasi tentang ini.

Mesin pencari memiliki sebuah alat yang disebut CRAWLER, yang bertugas untuk merayapi seluruh situs web yang ia temui, untuk mengambil informasi dari situs yang itu, dan memunculkannya dalam hasil pencarian dengan kategori tertentu.

Menerapkan SEO, membuat Anda memperhatikan berbagai hal di halaman blog Anda, sesuai dengan kriteria yang diminta oleh mesin telusur.

Dengan begitu, Robot Google akan lebih mudah menemukan informasi tentang halaman Anda, tanpa menggunakan banyak ukuran data untuk itu. Oleh karenanya, ini akan membantu proses indexing halaman blog Anda pada mesin telusur.

2. Mendapatkan Peringkat

Setelah berbicara tentang Indexing, maka itu diartikan bahwa halaman Anda telah diindex oleh Google. Dengan begitu, ia akan muncul di hasil pencarian. Tetapi, ada hal lain yang perlu diketahui, yaitu persoalan peringkat.

Google tidak serta merta menampilkan halaman teratas pada kata kunci tertentu, dengan sembarangan. Hal ini tentu saja berdasar (memiliki alasan tersendiri).

Jika Anda melihat hasil penelusuran tentang apapun, itu akan menampilkan halaman blog dengan urutan. Bagaimana bisa mencapai urutan teratas itu?

Semua bergantung banyak hal. Mulai dari persoalan penerapan kata kunci, penyesuaian kalimat, kecepatan situs web, perayapan, authority, hingga pada informasi yang akan diterima oleh Robot Google.

Jadi, kuasai itu semua untuk mendapatkan peringkat terbaik halaman Anda.

Jenis-Jenis SEO

SEO juga memiliki beberapa jenis tertentu. Berbicara seputar SEO, terdapat setidaknya dua jenis SEO, diantaranya yakni sebagai berikut.

1. SEO On Page

Istilah ini terlihat cukup sederhana, dan dapat menggambarkan defenisinya. SEO On Page dimaksudkan adalah pengoptimalan halaman web, dari dalam website itu sendiri. Artinya, ini dilakukan oleh pengguna Blog itu sendiri.

Akan ada banyak sekali hal yang akan dibahas disini, karena berhubungan dengan halaman blog. Mulai dari berbagai Meta Tag yang dapat dimengerti Google, penggunaan kata kunci, permalink, redirection, gambar dalam postinga, dan lain sebagainya.

Keseluruhannya itu tergolong dalam kajian SEO On Page.

Contoh SEO

Untuk menampilkan contoh, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipahami. Anda dapat mengunjungi berbagai halaman di hasil pencarian Anda. Carilah sebuah istilah yang Anda inginkan, dan lihat hasil penelusuran yang ditampilkan.

Pada gambar di atas, akan memperlihatkan hasil pencarian dari kata kunci yang Anda gunakan.

Pada dasarnya, Google mengambil informasi dari sebuah blog, lalu mengelompokkannya berdasarkan kategori tertentu, dan menampilkannya pada pencarian Anda.

Itu sebabnya, halaman yang Anda temukan disana, semuanya memiliki kaitan dengan apa yang sedang Anda cari. Itu adalah contoh dari praktik SEO yang umum.

Lebih spesifik, untuk menggambarkan Contoh penerapan SEO yang dapat diperlihatkan adalah praktik SEO On Page.

Gambar di atas, memperlihatkan bahwa didapati praktik SEO tertentu. Salah satu topik yang menarik adalah tentang penggunaan Kata Kunci.

Dalam artikelnya, menuliskan kata kunci komplit dan itu terlihat wajar (ketahui penjejalan kata kunci yang berdampak buruk).

Itu adalah praktik dari salah satu topik tertentu. Diluar sana, masih ada banyak praktik lainnya yang lebih rinci, seperti Meta Tag, Kecepatan, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, bila mengulas seputar SEO Off Page.

Tinggalkan komentar