apa_itu_backlink

Apa Itu Backlink: Defenisi Penting Tahun 2021

Backlink, adalah sebuah praktik SEO yang tentunya diperlukan. Oleh karenanya, kita harus memahami tentang apa itu backlink, sebelum melangkah terlalu jauh disana. Beberapa hal yang akan Anda ketahui disini seperti:

  • Apa itu backlink
  • Mengapa ini penting
  • Cara mendapatkan Backlink
  • dan masih banyak lagi

Jadi, mari kita mulai penjelasan ini.

Apa Itu Backlink

Backlink adalah tautan balik ke halaman blog, baik itu halaman Homepage, atau Homepage atau halaman artikel.

Backlink berasal dari bahasa Inggris, yang berarti tautan balik. Itu artinya, tautan yang mengarah pada sebuah halaman.

Jadi, jika sebuah halaman menerima tautan dari halaman lain, maka itu termasuk dalam backlink.

Mengapa Ini Penting

Backlink merupakan salah satu bagian yang penting dalam permainan Blogging dan SEO. Pasalnya, ini memberikan pengaruh yang baik terhadap sebuah blog.

Orang-orang menggunakan ukuran Authority sebuah website, untuk menilai kualitas dari situs web itu sendiri.

Hal ini imbasnya sangat luas, salah satunya yaitu jual beli website. Nilai sebuah blog menjadi begitu tinggi, dengan authority yang tinggi.

Meski Google tidak menggunakan ini sebagai rujukan mereka, namun fakta yang beredar di lapangan membuat kesimpulan bahwa Domain Authority menjadi salah satu fokus ketika melangsungkan jual beli blog.

Selain itu, dalam sisi SEO, Backlink memiliki nilai baik baik, dimana dengan adanya backlink Do-Follow dari domain berkualitas tinggi, maka sudah dapat dipastikan kita juga akan mendapatkan link yang berkualitas pula.

Hal ini juga berlanjut, ketika situs blog mereka dirayapi. Maka ketika crawler mendapati link dengan tanda Do-Follow, maka mereka akan langsung melakukan crawl terhadap situs web yang berada dalam link.

Jadi, ini benar-benar penting, terlebih lagi mampu mendatangkan jumlah backlink yang lebih banyak. Ini menunjukkan bahwa halaman Anda berkualitas tinggi, karena banyak orang yang menaut padanya.

Cara Mendapatkan Backlink

Ada beberapa cara yang umum digunakan banyak orang, untuk mendapatkan backlink ke situs mereka. Adapun cara yang dimaksudkan itu sebagai berikut.

1. Terbitkan Konten Berkualitas

Lagi-lagi persoalan kualitas. Bagaimana konten yang berkualitas itu?

Sederhananya, orang-orang berkunjung ke mesin pencari, untuk mencari sesuatu berdasarkan masalah yang mereka hadapi, atau atas dasar keingintahuan terhadap sesuatu.

Jadi berangkat dari sini, konten yang berkualitas adalah konten yang mampu menjawab permasalahan orang-orang yang dimaksudkan itu.

2. Bagikan di Sosial Media

Tercatat banyak sekali sosial media yang dapat Anda gunakan, untuk membagikan kiriman Anda. Dengan begitu, ketika mereka di-index oleh mesin pencari, maka itu berguna bagi Blog Anda.

Setiap kali menerbitkan sebuah postingan, Saya kerap mengirimkannya ke Sosial Media. Ini benar-benar membantu untuk Backlink.

Sayangnya, berbagai sosial media itu terkadang membutuhkan waktu yang panjang untuk terindex oleh mesin pencari. Tapi terlepas dari itu, ini berarti bagi membangun Authority Blog Anda.

3. Tautan di Komentar

Belakangan ini, menggunakan tautan di komentar mulai dibatasi oleh banyak Blogger. Beberapa CMS, juga secara default membuat ini sebagai No-Follow. Akibatnya, Link itu menjadi sesuatu yang tidak berarti.

Meski demikian, sebagai pemahaman tidak ada salahnya untuk memberitahukan persoalan ini.

Dalam kasus Saya, seluruh link yang ditautkan dalam kolom komentar, tercatat sebagai AGC, dan itu bernilai rendah.

Hingga kini, Saya membatasi untuk menuliskan Link aktif dalam kolom komentar, terkecuali bila itu berasal dari situs web populer dan berkualitas tinggi.

4. Guest Post

Guest Post memungkinkan Anda untuk menerbitkan artikel pada halaman lain (selain dari domain Anda). Umumnya, aktivitas ini mengizinkan Anda untuk membuat tautan keluar, yang tentunya diarahkan ke situs blog Anda.

Langkah ini, merupakan langkah yang baik untuk mendapatkan backlink. Pasalnya, Anda dapat dengan leluasa memilih dari banyak situs yang menawarkan kerjasama semacam ini. Pertimbangkan untuk menggunakan tautan di badan artikel.

Backlink Chacker Tools

Sekarang saatnya, Anda harus mengetahui tempat dimana melakukan Backlink Chacker, untuk mengetahui sumber Link Anda, dan memastikan apakah itu berkualitas atau justru buruk. Mari kita lihat.

1. Google Search Console

Sayangnya, beberapa penyedia layanan semacam ini membatasi jumlah Link yang aktif untuk digunakan dalam badan artikel. Tapi, pada prinsipnya adalah satu link berkualitas tinggi jauh lebih baik dibandingkan dengan 100 tautan dari situs web berkualitas rendah.

2. Moz

Moz merupakan layanan yang cukup populer dikalangan Blogger. Pasalnya, Moz menawarkan banyak layanan yang mendukung ini, seperti cek Domain Authority, Page Authority, Spam Score, dan masih banyak lagi.

Dengan alat yang canggih, Anda dapat mencoba menggunakan layanan mereka. Anda juga dapat membuat akun disana, meski membuat aktivitas Anda terbatas pada setiap harinya dengan akun versi gratis.

3. Semrush

Salah satu Tool yang juga menarik adalah SemRush. Menggunakan layanan ini, Anda dapat mengontrol perkembangan situs blog Anda dari hari ke hari.

Disana, juga memperlihatkan banyak hal, mulai dari tingkat authority situs Anda, jumlah backlink, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentar